14 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan dan Kecantikan

15 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan dan Kecantikan
riaupos.jawapos.com

Seruni.id – Ketumbar dikenal sebagai rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Ketumbar juga merupakan amuan aromatik asli Eropa Selatan dan Asia Barat. Tumbuhan ini juga populr dengan sebutan daun ketumbar atau peterseli China. Manfaat ketumbar ternyata sangat banyak. Sebab, di dalamnya mengandung 11 minyak esensial, 6 jenis asam, dan banyak mineral serta vitamin lainnya.

15 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan dan Kecantikan
pontianakpost.com

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), 100 gram ketumbar memiliki 3,6 gram karbohidrat, 2,08 gram protein, 2,50 mg vitamin E, 27 mg vitamin C, 310 mg vitamin K, 055 mg asam pantotenat. Lalu apa saja manfaat dari ketumbar untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ulasannya.

1. Membantu Menurunkan Gula Darah

Pertama, ketumbar memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa gula darah yang tinggi dapat memicu seseorang mengalami diabetes tipe 2. Biji ketumbar, ekstrak, dan minyak semuanya sangat membantu dalam hal ini. Bahkan, bagi mreka yang memiliki gula darah rendah atau mengonsumsi obat diabetes harus berhati-hati dengan ketumbar karena dipercaya sangat efektif dalam menurunkan gula darah.

Penelitian yang telah dilakukan pada hewan pun menunjukkan hasil bahwa biji ketumbar dapat mengurangi gula darah dengan mendukung aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah. Sebuah studi pada tikus dengan obesitas dan gula darah tinggi menemukan bahwa dosis tunggal (9,1 mg per pon berat badan atau 20 mg per kg) ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah sebesar 4 mmol/L dalam 6 jam, mirip dengan efek dari obat gula darah glibenclamide. Penelitian serupa pun menemukan, bhawa dosis yang sama dari ekstrak biji ketumbar dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan pelepasan insulin pada tikus dengan diabetes, dibandingkan dengan hewan kontrol.

2. Baik untuk Pencernaan

Agar proses pencernaan berjalan dengan lancar, diperlukannya makanan serta obat herbal yang dapat mengatasi hal ini. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan daun ketumbar, obat alami ini akan menghindarkan tubuhmu dari masalah pencernaan dan mual. Ketumbar akan membantu sistem pencernaan untuk menghasilkan lebih banyak enzim pencernaan untuk mencegah perut mual. Selain itu, ketumbar merupakan sumber serat yang baik.

3. Menyehatkan Mata

Memiliki mata yang sehat akan mempermudah kita untuk melakukan beragam kegiatan. Maka dari itu, kita perlu mengonsumi makanan yang mengandung vitamin yang memang baik untuk mata. Nah, vitamin A yang dikenal baik untuk penglihatan ternyata tidak hanya ada pada wortel saja, loh. Sebab, biji ketumbar juga memiliki kandungan tersebut.

Selain itu, ketumbar juga mengandung fosfor, vitamin C, dan antioksidan yang dapat membantu mencegah gangguan penglihatan serta mengurangi stress pada mata. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun biji ketumbar dapat membantu membalikkan efek degeneratif penglihatan pada pasien yang menua karena adanya b-karoten. Ketumbar juga membantu dalam pencegahan infeksi mata, seperti konjungtivitis dan digunakan dalam pembuatan banyak obat mata.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Biji ketumbar menawarkan beberapa antioksidan, yang dapat mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Senyawa antioksidan dipercaya dapat melawan peradangan dalam tubuh. Adapun jenis senyawanya yakni seperti terpinene, quercetin, dan tokoferol, yang diduga memiliki efek antikanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dan efek neuroprotektif, menurut tabung-uji dan penelitian pada hewan. Sebuah studi menemukan, bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar dapat menurunkan peradangan memperlambat pertumbuhan sel kanker, paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa manfaat ketumbar lainnya dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (buruk). Ekstrak ketumbar diyakini memiliki peran penting dalam bertundak sebagai diuretik, yang dapat membantu tubuh untuk membersihkan kelebihan natrium dan air. Sehingga ini dapat menurunkan tekanan darah.

6. Melindungi Kesehatan Otak

Otak dapat terserang berbagai penyakit, dari yang ringan hingga paling bahaya sekalipun. Misalnya seperti Parkinson, Alzheimer, dan multiple sclerosis, dikaitkan dengan peradangan. Sifat anti-inflamasi pada ketumbar dapat melindungi terhadap penyakit ini. pada studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa ekstrak ketumbar dapat melindungi diri terhadap kerusakan sel saraf setelah kejang, hal ini kemungkinan karena sifat antioksidannya.

Pada studi tersebut mencatat bahwa ketumbar meningkatkan daya ingat, menunjukkan bahwa tanaman itu mungkin memiliki aplikasi untuk penyakit Aazheimer. Ketumbar juga dapat membantu mengelola kecemasan. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar hampir sama efektifnya dengan Diazepam, obat kecemasan umum, untuk mengurangi gejala kondisi ini. Perlu diingat bahwa penelitian pada manusia diperlukan untuk menguatkan khasiat ini.

7. Menjaga Kesehatan Mulut

Jauh sebelum pasta gigi ditemukan, orang-orang terdahulu memanfaatkan ketumbar untuk menghilangkan bau mulut dengan cara dikunyah. Pasalnya, di dalam biji ketumbar memiliki kandungan miyak esensial yang berguna sebagai antiseptik yang sangat baik. Selain itu, ketumbar juga membantu efek penyembuhan gigi,mencegah bisul dan luka di mulut memburuk.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat ketumbar yang juga banyak dipakai adalah mampu meningkatkan kesehatan tulang. Agar kita bisa terhindar dari yang namanya oesteoporosis, disarankan untuk rutin mengonsumsi biji ketumbar dalam campuran makanan sehari-hari. Kandungan kalsium dan mineral lain (khususnya di bagian tengah daun) akan membantu pertumbuhan tulang, meningkatkan daya tahan dan mencegah osteoporosis.

9. Mengurangi Rasa Nyeri Menstruasi

Manfaat air ketumbar untuk wanita bisa kamu rasakan ketika mengalami nyeri menstruasi. Sebab, biji ketumbar menjadi sumber asam askorbat, asam palmitat, asam linoleat dan asam sterat. Mengkonsumsi asam tersebut akan mendukung sekresi hormon yang tepat. Untuk memanfaatkannya, biji ketumbar harus direndam terlebih dahulu semalam semalaman, dan keesokan paginya kamu bisa langsung mengonsumsinya. Dan rasakan manfaat minum air ketumbar di pagi hari, dijamin nyeri menstruasimu hilang seketika.

10. Mencegah Penuaan Dini

Tidak bisa dipungkiri kita memang akan menua pada waktunya. Tapi, kita bisa memperlambat proses penuaan dan membuat kulit tampak lebih mudah. Bagaimana caranya? Mudah saja, kita hanya disarankan untuk mengonsumsi ramuan herbal, misalnya biji ketumbar. Ramuan ini kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu mencegah radikal bebas yang merusak sel kulit. Ketumbar membantu merawat beberapa kondisi kulit seperti keriput, pigmentasi, dan kulit kendur.

11. Mengatasi Jerawat

Manfaat ketumbar juga dapat mengurangi jerawat di wajahmu, loh. Hal ini dikarenakan sifat antiseptic dan antibakteri ketumbar dalam membantu mengobati berbagai gangguan kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Karena berfungsi sebagai agen anti-inflamasi, biji ketumbar bisa mengurangi noda yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, kandungan vitamin E juga meningkatkan kesehatan kulit. Kamu cukup menyiapkan biji ketumbar atau sudah berbentuk bubuk, 1 sendok madu organik, dan bubuk kunyit. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga membentuk pasta. Oleskan pada area wajah yang berjerawat, tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

12. Mencerahkan Bibir

Memiliki bibir merah dan cerah tanpa memakai lisptik kini bukan lagi sekadar imipian. Kamu bisa mendapatkanya dengan sangat mudah. Caranya hanya dengan menggunakan daun ketumbar. Kamu cukup mengoleskan daun ketumbar yang telah dihaluskan pada area bibir. Disarankan untuk menggunakannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

13. Menyuburkan Rambut

Manfaat ketumbar untuk rambut sangat luar biasa, di antaranya dapat mencegah rambut rontok dan memperkuat akar rambut. Ketumbar mengandung semua vitamin dan protein penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Termasuk vitamin A, C, dan K, yang memperkuat akar rambut dengan memberi mereka nutrisi yang tepat. Kamu hanya perlu mencampurkan bubuk ketumbar dengan minyak rambut, kemudian oleskan pada kulit kepala dan pijat dengan lembut.

14. Mengontrol Minyak

Wajahmu sangat berminyak? Kamu bisa memanfaatkan daun ketumbar untuk mengatasi masalah ini. Karena daun ketumbar memiliki sifat antioksidan, anti jamur, antiseptik, serta disinfektan yang dapat membantu membersihkan kulit. Selain itu, vitamin C di daunnya juga dapat membantu menjaga kehalusan kulit. Untuk membuatnya, oleskan ketumbar yang telah dihaluskan ke wajah dan diamkan selama 1 jam. Kamu juga bisa mencampurkan daun ketumbar dengan susu untuk membuat pasta kental dan mengoleskannya selama 15 menit untuk mengontrol minyak.

Itulah sekian manfaat ketumbar untuk kesehatan dan kecantikan yang mungkin belum kita ketahui. Jadi, yuk segera manfaatkan ketumbar dengan baik, entah dengan dibuat sebagai ramuan atau dijadikan bumbu masakan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.