6 Tanda yang Akan Muncul Ketika Salah Memilih Skincare

6 Tanda yang Akan Muncul Ketika Salah Memilih Skincare
suara.com

Seruni.id – Memilih skincare atau produk kecantikan, tak semudah yang kita bayangkan. Apalagi, saat ini tren skincare sangat digemari untuk menghasilkan kulit kenyal dan putih. Namun, kita harus tahu, ternyata tidak semua produk kecantikan yang ada, cocok dengan kulit kita, loh. Untuk itu, kita harus tahu mengenali beberapa tanda berikut ini:

6 Tanda yang Akan Muncul Ketika Salah Memilih Skincare
infokesehatankita10.blogspot.com

1. Wajah Terasa Gatal

Salah satu tanda yang muncul ketika salah memilih skincare adalah rasa gatal. Biasanya kondisi ini akan terjadi beberapa jam setelah pemakaian, diawali dengan gatal dan bentol-bentol merah. Jadi, ketika tanda ini mulai muncul, maka sebaiknya bersihkan dan hentikan pemakaian. Jika kulitmu mulai putih, berarti benar ada kesalahan pada skincare yang kamu pakai.

2. Muncul Bruntusan pada Wajah

Pernahkah saat kamu membersihkan atau mengaplikasikan krim pelembap dalam beberapa waktu, kemudian justru menimbulkan bruntusan kecil pada wajah? Jika iya, bisa jadi ini dikarenakan kandungan skincare yang kamu gunakan tidak cocok untuk kulit wajahmu. Sebaiknya hindari produk yang memiliki kandungan galactomyces atau air hasil fermentasi.

3. Wajah Menjadi Berminyak

Jika sebelumnya wajahmu tidak berminyak, namun setelah memakai skincare justru memproduksi minyak yang berlebihan. Kamu harus waspada, ya. Karena bisa saja hal ini terjadi karena kamu memilih skincare yang salah atau memiliki bahan yang terlalu keras sehingga mengikis lapisan wajahmu. Maknya, minyak yang diproduksi jadi berlebihan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba mengaplikasikan produk penyerap minyak dalam bentuk tisu atau face oil paper, kemudian jangan lupa diimbangi dengan pelembab wajah yang water-based.

4. Menimbulkan Jerawat di Wajah

Munculnya jerawat menjadi tanda yang paling mudah dikenali. Sebab, jika perawatan wajah itu cocok, maka tidak akan menimbulkan jerawat. Jika hal ini terjadi padamu, segera hentikan pemakaian produk tersebut, ya.

5. Wajah Lebih Kencang

Kulit kencang sepertinya memang menjadi impian pada wanita yang telah memasuki usia 30-an. Namun, jika kamu masih tergolong muda dan merasakan proses pengencangan di wajah membuatmu kurang nyaman, kamu harus hati-hati ini. Karena biasanya hal ini terjadi pada produk pembersih wajah yang berusaha mengurangi kadar minyak wajah.

Apabila memberikan dampak yang berlebihan atau membuat kulit menjadi dehidrasi, kering, bahkan membuat pori-pori semakin membesar. Solusinya, yakni dengan mencari produk dengan kadar keasaman yang seimbang (pH balance) dan tentunya tidak banyak mengandung bahan kimia.

6. Muncul Ruam di Kulit

Tanda kamu salah mimilih skincare berikunya yakni munculnya ruam merah pada kulit wajah. Terlebih ketika ruam tersebut tetap muncul setelah kamu berkali-kali menggunakan produk tersebut. Efek samping tersebut biasanya muncul akibat paparan pengawet, pengharum, dan bahan kimia berbahaya lainnya. Jadi sebaiknya, sebelum memutuskan untuk benar-benar memakai skincare tersebut, ada baiknya dites terlebih dahulu ke permukaan kulit tangan misalnya. Jika muncul ruam merah, maka dapat disimpulkan bahwa produk skincare yang kamu gunakan tidak cocok pada kulitmu.

Baca Juga: 9 Cara Menguji Krim Wajah yang Mengandung Merkuri

Jika kamu mengalami salah satu dari enam tanda di atas, kamu wajib menghentikan skincare tersebut, dan langsung konsultasikan ke dokter jika gejalanya semakin parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.