6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan
grid.id

Seruni.id – Tak semua makanan bisa kamu konsumsi saat musim hujan tiba, loh. Karena ada sejumlah makanan yang harus dihindari saat musim hujan. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

Ketika musim penghujan tiba, udara menjadi lebih dingin dan lembap dari biasanya. Meski menyenangkan, tapi apabila tubuh tidak fit, maka akan mudah sekali terserang berbagai macam penyakit, seperti diare, infeksi saluran nafas, tifus, hingga demam berdarah.

Untuk terhindari dari penyakit tersebut, kamu perlu melakuakn pencegahan, salah satunya adalah dengan menghindari makanan tertentu selama musim hujan. Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari saat musim hujan:

1. Makanan Cepat Saji

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan
eatthis.com

Makanan yang harus dihindari saat musim hujan yang pertama adalah fast food alias makanan cepat saji. Meski praktis dan enak, tapi sangat tidak disarankan mengonsumsi fast food ketika musim hujan, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kekebalan tubuhmu.

Misalnya bisa menyebabkan penurunan tingkat metabolisme, sehingga tubuh akan lebih mudah terserang infeksi dan virus. Selain itu, makanan cepat saji tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan ileh tubuh dan mengandung kalori cukup tinggi. Hal itu akan berdampak pada kesehatanmu. Jadi, kamu perlu menghindarinya, agar kesehatan tetap terjaga.

2. Sayuran Berdaun Hijau

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan
trubus.id

Mengonsumsi sayuran tentu sangat baik untuk kesehatan. Namun, tidak semua jenis sayuran bisa kamu konsumsi ketika musim hujan. Salah satu yang perlu kamu hindari adalah sayuran berdaun hijau, mengapa demikian? Sebab, ketika musim hujan, sayuran berdaun hijau bisanya mengandung kotoran dan kelembapan tinggi, sehingga rentan terkontaminasi oleh bakteri.

Oleh karena itu, hindarilah sayuran seperti bayam, kubis dan kembang kol. Sahabat Muslimah bisa memilih alternatif sayuran lain yang memiliki rasa yang tajam seperti labu. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengonsumsi sayuran yang lain, ya. Pastikan, sayuran yang akan kamu konsumsi sudah dicuci bersih dan dimasak dengan baik.

3. Makanan Laut

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan
tripadvisor.co.id

Makanan yang harus dihindari saat musim hujan berikutnya adalah seafood. Meski sangat lezat, tapi sayangnya sangat tidak disarankan mengonsumsi berbagai jenis makanan laut ketika musim hujan. Pasalnya, musim hujan menjadi waktu berkembang biaknya ikan dan udang. Oleh sebab itu, hindarilah makanan tersebut.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa memilih makanan lait, seperti daging ayam, sapi, atau kambing. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi telur, tahu, atau tempe sebagai sumber protein harian. Namun, apabila kamu benar-benar ingin sekali makan seafood, pastikan kamu memilih yang masih segar dan memasaknya dengan baik.

4. Gorengan

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan
food.detik.com

Gorengan tentunya sangat menggoda dan paling enak untuk kita nikmati saat hujan turun. Meski nikmat, tapi itu akan berdampak kurang baik untuk kesehatanmu, loh. Karena musim hujan yang cenderung lembap akan membuat proses pencernaan menjadi melambat. Gorengan yang umumnya teksturnya keras akan sulit dicerna oleh lambung dan kandungan minyak serta garamnya yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi gastronomis seperti diare dan juga perut kembung.

5. Minuman Bersoda

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan
aladokter.com

Ketika musim hujan berlangsung biasanya lambung akan lebih sensitif, karena itu lebih baik tidak mengonsumsi minuman soda yang nantinya bisa mengganggu pencernaan kamu. Minuman soda harus kamu hindari karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan mineral sehingga aktivitas enzim juga ikut menurun.

6. Makanan yang Terpapar Udara

6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan
today.line.me

Sebagaimana yang kita ketahui makanan yang telah terpapar udara rentan terkontaminasi oleh bakteri. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari makanan yang terpapar udara demi kesehatan kamu. Terlebih saat musim hujan kadang kita tergoda untuk membeli jajanan di pinggir jalan. Nah, ada baiknya, pilihlah makanan segar dan mengonsumsinya secara langsung, untuk mengurangi kemungkinannya terpapar udara.

Baca Juga: 5 Olahan Jahe yang Cocok untuk Menghangatkan Tubuh di Musim Hujan

Itulah sederet makanan yang harus dihindari saat musim hujan. Selain itu, kamu juga perlu imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat serta senantiasa menjaga kebersihan. Selama musim hujan lebih baik kamu mengonsumsi makanan dan minuman homemade yang lebih terjamin kualitas serta kebersihannya. Pilihlah makanan dan minuman yang hangat agar dapat menghangatkan tubuh serta juga bisa menenangkan pencernaan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.