7 Cara Mudah Mengatasi Diri Agar Tidak Insecure

7 Cara Mudah Mengatasi Diri Agar Tidak Insecure
cantik.tempo.co

Seruni.id – Insecure atau istilah lain yang digunakan untuk perasaan ketidaknyamanan seseorang terhadap sesuatu hal dalam berbagai kondisi. Bisa saja, kamu sedang merasa insecure terhadap diri sendiri. Dengan munculnya perasaan tersebut, bukan tidak mungkin dapat menganggumu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Agar perasaan ini berlanjut lebih jauh, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Apa saja?

7 Cara Mudah Mengatasi Diri Agar Tidak Insecure
idntimes.com

1. Pahami Apa yang Kamu Rasakan

Hal pertama yang mesti dilakuakn adalah menanyakan pada diri sendiri mengapa kamu merasa tidak nyaman sejak awal karena rasa insecure dapat memiliki banyak [enyebab. Namun, tak peduli apa penyebabnya. Kamu bisa merasa lebih baik apabila mengetahui akar dari rasa insecure tersebut.

2. Jangan Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Kehadiran media sosial kerap membuat seseorang membandingkan dirinya dengan orang lain. Hal ini lama-kelamaan akan membuatmu merasa terpuruk. Kamu menjadi mudah iri dengan apa yang dimiliki orang alin. Di media sosial, seseorang hanya menampilkan versi terbaik dari diri mereka. Padahal, kamu tidak tahu ada hal yang terjadi di belakangnya. Jadi, jangan repot-repot membandingkan kehidupanmu dengan orang lain agar terhindar dari perasaan insecure.

3. Mengubah Perspektif

Cara melatih diri agar tidak insecure selanjutnya dengan mengubah perspektif. Misalnya dengan memikirakan diri sendiri dan pikirkan hal-hal yang kamu lakukan serta yang orang lain hargai. Berhentilah memandang dirimu dengan kritis. Sebab, kamu adalah satu-satunya orang yang menghakimi diri sendiri dengan keras.

4. Temukan Kelebihan yang Ada Pada Diri Sendiri

Setiap orang tentu memiliki kelebihannya masing-masing, begitupun denganmu. Untuk mengatasi rasa insecure, penting sekali mengetahui diri sendiri, tentang siapa kamu, apa yang penting bagimu, juga kelebihan apa yang kamu miliki. Dengan begitu, rasa insecure akan berubah menjadi rasa bersyukur. Misalnya, “Keluargaku sangat mendukungku. Itu sangat berarti” atau “Keimananku adalah pondasi hidupku”. Dengan menegaskan nilai-nilai yang kamu yakini, maka akan membuat rasa insecure akan memudar dengan sendirinya. Sebab, kamu tak lagi berfokus membandingan diri sendiri dengan orang lain.

5. Berikan Hadiah pada Diri Sendiri

Sekecil apapun keberhasilan yang telah kamu lakukan, harus diakui dan diapresiasi. Setiap kali tujuanmu tercapai, berikanlah hadiah untuk diri sendiri. Fokus pada penghargaan untuk diri sendiri dapat membantumu menghilangkan pandangan negatif pada masa yang akan datang.

6. Meminta Bantuan Orang Lain

Jika kamu membutuhkan bantuan, jangan sungkkan utnuk meminta bantuan dari orang terdekat. Misalnya orangtua, teman, atau pasangan, untuk mendukung serta membimbingmu dalam segala hal. Sebab bisa saja, dengan bentuan tersebut dapat mengurangi rasa insecure dalam dirimu.

7. Mengingat Hal-hal Baik yang Sudah Dilakukan

Cara lain mengatasi rasa insecure dengan mengingat hal-hal terbaik yang pernah kamu lakukan. Pikirkan saat kamu berdiri di samping seorang teman ketika tidak ada orang lain yang melakukannya. Ingatlah ketika kamu melakukan perbuatan baik tanpa mengharapkan imbalan. Ketika kamu merasa insecure, kamu cenderung melihat dunia seolah-olah bekerja melawanmu. Ancaman dan bahaya kecil bisa muncul dari balik setiap sudut. Namun, mengingat diri kamu sebaik mungkin dapat membantu memandang dunia dengan lebih indah.

Baca Juga: 7 Penyebab Anak Kurang Percaya Diri

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika merasa insecure. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.