7 Cara Mudah Membersihkan Kasur Agar Terhindar dari Tungau

7 Cara Mudah Membersihkan Kasur Agar Terhindar dari Tungau
dekoruma.com

Seruni.id – Kamu pernah merasa gatal di sekujur tubuh setelah bangun tidur? Terkadang, rasa gatal tersebut muncul secara tiba-tiba, tanpa tahu penyebabnya hingga dianggap hanya gatal biasa saja. Padahal, rasa gatal yang kamu rasakan itu bisa saja disebabkan oleh binatang tungau, yang biasanya bersarang di dalam kasur.

7 Cara Mudah Membersihkan Kasur Agar Terhindar dari Tungau
lifestyle.okezone.com

Bagi yang belum tahu tungau itu apa, tungau merupakan hewan dengan ukuran yang sangat kecil dan hanya dapat dilihat melalui mikroskop. Bukan hanya di kasur saja, hewan ini juga biasa ditemukan di sofa maupun karpet. Hati-hati karena tungau ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan kulit, loh. Karena hewan tersebut dapat masuk ke lapisan kulit manusia kemudian bereproduksi.

Oleh karena itu, agar terhindar, kamu harus rajin membersihkan kasur secara rutin. Jika masih bingung bagaimana cara membersihkannya, berikut telah Seruni rangkum beberapa cara membersihkan tempat tidur agar terhindar dari segala binatang kecil yang berbahaya.

1. Mengganti Sprei Kasur Secara Rutin

Cara yang pertama adalah dengan mengganti sprei maupun sarun bantal secara rutin. Meskipun sprei tersebut masih tampak bersih, namun lebih baik segerala menggantinya setiap dua minggu sekali, jangan menunggu sampai berbulan-bulan, atau ketika sprei sudah sangat kotor. Jika sudah diganti, segeralah cuci sprei yang baru dilepas menggunakan air panas agar mematikan tungau yang tertinggal. Dengan begitu, ketika sprei kembali digunakan, kasur akan terbebas dari segala macam kutu dan bintang berbahaya lainnya. Setelah dicuci, pastikan sprei kering dengan sempurna agar tidak lembap.

2. Bersihkan Kasur dengan Vacuum Cleaner

Selain sprei, kasur pun harus rutin dibersihkan, loh. Cara mudahnya yakni dengan menggunakan vacuum cleaner. Sebab, vacuum cleaner bukan hanya mampu menghisap debu, namun juga mampu mengangkat tungau dan hewan-hewan kecil lainnya.

3. Jemur Kasur dan Bantal di Bawah Sinar Matahari

Meskipun sudah divacuum, bantal dan kasur juga perlu dijemur di bawah sinar matahari. Karena panasnya sinar matahari dipercaya mampu membunuh berbagai jenis kuman dan bakteri. Dengan menjemurnya di bawah sinar matahari makan akan membuat kumat dan bakteri pada kasur mati. Sebenarnya, cara ini sudah lama dilakukan oleh orang zaman dahulu. Kendati demikian, cara ini sangat efektif mencegah munculnya tungau pada kasur.

4. Gunakan Minyak Lavender

Biasanya, tungau tidak menyukai bau-bauan seperti minyak lavender. Maka dari itu, untuk membersihkan kasur, sangat disarankan sekali menggunakan bunga atau minyak lavender. Caranya adalah dengan meletakkan bunga kering lavender pada kantung kain yang kemudian bisa kamu simpan di bawah sprei kasur. Atau jika menggunakan minyak lavender Mama hanya tinggal menyemprotkan minyak ke kasur.

5. Menyemprotkan dengan Air Garam

Cara berikutnya, kamu bisa membuat cairan garam kemudian disemprotkan pada kasurmu. Larutan air garam ini, dipercaya mampu mengusir tungau yang bersarang di kasur secara efetif.

6. Menyemprotkan dengan Cairan Disinfektan Alami

Jika kamu tipe orang yang lebih senang dengan sesuatu yang praktis, bisa dengan membeli disinfektan spray alami untuk membersihkan kasur. Pemilihan produk alami menjadi penting karena khawatir zat kimia berbahaya terhirup pada saat berbaring di kasur. Membersihkan kasur secara penting untuk menjaga kesehatan kulit dan pernapasan. Tidak hanya itu, kasur yang bersih juga dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Kualitas tidur berperan penting untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh lebih berenergi di pagi hari.

7. Selalu Cek Kondisi Tempat Tidur

Keberadaan tungau akan lebih mudah dihindari jika kamu mengetahui kondisi kasur atau tempat tidur dengan baik. Pada dasarnya, tungau sangat menyukai tempat-tempat yang lembap, kotor, dan berdebu. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pengecekan tempat tidur secara berkala. Pastikan kasurmu tidak lembap agar tungau tidak bersarang di dalamnya.

Selain itu, perhatikan juga kondisi furnitur tempat tidur yang kamu miliki, terutama jika menggunakan material kayu. Jika ada bagian yang retak atau rusak, segera perbaiki agar tidak menjadi tempat bersarangnya tungau dan serangga lainnya. Begitupun jika ada bagian yang berdebu dan kotor, segera bersihkan menggunakan vacuum cleaner agar bersih sempurna.

Baca Juga: Buat Kamar Tidur Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini

Ketujuh cara di atas tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila tidak dilakukan secara rutin. Oleh sebab itu, lakukanlah cara-cara di atas dengan rutin agar kasur dapat terbebas dari tungau dan kamu pun terbebas dari penyakit. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.