7 Cara Menghilangkan Noda Membandel pada Pakaian, Dijamin Ampuh!

7 Cara Menghilangkan Noda Membandel pada Pakaian, Dijamin Ampuh!
arimaz.com

Seruni.id – Adanya noda membandel yang menempel pada pakaian tentu sangat menjengkelkan sekali. Apalagi, jika noda tersebut ada di pakaian kesayangan kita. Cara menghilangkan noda membandel pada pakaian sebenarnya susah-susah gampang. Karena biasanya tak semua jenis noda dapat dihilangkan dengan mudah.

7 Cara Menghilangkan Noda Membandel pada Pakaian, Dijamin Ampuh!
parenting.orami.co.id

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini Seruni akan membahas mengenai caranya, yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan noda. Bagaimana caranya? Langsung saja simak berikut ini, ya.

1. Noda Akibat Lumpur

Cara menghilangkan noda lumpur di baju putih, sebenarnya cukuplah mudah. Sebelum dicuci, sebaiknya biarkan lumpur mengering terlebih dahulu, lalu kikis dengan lembut noda yang bisa kamu hilangkan sebanyak mungkin.

Setelah itu, tutup noda dengan deterjen dan sedikit air, lalu gosok kain hingga berbusa untuk menghilangkan noda, barulah dibilas dan ulangi jika perlu. Namun, apabila kain tahan warna dan noda tidak segera hilang setelah melakukan upaya pertama, sebagai cara alternatif, kamu bisa merendam noda ke dalam cuka dan air dengan perbandingan yang sama. Barulah dicuci seperti biasa dengan deterjen enzimatik.

2. Noda Akibat Getah

Cara menghilangkan noda getah di baju, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumahmu, salah satunya menggunakan jeruk nipis atau lemon. Sebelum melakukan cara menghilangkan noda membandel, baju harus dibasahi dengan air hangat, kemudian peras jeruk nipis. Kemudian, air perasaan tersebut harus dituang ke bagian baju yang terkena noda. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat barulah gosok dan cuci seperti biasa.

3. Noda Luntur

Untuk membersihkan noda luntur yang diakibatkan karena mencuci pakaian berwarna dengan pakaian putih, bisa menjadi cukup sulit. Cara menghilangkan noda di baju berwarna maupun baju putih sama saja, yakni dengan merendam pakaian yang terkena noda dengan air dingin yang dicampur dengan pemutih non-klorin teroksigenasi selama delapan jam, atau sesuai petunjuk pada kemasan. Setelah itu, cuci dengan mesin cuci. Jika sudah melakukan cara ini, tapi noda tak kunjung hilang, ulangi sebanyak yang diperlukan.

4. Noda Coklat

Apakah pakaian kesayanganmu terkena noda coklat? Cara menghilangkan noda coklat di baju putih yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan susu. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya, yaitu susu yang digunakan adalah susu berlemak. Untuk membersihkannya, kamu perlu menyiapkan susu yang berlemak dan sikat gigi, kemudian oleskan susu tepat pada noda. Jika sudah, gosok noda tersebut menggunakan sikat gigi secara perlahan, sampai noda menghilang. Barulah dilanjut dengan proses mencuci seperti biasa.

5. Noda Darah

Selanjutnya noda akibat darah yang menempel pada pakaian. Biasanya noda jenis ini sangat sulit dihilangkan tergantung banyak dan lamanya noda tersebut menempel, sehingga harus mendapatkan perhatian khusus. Cara menghilangkan noda membandel yang satu ini, adalah dengan memisahkan pakaian yang terdapat noda dengan pakaian lainnya. Rendam pakaian dengan air dingin, kemudian dikucek menggunakan tangan. Ketika air mulai berubah warna, ganti air tersebut dan lakukan hingga air menjadi bening.

Setelah itu, rendam dengan air dan deterjen anzimatik, lalu biarkan beberapa saat sebelum dicuci. Terakhir bilas seperti biasa. Seharusnya cara tersebut bisa menghilangkan noda darah. Namun, jika dibiarkan terlalu lama dan tidak berhasil, kamu bisa menggunakan cara menghilangkan noda di baju putih yang sudah lama dengan sedikit hidrogen peroksida pada spot yang masih terdapat darah. Namun, perlu diingat, bahwa penggunaan hidrogen peroksida berpotensi mengubah warna pada beberapa jenis pakaian.

6. Noda Kopi

Cara menghilangkan noda bandel di baju akibat tumpahan kopi, sebenarnya sangatlah mudah. Yakni kamu hanya perlu mencucinya dengan air mengalir hingga noda hilang sebanyak mungkin. Setelah selesai, tutupi noda dengan deterjen enzimatis dan biarkan selama 10 menit. Jika sudah, kamu bisa langsung membersihkannya dengan sikat berulu lembut.

7. Noda Akibat Saus

Noda akibat saus atau apapun yang berbahan dasar tomat lebih sulit dihilangkan karena saus sering kali mengandung minyak. Jadi, untuk menghilangkan noda ini, kamu perlu bantuan cairan pencuci piring berkualitas baik yang dapat menghilangkan lemak. Caranya dengan mengoleskan cairan pencuci piring secukupnya langsung pada noda, kemudian gosok perlahan dengan jari atau sikat. Barulah dibilas dan ulangi beberapa kali sampai noda benar-benar menghilang.

Baca Juga: 8 Trik Memilih Lemari Pakaian untuk Kamar yang Sempit

Itulah sekian cara menghilangkan noda membandel pada pakaian. Umumnya, semakin cepat suatu noda ditangani, maka akan semakin mudah pula noda tersebut dibersihkan. Juga, jenis kain tertentu bisa membutuhkan penanganan khusus. Jadi, jangan lupa juga untuk membaca petunjuk perawatan kain agar saat membersihkan noda, kamu tidak merusak pakaian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.