7 Alasan Perlunya Mencoba Konsultasi Psikologi Online

7 Alasan Perlunya Mencoba Konsultasi Psikologi Online
blogdokter.net

Seruni.id – Kesehatan mental menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Terutama bagi para remaja yang kerap mengalami masalah asmara, hingga stres karena urusan di sekolah ataupun kampus. Namun, tak sedikit dari mereka yang bingung harus mencurahkan kegelisahannya itu kepada siapa. Bagi kalian yang malu bercerita dan tatap muka dengan orang lain, kini ada platform konsultasi psikolosi online yang bisa kamu coba.

7 Alasan Perlunya Mencoba Konsultasi Psikologi Online
republika.co.id

Dengan berbicara kepada psikolog, kamu akan menemukan akar masalah serta jalan keluar lebih cepat. Selain masalahmu akan terpecahkan, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari konsultasi psikologi online. Apa saja keuntungannya? Cek di bawah ini, ya!

1. Tidak Harus Keluar Rumah

Mengapa disarankan untuk melakukan konsultasi via online? Karena hal ini sangat mudah sekali kamu lakukan, kamu hanya perlu mengakses website yang menyediakan layanan konsultasi psikologi online di rumah. Kamu juga tak perlu repot-repot menghabiskan waktu di perjalanan. Tinggal buka laptop atau smartphone, kamu pun bisa langsung terhubung dengan psikolog yang diinginkan.

2. Bisa Dilakukan Kapan Saja

Kelebihan dari melakukan konsultasi via online, tak ada waktu khusus yang ditetapkan, kamu bisa melakukannya kapan saja. Baik itu pagi, siang, sore pun malam. Jadi, kegiatan konseling bisa dilakukan ketika kamu sedang senggang atau santai.

3. Tidak Perlu Bertemu Langsung

Jika tidak memungkinkan atau memang malu untuk melakukan konsultasi secara langsung, konsultasi via online bisa jadi pilihan yang tepat, loh. Kamu jadi bisa lebih leluasa menceritakan permasalahan yang kamu hadapi.

4. Bisa Menggunakan Nama Samaran

Saat melakukan pendaftaran, kebanyakan layanan konsultasi online menyediakan pilihan bagi penggunanya untuk memakai nama samaran. Tujuannya, tentu saja untuk menjaga rahasiamu. Meski saling berbagi rahasia, psikolog yang menanganimu tidak akan mengenali.

5. Hargnya Sudah Jelas

Kamu tak perlu bingung lagi masalah biaya yang nantinya akan kamu bayar. Karena pada layanan tersebut, biasanya tariff sudah tertera dengan jelas. Beberapa ada yang menyebutkan range harga, tetapi paling tidak kamu bisa mencari psikolog yang harganya sesuai dengan kantong.

6. Respons yang Cepat

Melakukan konsultasi online, berbeda ketika kita curhat kepada teman. Biasanya kita butuh waktu untuk menggun teman tersebut membalasnya. Sedangkan psikolog yang bekerja online, mereka biasanya sudah siap sedia di depan layar sehingga ketika kamu menceritakan masalah, dia sudah mendengarkan dan siap memberikan solusi. Jadi, kamu tidak perlu lagi menunggu lama di sela jadwalnya yang padat.

7. Terasa Seperti Sedang Curhat

Tidak bisa melihat wajah, tidak saling tahu identitas, dan hanya berbicara via online bisa membuat kamu membayangkan tengah bercerita dengan sahabat karib. Kamu bisa bebas membuka semua masalahmu pada psikolog tanpa takut dihakimi atau diberi padangan sinis.

Baca Juga: 7 Tips Penting Memilih Psikolog Terpercaya

Jadi, sudah siapkah kamu untuk mencoba melakukan konsultasi secara online?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.