6 Khasiat Kacang Hijau untuk Kecantikan

6 Khasiat Kacang Hijau untuk Kecantikan
food.detik.com

Seruni.id – Kebanyakan orang akan mengolah kacang hijau menjadi bubur yang lezat dan menyehatkan. Tapi, tahukah kamu, bahwa si bulat kecil dengan warna hijau ini sangat berkhasiat untuk kecantikan? Ini dikarenakan kacang hijau memiliki fungsi anti-oksidan dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, ruam-ruam, dan iritasi.

6 Khasiat Kacang Hijau untuk Kecantikan
okezone.lifestye.com

Kandungan di dalamnya dipercaya ampuh dalam melawan pigementasi dan mengobati bercak-bercak pada kulit dibandingkan dengan vitamin C dan E. Nah, untuk mengetahui lebih jelas apa saja khasiat kacang hijau untuk kecantikan, kamu bisa menyimak aritek berikut ini sampai selesai, ya.

1. Menghaluskan Kulit

Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit wajah yang halus? Rasanya setiap wanita tentu menginginkannya. Untuk mendapatkannya, kamu bisa memanfaatkan kacang hijau. Ya, kacang hijau merupakan bahan alami yang dapat dijadikan sebagai masker wajah. Caranya dengan merendam kacang hijau dengan susu segar semalaman dan haluskan di pagi hari. Kemudian, aplikasikan campuran tersebut pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah mengering, bersihkan dengan air dan keringkan menggunakan handuk. Ini akan membuat kulit wajahmu lebih lembut jika dilakukan secara teratur.

2. Mengencangkan Kulit Wajah

Khasiat kacang hijau untuk kecantikan berikutnya adalah dapat mengencangkan kulit wajah. Kandungan protein di dalamnya mampu mengatasi kerutan pada kulit wajah secara alami dari dalam. Sehingga kulit wajahmu akan terasa kencang dan terlihat lebih awet muda. Sama seperti cara sebelumnya, kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah.

3. Mengatasi Minyak Berlebih pada Kulit Wajah

Seperti yang kita tahu, minyak berlebihan pada kulit wajah bisa menjadi sumber masalah kulit, loh. Seperti komedo, jerawat, dan penyakit kulit lainnya. Selain itu, minyak yang berlebihan pada kulit wajah akan terlihat kusam dan kotor. Nah, dengan memanfaatkan kacang hijau sebagai masker wajah, dapat menyegarkan kulit wajah secara alami, sehingga minyak pada kulit wajah akan normal dan optimal kembali.

4. Mengatasi Jerawat

Jerawat membandel terkadang membuat rasa percaya diri berkurang. Tapi, sekarang kamu bisa menghilangkannya dengan sangat mudah. Yakni dengan khasiat kacang hijau untuk kecantikan yang dijadikan sebagai masker. Caranya dengan merendakan kacang hijau semalaman dan haluskan di pagi hari. Jangan lupa tambahakan satu sendok teh ghee dan aplikasikan ke seluruh permukaan wajah. Agar lebih rileks, kamu bisa sambil memijat wajahmu dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, barulah bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk. Jerawatmu akan hilang jika memakainya secara rutin, minimal dalam waktu tiga minggu sekali.

5. Menyehatkan Kulit Kepala

Bukan hanya bermnafaat untuk wajah saja. Kacang hijau juga sangat baik untuk menyehatkan kulit kepala. Karena di dalamnya terkandung zinc, kalsium, serta protein. Jika kamu mengonsumsinya secara rutin dan teratur, dijamin rambutmu akan terjaga dari kerusakan rambut seperti, rontok, ketombe, dan masalah lainnya. Selain itu, pertumbuhan rambutmu akan lebih baik lagi dari sebelumnya. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuatnya menjadi masker atau dilah menjadi makanan seperti jus, kue, dan lainnya.

6. Mengangkat Kotoran pada Pori-pori dan Sel Kulit Mati

Kotoran yang menempel pada kulit wajah serta sel kulit mati yang menempel pada kulit wajah akan membuat kulit wajah menjadi kusam, kasar, serta dapat menyebabkan sumber tumbuhnya jerawat. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memanfaatkan kacang hijau sebagai masker wajah untuk mengangkat kotoran serta sel kulit mati pada kulit wajahmu.

Baca Juga: 8 Resep Kacang Hijau Enak, Lembut dan Sehat

Untuk mendapatkan khasiat kacang hijau untuk kecantikan, sangat disarankan untuk memakai atau mengonsumsinya secara teratur, ya. Agar hasil yang didapat pun memuaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.