7 Cara Simpel Terbebas dari Lilitan Utang

7 Cara Simpel Terbebas dari Lilitan Utang
kontan.co.id

Seruni.id – Mengelola keuangan bukan hal yang mudah dilakukan, apalagi jika memiliki utang. Ini tentu saja tidak diinginkan banyak orang. Saat mulai terlilit utang, ada baiknya kamu mencari cara yang bisa dilakukan untuk terbebas dari lilitan utang. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi hal ini.

7 Cara Simpel Terbebas dari Lilitan Utang
indonesia.go.id

Jika kamu kesulitan dan membutuhkan titik awal untuk membuat strategi mengurangi utang, berikut ini Seruni memberikan beberapa point penting untuk mengetahui cara terbebas dari utang yang menumpuk.

1. Membuat Pendapatan Lebih Besar daripada Pengeluaran

Sadarkah kita? Bahwa di dalam kehidupan, kita lebih banyak menghabiskan pendapatan daripada menghasilkannya? Dengan begini, kita akan selalu membuat pasak lebih besar daripada tiang, di mana pengeluaran selalu melebihi pendapatan.

Apabila hal ini kerap terjadi di dalam keuangan, maka sudha bisa dipastikan utang akan menumpuk di setiap bulannya. Berbagai pengeluaran yang mungkin tidak terlalu penting bisa saja terjadi. Maka dari itu, penting sekali untuk meninggalkan kebiasaan ini dan bijaklah dalam memilih mana barang yang sekiranya dibutuhkan dan mana barang yang hanya keinginan sesaat saja. Mulailah menciptakan pendapatan yang jauh lebih besar daripada pengeluaran mulai dari sekarang.

Mulailah berpikir bagaimana cara melunasi hutang dengan cepat, dan membuat pengeluaran menjadi lebih kecil daripada pendapatan. Sehingga, kamu bisa menyimpan uang setiap bulannya, meskipun jumlahnya kecil.

Lakukan hal ini dengan mudah, yakni dengan menyusun sebuah anggaran keuangan yang tepat, di mana kamu dapat mencatat dan merinci setiap rupiah yang dikeluarkan di dalam keuangan. Kenali setiap pengeluaran yang dilakukan, sehingga kamu lebih mudah untuk mengidentifikasi pos mana saja yang sebenarnya tidak begitu penting untuk diadakan, atau setidaknya mengurangi jumlah pengeluaran di pos-pos tersebut.

Pada dasarnya, hal yang paling mudah untuk dilakukan agar terbebas dari lilitan utang adalah dengan cara memulai hidup hemat, sehingga pengeluaran menjadi lebih sedikit dan dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar utang. Hal ini tidak akan terlalu sulit, jika melakukannya dengan komitmen yang besar. Berikut ini adalah cara berhemat yang dapat dilakukan untuk menekan pengeluaran:

• Kurangi Anggaran untuk Hobi Mahal

Memang kita tidak bisa menghilangkan hobi begitu saja, seperti hobi berjalan-jalan ke luar negeri misalnya. Nah, untuk bisa berhemat, alangkah lebih baiknya, kamu bisa mengurangi anggaran dari hobi mahalmu itu. Dengan cara mengenali seberapa efektif pengeluaran untuk hobi tersebut. Sehingga kamu paham, bahwa pengeluaran tersebut tidak begitu penting, atau terkesan mubazir, mengingat kamu memiliki sejumlah utang yang harus segera dilunasi. Kurangi hal seperti ini, ya, agar bisa berhemat lebih banyak.

• Hemat Energi

Ubahlah pola hidup untuk menekan angka pengeluaran, salah satunya dengan menghemat energi. Dalam hal ini, sebaiknya gunakan perangkat elektronik dengan bijak, misalnya dengan mengaktifkan mode power saver atau bahkan mematikannya jika tidak digunakan. Berbagai kebiasaan ini mungkin sulit dilakukan saat pertama kali, namun cara ini bisa menghemat banyak pengeluaran setiap bulannya.

• Masak Sendiri dan Membawa Bekal

Ingin lebih bisa menghemat uang? Caranya mudah banget, loh. Jika biasanya saat makan siang kamu memilih untuk makan di luar, sekarang rubahlah kebiasaan tersebut. Biasakanlah dirimu untuk memasak makanan sendiri di rumah dan sesekali membawa bekal ke tempat kerja, ini akan bisa menghemat banyak uangmu. Dengan cara ini, bukan hanya membuatmu berhemat, namun juga bisa menyantap aneka makanan yang jauh lebih sehat dan kebersihannya pun terjamin.

2. Segera Melunasi Utang yang Ada

Satu-satunya jalan keluar dari hutang menumpuk adalah dengan cara menulasinya. Nah, setelah melakukan berapa langkah di atas, tentunya kamu memiliki sejumlah dana yang bisa dialokasikan untuk melunasi utang. Meskipun tidak dilunasi sekaligus, namun setidaknya kamu bisa mencicil hingga selesai. Pentig sekali untuk memiliki komitmen yang kuat, bahwa kamu mengalokasikan dana yang ada hanya untuk membayar hutang, bukan untuk kebutuhan lainnya.

Guna mengetahui cara mengatasi hutang yang menumpuk, sebaiknya kamu bisa mengidentifikasi utang tersebut, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar, sehingga semua bisa terlihat dengan jelas. Agar lebih mudah, maka mulailah mencicil utang yang memiliki bunga besar. Seperti, utang kartu kredit atau pinjaman bank lainnya. Hal ini penting, setelah mengetahui cara melunasi hutang rentenir, kamu pun bisa terbebas dari lilitan utang yang juga lumayan besar. Lakukanlah pelunasan ini secara bertahap, sesuai dengan kemampuanmu setiap bulannya.

3. Jangan Terus Menambah Utang

Meskipun cara ini tidak sepenuhnya membuat dirimu terbebas dari lilitan utang, namun setidaknya jumlah utangmu tidak menjadi lebih buruk. Sebab, jika kamu terus menerus menambah utang, akan jauh lebih sulit untuk membuat kemajuan dalam mengurangi utang tersebut. Kurangi godaan untuk menciptakan lebih banyak utang dengan membekukkan kartu kredit yang kamu punya.

4. Bangun Dana Darurat

Mungkin hal ini tampak berlawanan dengan kondisi keuanganmu saat ini. Namun, jika kamu memiliki dana darurat, bukan tidak mungkin akan terbebas dari lilitan utang. Sebab, tabungan ini akan memberimu jaringan pengaman yang dapat digunakan kekita biaya darurat muncul dan akan menyelamatkanmu.

5. Kenali Kemampuan Keuanganmu dengan Baik

Akan lebih baik dan tepat jika kamu mengenali kemampuan keuanganmu. Sehingga, kamu bisa memahami bagaimana cara untuk mengendalikan serta mengelolanya. Usahakan untuk tidak memiliki utang, ya, meskipun ini terbilang cukup sulit. Atau apabila sudah terlanjut terjerat, maka mulailah melakukan pelunasan sejak sekarang. Pola hidup hemat juga akan membantu hidup bebas dari utang.

6. Minta Keringan Suku Bunga pada Kreditor

Suku bunga yang lebih tinggi akan membuatmu terjerat utang lebih lama, karena begitu banyak pembayaranmu dibebankan pada biaya bunga bulanan bukan ke saldo yang sebenarnya. Tapi tenang saja, suku bunga bisa kamu negosiasikan dan dapat meminta penerbit kartu kredit untuk menurunkannya. Kreditor melakukan ini atas kebijakannya sendiri, sehingga pelanggan dengan riwayat pembayaran yang lebih baik mungkin berhasil menegosisasi tarif suku bunga yang lebih rendah.

7. Mencari Pendapatan Tambahan

Semakin banyak uang yang dihasilkan untuk membayar utang, maka semakin cepat pula utang-utang tersebut lunas. Jika kamu belum memilikinya, buat anggara bulanan untuk mengelola uang dengan lebih baik. Melihat semua pengeluaranmu yang dirinci dalam anggaran juga dapat membantumu mengetahui bagaimana dirimu bisa memotong beberapa pengeluaran dan menggunakan uang itu untuk membayar hutang. Mungkin kamu bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari pengembangan hobimu.

Baca Juga: Sengaja Menunda Pelunasan Utang? Awas Bahaya Dunia Akhirat!

Jadi, itulah strategi untuk segera terbebas dari lilitan utang. Meskipun tidak mudah, namun kalau kamu memiliki niat yang tepat dan usaha yang kuat, semua utangmu pasti bisa segera selesai. Kamu bisa membaca banyak kisah nyata terbebas dari lilitan hutang, untuk memotivasimu. Semoga cara-cara di atas dapat membantu, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.