Jangan Asal, Begini Cara Menyimpan Makanan Di Kulkas yang Benar

  • Bagikan
Jangan Asal, Begini Cara Menyimpan Makanan Di Kulkas yang Benar
hellosehat.com

Seruni.id – Beberapa jenis makanan perlu di masukkan ke dalam lemari pendingin demi menjaga kesegarannya dan menjadi lebih tahan lama. Namun, menyimpan makanan di kulkas tidak bisa dilakukan dengan sembarangan atau asal-asalan, ya. Meskipun sepele, hal ini tetap saja ada aturannya, loh.

Jangan Asal, Begini Cara Menyimpan Makanan Di Kulkas yang Benar
tirto.id

Sebab, selain untuk mempertahankan kesegarannya, cara menyimpan makanan di dalam kulas yang baik dan benar juga akan menjaga zat gizi yang terkandung di dalamnya. Dan sebaliknya, jika kamu menyimpannya asal-asalan, bukan tidak mungkin makanan tersebut akan lebih mudah basi dan berdampak buruk untuk kesehatan. Jadi, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum menyimpan makanan di dalam kulkas, ya.

1. Pastikan Performa Kulkas dalam Keadaan Baik

Ketika menyimpan stok bahan makanan di kulkas salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah performa kulkas tersebut, agar mencegah pertumbuhan bakteri juga terhindar dari keracunan makanan. Pastikan kulkas berada pada suhu 5 derajat celcius atau lebih rendah untuk menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya pada makanan.

Periksalah secara rutin suhunya minimal seminggu sekali pada pagi hari. Untuk menjaga agar suhu tetap stabil, pastikan pula pintu kulas tersebut selalu tertutup rapat. Jangan biarkan kulkas terbuka terlalu lama, dan juga jangan pula menyimpan makanan terlalu banyak di dalamnya, karena akan menghambat sirkulasi udara. Akibatnya, makanan justru menjadi tidak segar bahkan cepat basi.

Selain itu, hindari menaruh makanan panas di dalamnya, karena ini dapat meningkatkan suhu lemari es. Kamu juga perlu menunggu sampai makanan atau minuman dingin.

2. Susunan Makanan Sesuai dengan Jenisnya

Kulkas memiliki beberapa rak. Setiap rak idealnya disusun berdasarkan jenis makanannya. Jadi, jangan pernah mencampur makanan dengan makanan lainnya. Misalnya, simpanlah makanan siap santap seperti yogurt, keju, daging, matang, serta sisa makanan di rak bagian atas dan tengan. Sementara, sayuran atau buah-buahan di bagian bawah.

Susunan penyimpanan makanan di kulkas, seperti daging mentah, ikan, serta unggas lebih baik disimpan dalam wadah kedap udara di bagian freezer. Selain itu, hindari menyimpan telur di balik pintu kulaskas, karena hal tersebut dapat membuatnya cepat busuk. Agar telur dapat bertahan lebih lama, sebaiknya taruhlah di bagian dalam kulkas di mana suhunya jauh lebih stabil.

3. Jangan Meletakkan Makanan Matang di Suhu Ruang Lebih dari Dua Jam

Cara menyimpan bahan makanan yang telah diolah agar tetap baik kualitasnya, sebaiknya tidak disimpan pada suhu ruang selama dua jam. Sebab, di dalam ruangan terkandung banyak bakteri. Kuman dan bakteri penyebab keracunan, biasanya berkembang biak pada suhu antara 4 derajat sampai 60 derajat celcius.

Ketika kita mendiamkan sebuah makanan dalam suhu ruang selama dua jam saja, jumlah bakteri tersebut bisa berlipat ganda, loh. Untuk itu, sebaiknya langsung saja simpan makanan matang dalam kulas atau tempat penyimpanan agar keamanannya tetap terjaga.

4. Jangan Menyimpan Buah yang Belum Matang di Dalam Kulkas

Selanjutnya, jangan pernah menyimpan buah-buahan yang belum matang ke dalam lemari es. Karena hal ini justru akan memudahkan proses pembusukan pada buah tersebut. Seperti tomat misalnya, jika belum matang, tomat cukup diletakkan di atas kulkas, asalkan tidak terpapar cahaya matahari. Menaruh alpukat dan pisang ke dalam lemari es juga akan memperlambat proses menjadi matang. Untuk pematangan buah, dibutuhkan udara yang lebih hangat.

5. Menutup Makanan Sebelum Disimpan di Dalam Kulkas

Sebelum membuat susunan makanan dalam kulkas, ada baiknya makanan tersebut ditutup terlebih dahulu. Karena jika dibiarkan dalam keadaan terbuka, dapat memicu berkembangnya mikroba. Maka, ketika menyimpan makanan perlu disimpan ke dalam kemasan yang tertutup rapat terlebih dahulu. Selain itu, makanan kaleng yang sudah dibuka jangan dibiarkan lebih dari sehari. Seperti keju lunak misalnya, harus dihabisan kurang dari satu minggu.

6. Bedakan Letak Makanan Mentah dan Matang

Tips menyimpan makanan di kulkas selanjutnya yakni memperhatikan letak peyimpanan makanannya. Usahakan untuk tidak menaruh makanan mentah seperti daging atau ikan persis di atas makanan sisa. Hal ini untuk mencegah jus atau air dari daging menetes ke makanan sisa, yang bisa merusak kualitas dan menyebabkan gangguan kesehatan.

7. Perhatikan Kemasan Sayur dan Buah

Tips menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar, harus disimpan di dalam wadah kedap udara. Ini juga berlaku pada buah-buahan seperti berry, anggur, dan buah dengan kulit tipis lainnya.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dibekukan Kembali Setelah Mencair

8. Membersihkan Kulas Secara Teratur

Sebelum menyimpan makanan di kulkas, pastikan bahwa kulkasmu bersih, ya. Jadi, setidaknya kulkas sudah kamu bersihkan secara teratur, terutama pada bagian pegangan, rak, dan komparteman penyimpan. Namun sebelum membersihkannya, kamu harus mengeluarkan semua makanan atau minuman yang ada di dalamnya.

Cuci semua pemrukaan secara menyeluruh dengan cairan pembersih khusus, lalu bilas hingga bersih. Setelah itu, pastikan permukaannya dikeringkan secara menyeluruh dengan kain bersih. Jangan sesekali memakai produk pembersih yang justru dapat merusak kulkas. Setidaknya seminggu sekali, periksa semua makanan yang ada di dalam kulkas. Pastikan bahwa tidak ada makanan dan minuman di dalam kulkas yang kadaluwarsa atau tidak layak dikonsumsi.

  • Bagikan