7 Makna Hari Kemerdekaan Bagi Rakyat Indonesia

7 Makna Hari Kemerdekaan Bagi Rakyat Indonesia
senoritasije.blogspot.com

Seruni.id – 75 tahun sudah Indonesia merdeka. Bukan hal yang mudah untuk meraihnya, penuh perjuangan hingga tumpah darah para pahlawan kemerdekaan. Sebagai rakyat Indonesia, kita perlu menajaga keutuhan dan kesatuan negara ini. Hari kemerdekaan, biasanya ditandai dengan euforia masyarakat saat menyambutnya.

7 Makna Hari Kemerdekaan Bagi Rakyat Indonesia
merahputih.com

Mulai dari dilakukannya berbagai macam perombaan, memasang bendera, hingga yang paling sakral adalah upacara bendera tepat pada 17 Agustus. Namun, di balik semua kegiatan tersebut, ada baiknya kita tidak hanya memeriahkannya saja, tapi juga memahami makna dan arti kemerdekaan itu sendiri. Berikut ini Seruni akan memaparkannya.

1. Bukan Akhir dari Perjuangan

Perjuangan para pahlawan demi merebut kemerdekaan Indonesia, tidaklah main-main. Dibutuhkan waktu yang cukup panjang, kurang lebih 300 tahun. Jadi, kita tidak boleh memandang perjuangan mereka sebelah mata. Sebab, mereka telah rela meninggalkan keluarga dan mempertaruhkan nyawa dalam melawan penjajahan demi mewujudkan kemerdekaan.

Ada hal yang harus kita ketahui, khususnya para generai milenial, melihat perjuangan mereka yang terdahulu, kita tidak dapat duduk santai di rumah tanpa melakukan hal apapun. Seperti yang tertuliskan dalam sejarah, tak sedikit generasi muda yang membantu dalam melawan penjajahan. Meski penjajahan telah berakhir, namun kita harus tetap berjuang demi mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur.

Dengan cara apa? Sederhana saja, yakni dengan menjaga apa yang telah ditinggalkan oleh para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. Perlu dijadikan sebagai renungan, sebenarnya sudah seberapa besarkah energi yang telah kita berikan untuk bangsa ini?

2. Menjadi Sebuah Pengingat

Makna hari kemerdekaan, tidak hanya sekadar kalimat kosong saja. Di dalamnya terdapat sejarah panjang penuh perjuangan tanpa henti. Sebagai masyarakat Indonesia, kita tentunya diperingatkan bahwa sebuah perjuanagn yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Sebagai Pemersatu Bangsa

Hari kemerdekaan Indonesia yang telah diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu, bisa kita jadikan sebagai momen mempersatukan bangsa. Mulai dari Sabang sampai Marauke, orang-orang merasa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi akan selalu berteriak dengan lantang ‘Saya Indonesia!’.

Dari situlah, kita dapat melihat, bahwa kemerdekaan bangsa ini bisa dijadikan sebagai momen mempersatukan bangsa, serta menyingkirkan perselisihan dan perbedaan untuk kepentingan NKRI. Di setiap kepentingan negara, alangkah baiknya kita bisa mengenyampingkan perbedaan dan panjangan yang kita miliki, sehingga dapat bergotong royong demi memajukan bangsa ini.

4. Menumbuhkan Rasa Saling Menghargai

Di balik kemerdekaan yang begitu panjang, terdapat makna yang begitu dalam, salah satunya dapat menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghargai antar sesama. Meski sudah puluhan tahun kita merdeka, namun kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang telah merjuang meraih kemerdekaan.

Mungkin saja, jika tidak ada mereka, kita tidak bisa menikmati kebebasan seperti saat ini. Makna dari menghargai dan menghormati juga dapat diartikan sebagai, tidak membeda-bedakan agama, ras, dan suku dalam bermasyarakat dan kehidupan sosial.

5. Bukti Bahwa Masyarakat Indonesia Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Kita kerap disibukan dengan beragam opini dan hal-hal yang sering membuat masyarakat Indonesia merasa lebih rendah dari negara lainnya. Namun, kita tidak boleh mengabaikan, bahwa kemerdekaan Indonesia menjadi sebuah bukti, bahwa kita adalah negara yang hebat. Terlepas dari berbagai permasalahan yang melanda bangsa saat ini. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus yakin bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

6. Menandakan Perjuangan yang Kita Lakukan Akan Lebih Berat

Meski telah merdeka, tapi perjuangan tidak berhenti begitu saja. Sebab sebenarnya, perjuangan kita masih sangatlah panjang. Seperti menjaga keutuhan NKRI dan mewujudkan cita-cita bangsa yang dapat memberikan kehidupan adil dan makmur bagi setiap warga. Di zaman sekarang, tidak sedikit orang yang lebih mementingkan dirinya sendiri daripada kepentingan bangsa.

Hal inilah yang harus kita singkirkan. Seperti kutipan yang pernah dikatakan oleh Bung Karno “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri”. Artinya, kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan. Kini, kita harus tetap berjuang melawan segala yang dapat menghambat bangsa ini untuk menjadi bangsa yang maju, adil, dan makmur.

7. Waktu untuk Membuang Ego Masing-masing

Meski sederhana, membuang ego adalah salah satu sifat yang bisa dibilang sangat sulit dilakukan. Di momen kemerdekaan Indonesia ini hal yang bernama ego pribadi harus dibuang jauh-jauh. Kita berdiri di tanah yang sama tanah Indonesia. Kita hidup di alam yang subur, alam Indonesia. Lantas, mengapa sebuah ego pribadi masih kita biarkan tumbuh?

Baca Juga: 34 Gambar Rumah Adat di Indonesia Beserta Penjelasannya

Di hari kemerdekaan ini, akan lebih baik jika kita tidak hanya sekadar merayakannya saja. Namun, pentingnya untuk meresapi makna sebenarnya dari sebuah kemerdekaan itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.