8 Trik Memilih Lemari Pakaian untuk Kamar yang Sempit

8 Trik Memilih Lemari Pakaian untuk Kamar yang Sempit
beautynesia.id

Seruni.id – Lemari pakaian menjadi salah satu perabotan yang sangat dibutuhkan. Tidak hanya sebagai tempat menyimpan pakaian saja, namun juga dapat digunakan sebagai dekorasi ruang. Tapi terkadang, memilih lemari pakaian yang sesuai tidaklah mudah. Karena selain tampilan desain, banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Apalagi jika ukuran kamar tidak terlalu besar alias sempit.

8 Trik Memilih Lemari Pakaian untuk Kamar yang Sempit
netralnews.com

Pastinya kita membutuhkan trik khusus agar lemari tersebut tidak memenuhi luas kamar tidur. Sebab, lemari yang terlalu besar hanya akan membuat kamar menjadi lebih sumpek, loh. Jadi, biar kamu tidak salah pilih, berikut ini Seruni punya beberapa trik sederhana yang bisa kalian terapkan.

1. Tentukan Lokasi Penempatan Lemari

Trik yang pertama adalah mengukur luas area yang nantinya akan digunakan untuk menaruh lemari. Bukan hanya panjang dan lebarnya saja, namun perkirakan pula tinggi lemarinya. Bisa saja nanti kamu ingin meletakkan perkakas di atasnya. Jika kamu sudah menemukan ukuran yang pas, barulah pertimbangkan desain lemarinya.

2. Pilih Lemari yang Bisa Dibongkar Pasang

Ada beragam jenis lemari pakaian yang bisa kamu pilih. Namun, Seruni sarankan untuk kamu memilih lemari yang bisa dibongkar pasang. Tujuannya untuk menghindari lemari tidak muat ketika dimasukkan ke dalam kamar. Saat ini sudah banyak loh model lemari kayu yang bisa dibongkar pasang. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli lemari pakaian yang kecil dan pendek karena kapasitasnya sudah tentu sedikit.

3. Banyaknya Penghuni Kamar Berpengaruh Terhadap Pemilihan Lemari

Jumlah orang di dalam kamar menjadi pertimbangan penting dalam memilih lemari untuk kamar sempit, loh. Kalau kamu tinggal sendirian, tak perlu memilih lemari dengan tiga pintu. Lain halnya jika kamar ditempati orang dua orang, maka kamu bisa memilih lemari pakaian dengan sekat atau pintu terpisah. Dengan adanya sekat, nantinya akan mempermudahmu dalam mencari baju dan tidak tercampur dengan orang lain.

Ketika memilih, jangan lupa untuk mengecek sekat penahan yang ada di dalamnya, ya. Apakah terlalu tipis atau sudah cukup untuk digunakan sebagai pembatas. Kalau kualitas sekat lemari baju bagus, maka kalian tidak perlu keluar biaya lagi untuk memperbaiki sekat penahan yang lepas. Memiliki banyak sekat atau ruang yang berbeda sesuai dengan fungsinya merupakan salah satu tips memilih lemari pakaian di kamar yang sempit. Misalnya, pilih lemari baju yang terdapat ruang untuk menggantungkan kemeja atau jas. Setidaknya usahakan terdapat minimal 2 (dua) kabinet atau laci yang digunakan untuk menyimpan aksesoris pakaian agar tidak tercecer.

4. Pilih Lemari dengan Pintu Geser

Pada umumnya, lemari pakaian akan membutuhkan sedikit ruang agar memudahkan pintu untuk dibuka. Namun, tidak pada lemari dengan pintu geser yang tidak harus ada ruang di depannya. Sebab, pintu geser akan tetap bisa dibuka. Biasanya, lemari jenis ini kerap digunakan pada kamar minimalir berukuran 3×4. Dengan memilih lemari dengan pintu geser, kamarmu akan terkesan elgan tanpa membuat ruangan menjadi sumpek.

5. Warna

Pemilihan warna juga harus dipertimbangkan, karena dapat mempengaruhi estetika dalam kamar. Usahakan pilihlah warna yang cocok dengan desain kamar tidurmu. Seperti warna-warna yang netral. Selain itu, sebisa mungkin warna lemari juga diserasikan dengan berbagai perabotan yang ada di dalam kamar.

6. Lemari dengan Cermin di Bagian Pintu

Kenapa sih harus memilih lemari dengan cermin di bagian pintu? Karena selain lebih fungsional, juga bisa kamu gunakan saat berhias diri. Apalagi, lemari dengan cermin juga akan membuat kamar yang sempit tampak lebih luas. Hal ini karena cermin di lemari dapat memantulkan benda di hadapannya yang membuat ilusi ruangan tampak lebih besar. Kehadiran cermin di lemari tentu akan membuatmu jauh lebih hemat juga. Tak perlu lagi beli cermin untuk berdandan atau sekadar foto OOTD, kan bisa pakai yang ada di lemari saja

7. Pastikan Lemari Terbuat dari Bahan yang Kuat

Selektiflah dalam memilih bahan baku furniture, ya. Karena terdapat beberapa pilihan bahan dalam membuat lemari pakaian. Di antaranya seperti kayu, plastic, atau bahan partikel. Bahan-bahan tersebut memilih kelebihan serta kekurangannya masing-masing pl. Selain itu, pilihlah lemari dari segi harga, biasanya lemari pakaian dengan bahan plastik tentu lebih murah. Perawatan lemari pakaian bahan plastik juga lebih mudah. Namun untuk segi keawetan, lemari dengan bahan plastik tidak dapat diandalkan. Secara tampilan, bahan plastik juga tidak elegan jika dipandang. Terlebih sebagai pelengkap perabot rumah minimalis, lemari pakaian dengan bahan plastik sepertinya kurang cocok karena tidak dapat berpadu dengan perabot lain serta komposisi ruangan.

8. Rak dan Sekat di Dalamnya

Jangan hanya mencari lemari yang banyak gantungannya saja, tapi pertimbangkan juga untuk memilih lemari dengan sekat atau rak penyimpanan sesuai kebutuhanmu. Selain bisa menyimpan banyak pakaian, lemari model ini juga akan membuat bajumu jadi lebih rapi. Apalagi jika kamu bisa menata dan memisahkan pakaian sesuai bentuk dan fungsinya.

Baca Juga: 10 Ide Rak Buku Minimalis, Bikin Kamu Betah Baca di Rumah

Memilih lemari pakaian yang tepat memang bukanlah hal yang mudah, apalagi jika memiliki kamar tidur yang sempit. Namu setidaknya, beberapa trik yang telah Seruni sebutkan di atas, bisa dijadikan sebagai panduan dalam menemukan lemari yang cocok. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.