7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan

7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan
tongkronganislami.net

Seruni.id – Gimana sih cara mengatasi cemburu berlebihan pada pasangan? Mungkin ini menjadi pertanyaan besar bagi pasangan yang telah menikah. Apalagi, mereka yang selalu menaruh rasa cemburu kepada pasangannya.

7 Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan
bikbinganislam.com

Rasa cemburu memang hal yang wajar terjadi dan menjadi salah satu tanda bahwa kamu menyayangi pasangan. Namun, jika ini terjadi secara berelebihan, bukan tidak mungkin akan meretakan hubungan. Tapi tenang saja, kalian masih bisa mengontrol rasa tersebut dengan cara berikut ini:

1. Cari Tahu Penyebabnya

Banyak sekali faktor seseorang menjadi mudah cemburu pada pasangannya. Mulai dari kecurigaan atas seseorang, hingga kurangnya mendapat perhatian. Tentunya kamu harus mencari tahu lebih jauh untuk bisa menyelesaikannya satu per satu. Coba ingat-ingat apa saja pemicu yang kamu rasakan. Setelah itu, tulislah dalam notes untuk menyusun semuanya. Dengan demikian, kamu dapat menyelesaikan permasalahan ini dengan mudah.

2. Jangan Terlalu Bergantung pada Pasangan

Meski pasangan adalah belahan jiwa, tapi sebagai seorang wanita kamu tetap harus memiliki kemandirian, loh. Setelah beberapa tahun menikah, rasanya pasangan selalu ada di setiap aspek kehidupan. Namun, pastikan untuk tetap mengingat bahwa kamu dan pasangan adalah dua individu yang berbeda, yang punya hidup masing-masing.

Sebab, mengurusi hidup orang lain bukanlah hal baik dan hanya membuang-buang waktu saja. Yang tadinya bukan hal besar bisa jadi masalah besar jika terlalu bergantung dan seakan tak punya kehidupan lain. Mulai sekarang, buat diri lebih sibuk dengan kegiatan menarik lainnya.

3. Komunikasikan dengan Pasangan

Cara mengatasi cemburu pada pasangan yang berikutnya adalah dengan mengomunikasikan rasa cemburu itu. Tidak akan mudah dan rentan menyebabkan pertengkaran, tapi kedua belah pihak dalam suatu hubungan sama-sama perlu tahu solusi dari siklus cemburu berlebihan yang terus berulang ini. Selain itu, buat kesepakatan tentang batasan apa saja yang perlu dijaga. Di sinilah komitmen diperlukan. Mendikskusikan apa akar masalah yang menyebabkan pasangan menjadi cemburu, lalu cari titik temu agar akar masalah ini tidak terus menerus menyulut kecemburuan.

4. Berikan Kepercayaan pada Pasangan

Salah satu alasan seseorang bisa cemburu berlebih pada pasangannya adalah karena memiliki masa lalu yang buruk. Mungkin, orang yang ada pada masa lalumu pernah menyakiti dan membohongimu sedemikian rupa. Akibatnya, saat telah menikah pun kamu menjadi sulit mempercayai orang lain yang datang dalam kehidupanmu. Selama yang kamu khawatirkan tidak terlihat nyata, maka berilah kepercayaan padanya. Pasanganmu telah berjanji di depan Tuhan untuk mencintaimu sampai akhir hayat dan tidak akan berpaling pada yang lain. Cobalah percaya dengan janjinya itu.

5. Mengembangkan Rasa Percaya Diri

Selain memberikan kepecayaan pada pasangan, cara mengatasi cemburu berikutnya adalah dengan mengembangkan rasa PD. Sebab terkadang, rasa tidak PD menjadi pemicu timbulnya rasa cemburu. Bahkan, seseorang bisa dengan mudah membandingkan bagaimana sosok dirinya dengan orang lain yang mungkin menjadi target kecemburuan. Untuk mengalihkan seluruh energi negatif ini, kembangkan rasa percaya diri dengan menguasai skill baru. Tak harus skill yang muluk-muluk, setidaknya belajar untuk menghargai diri sendiri atau self love agar rasa percaya diri terbangun sedikit demi sedikit.

6. Hindari Bertindak Saat Emosi

Jika kamu mengambil tindakan dalam keadaan emosi sedang memuncak, bukan kedamaian yang kamu dapatkan, melainkan hanyalah kekacauan. Meski kamu terasa sangat panas dan ingin sekali marah pada pasangan, namun usahakan untuk menahannya. Mengkonfrontasi pasangan saat sedang emosi hanya akan memperkeruh suasana karena kalimat yang tersampaikan biasanya tidak baik.

Meski awalnya hanya ingin protes karena hal kecil, saat marah maka akan berakhir menjadi hal besar. Inilah yang membuat kamu menjadi orang yang cemburu berlebihan. Maka dari itu, walaupun hatimu ingin sekali marah, alangkah baiknya tahanlah sebentar. Tarik nafas, dan berpikirlah dengan jernih. Jika menunggu sebentar, mata akan terbuka lebih lebar dan kamu bisa berpikir dengan lebih logis.

7. Jangan Terlalu Banyak Berkhayal

Tahukah kamu, ternyata menonton serial atau film favorit bisa berbahaya loh jika terbawa dalam kehidupanmu. Saat menonton tentang film perselingkuhan, kamu jadi cemburu berlebih pada pasangan tanpa alasan. Hal ini tentu akan mengganggu pasangan karena merasa tidak salah namun selalu mencurigainya. Oleh karena itu, untuk cara mengatasi cemburu, hentikanlah semua khayalan yang bisa merusak hubunganmu.

Baca Juga: Muslimah, Begini Cara Bijak Menerima Kekurangan Pasangan

Itulah beberapa cara mengatasi cemburu yang bisa kamu lakukan ketika rasa tersebut muncul secara berlebihan. Semua demi kelancaran hubungan denganmu dengan suami. Semoga cara ini dapat membantu, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.