6 Tips Pintar Membuat Skirpsi Melalui Smartphone

6 Tips Pintar Membuat Skirpsi Melalui Smartphone
editorial.femaledaily.com

Seruni.id – Membuat skripsi biasanya menjadi ujian tersendiri bagi para mahasiswa tingkat akhir. Bahkan, setiap langkah untuk meraih gelar yang sudah dinantikan sejak lama seolah menjadi sulit akibat adanya banyak halangan. Mulai dari bingung ingin mengambil judul apa, banyaknya revisi, hingga rasa malas melanda ketika hendak membuka laptop. Namun, ketika membuka HP rasanya sulit sekali untuk lepas.

 6 Tips Pintar Membuat Skirpsi Melalui Smartphone
riaureview.com

Daripada kamu main HP terus, lebih baik gunakanlah untuk membantu penulisan skripsimu. Mungkin kamu berpikir ini akan menyulitkan, tapi sebenarnya ini akan mempermudahmu, loh. Apalagi, smartphone selalu di dalam genggaman setiap saat. Jadi, kamu cukup menginstall beberapa aplikasi dan menjalankan tips yang Seruni berikan, sehingga kamu dapat menulis dan menyusun skripsi dimanapun dan kapanpun langsung dari gadget yang lebih sering kamu buka dan kamu pegang disbanding laptop. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Install Aplikasi Office yang Memiliki Cloud Stroge yang Tersinkonisasi dengan Laptop

Langkah yang pertama, untuk membuat skripsi melalui HP, kamu perlu menginstall sebuah aplikasi office dengan kapasitas menyimpanan data cloud storage. Sehingga kamu bisa mengakses data skripsimu dimanapun tanpa membuka storage local yan banyak. Nah, selain itu, kamu juga menyinkronkan atau menghubungkan penyimpanan data tersebut dengan laptomu, sehingga ketika kamu mengedit skripsi dan mengolah data melalui HP, akan otomatis terbaca di laptopmu. Contoh office application yang memiliki fitur ini adalah Office for Androids dan Google Docs

2. Buat dan Susun Folder Skripsi di Drive HP

Smartphone yang kamu miliki sebaiknya jangan hanya dibuat menyimpan fotomu saja. Karena bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan dan menyusun rapi folder skripsi di drive HP-mu. Mulai dari data, jurnal ilmiah sebagai referensi hingga bagian penting seperti kata pengantar, pendahuluan, dan lainnya. Kamu juga bisa menyimpan dokumentasi foto-foto untuk pelengkap skripsimu di HP. Jadi, ketika kamu membuka galeri HP, jadi teringat skripsi. Terus jadi ingin lanjut membuat skripsi, ya ‘kan?

3. Gunakan Notes untuk Mencatat Setiap Hal Penting

Sebuah inspirasi yang menarik memang terkadang datang secara tiba-tiba, kapan pun dan di mana pun itu, begitupun dengan sesuatu penting yang berhubungan dengan tulisan skripsi. Ketika sulit menemukan kertas, untuk menuliskannya dan khawatir inspirasi yang ada di pikiran menghilang, lebih baik langsung saja tulis di notes HP-mu. Apalagi kalau HP kamu punya S pen yang bikin ‘corat-coret’ makin asyik. Kamu gak perlu lagi khawatir kehilangan inspirasi dalam membuat skripsi.

4. Andalkan Fitur Konversi ke PDF

Ketika sedang tidak di rumah, namun tiba-tiba dosen menghubungi dan meminta datamu segera dikirim dalam bentuk PDF? Jangan khawatir dan jangan panik. Manfaatkan sja fitur konversi yang bisa mengubah notes menjadi format PDF. Pastinya kamu akan lebih mudah convert langsung di HP, tak perlu dari laptop lagi.

5. Manfaatkan Kamera HP untuk Dokumentasi Skripsi

Penelitian skripsi kamu mengharuskan kamu menyertakan dokumentasi berupa foto-foto hasil penelitian? Tapi malas kalau harus ribet bawa kamera? Pada saat seperti ini, HP-mu sangat berfungsi sekali. Dengan mengerjakan skripsi menggunakan HP, kamu tak perlu ribet lagi bawa kamera SLR, laptop ditambah perlengkapan lainnya saat di lapangan. Kamu hanya perlu menggunakan kamera HP, lalu lanjut menulis dengan HP juga.

6. Menginstall Multitasking Apps

Saat membuat skripsi, kamu akan dihadapkan kegiatan membuka banyak jurnal dan aplikasi pengolah kata. Oleh karena itu, anda harus menginstall aplikasi multiwindows yang dapat membantumu mengatur aplikasi-aplikasi yang sedang kamu buka dan membuat anda dapat membuka dan mengalihkan perhatian pada aplikasi dengan cepat. Contoh dari aplikasi ini adalah Multitasking Android Apps on Google Play yang dapat kamu install pada gadget atau smartphone berbasis android kesayangan anda.

Baca Juga: Lulus Skripsi, Anang Langsung Cari dan Peluk Ayahnya

Tips di atas memang cukup membantu bagi kamu yang ingin cepat menyelesaikan skripsi. Namun, dalam prosesnya kamu harus memiliki sebuah smartphone yang powerfull. Sehingga kamu tidak mengalami gangguan saat mengerjakan skripsi. Semoga tips ini bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.