Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Masker Kain?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Masker Kain?
sehatq.com

Seruni.id – Saat ini, kita dianjurkan untuk mengenakan masker kain, apabila bepergian keluar rumah. Penggunaan masker diharapkan dapat mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Masker Kain?
dream.co.id

Untuk menemukan masker kain, tidaklah sesulit masker medis. Terlebih harganya pun masih cukup terjangkau. Namun, kalau kamu ingin lebih hemat, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Meski demikian, kita tidak bisa sembarangan memakainya, ya. Sebab, kita harus tetap memperhatikan panduan pemakaiannya.

Adapun hal yang perlu diketahui adalah cara mencuci yang tepat, juga frekuensi pencucian masker kain setelah digunakan.

Terdapat beberapa pendapat mengenai hal ini. Dilansir dari Kumparan, Dr. William Schaffner, Medical Director dari National Foundation for Infectious Diseases di Bethesda, Maryland, AS, menyebut bahwa kita bisa menggunakan masker kain untuk beberapa kali, tanpa harus mencucinya.

Menurut pendapatnya, kita bisa mencucinnya cukup satu minggu sekali saja, jika masker tersebut tidak basah.

“(Ini bisa dilakukan karena) Anda seharusnya tidak mengenakan masker sesering itu. Anda hanya pergi ke apotik atau supermarket (di tengah kondisi isolasi mandiri),” tuturnya.

Sedangkan, Hilari Faibrother, seorang emergency medicine medicine physician di McGovern Medical School of Texas Health (UTHealth), AS, memiliki pendapat lain. Menurutnya, kita diharuskan mencuci masker kain setiap kali selesai memakainya.

“Cara terbaik adalah melepaskan masker dengan memegang talinya, lalu segera memasukkannya ke mesin cuci dan mencuci tangan Anda setelahnya,” tutur Hilary.

Untuk metode mencucinya, Hailary mengatakan, kita bisa mencuci masker kain dengan menggunakan air panas, untuk membunuh bakteri yang ada. Jika tidak, kita bisa menyimpannya di dalam kantong dan memberiakannya selama 72 jam.

“Menurut penelitian, itu adalah masa hidup virus,” tuturnya.

Ia juga bercerita, bahwa ia juga memiliki beberapa helai masker kain dan menggunakannya secara bergantian. Dengan cara ini, Hailary selalu memakai masker yang bersih ketika hendak bepergian keluar rumah.

Meski ada beberapa pendapat yang berbeda, namun tak ada salahnya kan, jika kita mencoba metode yang digunakan oleh Hailary.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Masker Kain di Rumah

Cobalah untuk menyimpan beberapa masker kain di rumah dan jangan lupa membersihkannya setelah digunakan. Selain itu, hindari memegang bagian kain pada masker. Ini diperlukan, demi mencegah masuknya virus Corona ke dalam tubuh dan mencegah agar virus itu tak berpindah dari tangan kita ke objek yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.