7 Tanda Racun Menumpuk Dalam Tubuh, Detoks Segera!

7 Tanda Racun Menumpuk Dalam Tubuh, Detoks Segera!
helath.detik.com

Seruni.id – Ada beberapa hal yang menjadi tanda racun menumpuk dalam tubuh, tapi terkadang tanda tersebut kita abaikan begitu saja. Agar kita lebih memperhatikan kesehatan tubuh, maka dari itu Seruni akan memberikan ulasannya.

7 Tanda Racun Menumpuk Dalam Tubuh, Detoks Segera!
grid.id

Menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Sebab, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Menerapkan pola hidup yang sehat adalah langkah yang harus diterapkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, tidak merokok, istirahat yang cukup, dan masih banyak yang lainnya. Dengan begitu, tubuh akan tetap sehat dan fit. Namun, jika sudah mengalami beberapa tanda berikut ini, artinya tubuhmu sudah dipenuhi dengan racun. Apa saja tandanya?

1. Selalu Merasa Lelah

Lelah adalah hal lumrah yang sering terjadi pada setiap manusia, terlebih setelah melakukan berbagai aktivitas. Namun, kelelahan yang menjadi tanda racun menumpuk dalam tubuh yakni kelalahan yang sudah kronis. Dengan kata lain, rasa lelah yang dirasakan sudah parah dan berlangsung selama lebih dari enam bulan.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Science of the Total Environment, ditemukan adanya kaitan antara kelelahan kronis dengan paparan rancun dari lingkungan seperti pestisida, bahan pelarut (solvent), serta logam. Dari hasil penelitian diketahui, para pasien yang terpapar toksin akan mengalmi gangguan hipotalamus (bagian otak penghasil hormon-hormon yang penting bagi tubuh), dan terjadi disfungsi sistem kekebalan tubuh.

Menurut Nesheiwat, tumpukan racun tersebut dapat menyebabkan sejumlah organ tertentu seperti hati dan ginjal, bekerja lebih ekstra untuk membuang limbah tersebut. Ketika ginjal bekerja secara berlebihan, justru fungsinya akan menurun, menyebabkan racun tidak terbuang sepenuhnya, sehingga tubuh akan tetap dipenuhi racun. Inilah mengapa kamu merasa lelah berkepanjangan dan rendah energi.

2. Berat Badan Tidak Stabil

Ketika racun sudah menumpuk dalam tubuh, hal ini akan berpengaruh terhadap berat badan. Di mana berat badan menjadi tidak stabil, meskipun telah berolahraga. Sebab, racun yang menumpuk dalam tubuh tersebut bisa menjadi gangguan hormon. Salah satu solusinya, kamu harus memperbaiki diet dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, agar proses detoksifikasi berjalan dengan baik.

3. Bau Mulut

Kondisi yang satu ini juga termasuk tanda racun menumpuk dalam tubuh. Jika kamu tidak mengalami permasalahan dengan kondisi gigi, tetapi mengalami bau mulut, kamu harus waspada karena ini bisa menjadi tanda bahwa tubuhmu sudah mengalami penumpukan racun. Bisa jadi sudah banyak endapan racun di dalam tubuh. Racun tersebut akan mengendap di dalam hati, sehingga menyebabkan reaksi kimia yang bisa menghasilkan senyawa berbau.

4. Sembelit

Selain ginjal, proses pembuangan racun dari dalam tubuh juga bisa dilakukan oleh organ hati. Ketika organ hati sudah tidak dapat membuang racun akibat pola makan yang salah atau paparan racun dari obat-obatan di lingkungan, hal itu akan berdampak pada sistem pencernaan. Organ hati memiliki peran penting sebagai pusat kendali pencernaan dalam tubuh. Jika pusat kendali mengalami perlambatan atau kerusakan, maka sistem pencernaan pun menjadi tidak normal, hal ini biasanya ditandai dengan perut kembung atau sembelit.

5. Bau Badan

Tanda racun menumpuk dalam tubuh tidak hanya menyebabkan bau mulut saja, tetapi juga bau badan yang tidak biasa. Menurut Nesheiwat, tubuh akan menciptakan gas dan bau, yang merupakan hasil dari proses metabolesme dan pemecahan dari segala yang kita hirup, telan, atau yang terpapar. Munculnya aroma tak sedap pada tubuh, urine berbau, atau bau mulut, bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang berusaha membuang racun.

6. Mudah Mengantuk

Racun yang menumpuk dalam tubuh, bisa menyebabkan sirkulasi darah menjadi terganggu. Sehingga hal ini menyebabkan sel darah tidak dapat menyuplai kebutuhan oksigen yang cukup ke otak. Otak kemudian mengirim sinyal mengantuk karena kurangnya oksigen. Hal ini biasanya sering kali terjadi, meskipun kamu sudha mendapatkan tidur yang cukup.

7. Jerawat Bekepanjangan

Tanda racun menumpuk dalam tubuh lainnya yang berhubungan dengan kulit yakni munculnya jerawat bekepanjangan. Jika muncul jerawat, biasanya hal ini karena pola makan yang salah atau produk perawatan kulit yang tidak tepat. Selain itu, mata bengkak dan eksim juga bisa menjadi tanda bahwa kandungan racun sudah melewati ambang batas dan tubuh pun sudah tidak dapat menoleransi. Penyebabnya pun beragam, salah satunya bisa karena produk yang sehari-hari, seperti sampo, kondisioner, sabun, maupun lotion.

Baca Juga: 7 Tanda Usus Kotor dan Cara Mengatasinya

Itulah tujuh tanda racun menumpuk dalam tubuh. Jika kamu mengalami beberapa tanda di atas, sebaiknya tidak membiarkannya begitu saja. Segeralah lakukan detoksifikasi, dengan cara memperbanyak minum air putih, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, meminimalkan stres, serta memperbanyak makan sayur dan buah yang kaya akan antioksidan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.