8 Bahan Alami yang Mampu Redakan Sakit Tenggorokan

8 Bahan Alami yang Mampu Redakan Sakit Tenggorokan
cantik.tempo.co

Seruni.id – Sakit tenggorokan seringkali menjadi tanda awal dari munculnya pilek, flu, batuk ataupun radang ternggorokan. Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan bisa benar-benar menyulitkan dan membuat kita menjadi tidak nyaman. Ketika merasakan hal tersebut, mungkin kita akan segera mengunjungi dokter. Namun ternyata, beberapa perawatan terbaik bisa dilakukan di rumah, yaitu dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang mampu redakan sakit tenggorokan. Apa saja? Berikut selengkapnya.

1. Air Garam

8 Bahan Alami yang Mampu Redakan Sakit Tenggorokan

Memiliki rasa asin, ternyata garam bisa menjadi salah satu bahan alami yang mampu meredakan sakit tenggorokan. Bagaimana cara menggunakannya? Yaitu dengan mencampurkan garam secukupnya dengan air hangat, kemudian setelah itu digunakan untuk berkumur.

Beberapa studi menyebutkan, bahwa berkumur dengan air garam dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu menghilangkan bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamananmu saat menelan.

2. Air Perasan Lemon

google.com

Propestri astringent yang terdapat dalam lemon dapat membantu menipiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan asam yang dapat menghilangkan virus serta bakteri penyebab iritasi.

Sebagai obat alami yang mampu meredakan sakit tenggorokan, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kimir selama beberapa detik. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari, ya. Agar sakit tenggorokan bisa cepat teratasi.

3. Air Kunyit

idntimes.com

Rempang kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, juga berguna untuk memerangi banyak kondisi serius. Nah, salah satunya dapat meredakan sakit tenggorokan. Untuk mengonsumsinya, kamu perlu mencampurkan 1/2 sendok teh kunyit bubuk ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi cara tersebut beberapa kali dalam sehari agar bisa bekerja lebih optimal.

4. Madu

hellosehat.com

Siapa yang tak tahu bahan alami yang satu ini? Tentu kita sudah pasti tahu bahwa madu memiliki manfaat yang beragam, mulai dari kecantikan sampai kesehatan. Lalu, dapatkah madu meredakan sakit tenggorokan? Beberapa riset menyebutkan madu efektid menenangkan tenggorokan yang sakit. Menurut para pakar, madu memang bisa meredakan sakit tenggorokan karena terdapat antibakteri di dalamanya.

“Madu mengandung senyawa yang diubah menjadi hidrogen peroksida selain ada senyawa antimikroba lainnya,” kata Asisten Direktur UNC Family Medicine, Caroline Roberts.

Tapi, ada yang perlu diingat. Tidak semua usia bisa mengonsumsi madu, ya. Anak yang usianya di bawah satu tahun tidak dianjurkan untuk diberikan madu, karena justru akan meningkatkan risiko botulisme. Yakni kondisi keracunan serius yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium Botulinum.

5. Teh

arah.com

Bagi kamu yang gemar menikmati teh hangat ketika tenggorokan terasa tidak nyaman, itu merupakan hal tepat yang memang semestinya dilakukan.

“Ada sejumlah bukti bahwa teh herbal seperti akar licorice, membantu mengatasi rasa sakit, tapi alasannya tidak diketahui dengan pasti,” kata Asisten Profesor di UNC Family Medicine, Dana Neutze.

6. Permen Pelega Sakit Tenggorokan

hellosehat.com

Tidak semua permen dapat dikonsumsi ketika tenggorokan terasa sakit. Namun, tidak dengan permen pelega tenggorokan. Sebab, kebanyakan permen pelega tenggorokan mengandung ektrak menthol, peppermint, atau aucalyptus. Bahan-bahan tersebut bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokanmu.

Hal ini karena ketiga bahan tersebut mengandung properti antiperadangan, antibakteri, dan antivirus sehingga cocok dijadikan obat tenggorokan sakit guna mendorong penyembuhan. Permen dan obat batuk berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan kamu tetap basah. Akan tetapi sesuai namanya, permen ini dapat melegakan tenggorokan gatal walaupun hanya sementara dan sangat efektif untuk di saat darurat.

7. Sup Ayam

sajiansedap.grid.id

“Sup ayam adalah resep rumahan yang paling sering disarankan ketika sakit tenggorokan,” kata Robert.

Belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan manfaat mengonsumsi sup ayam saat sakit. Namun, ada data yang menunjukkan mengonsumsi makanan ini membuat terjadi migrasi neutrofil, yakni komponen di badan yang menyebabkan peradangan di tenggorokan.

8. Bawang Putih

8 Bahan Alami yang Mampu Redakan Sakit Tenggorokan

Selain beberapa bahan alami di atas, bawang putih juga menjadi salah satu obat pereda sakit tenggorokan. Di dalam bawang putih mengandung sifat antibateri. Hanya saja, untuk mendapatkan kahsiat dari bawang putih ini, adalah dengan cara mengunyahnya. Saat hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus.

Nama senyawa tersebut adalah allicin. Selain dikunyah sebanyak satu siung, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit. Jika tidak sanggup untuk memakannya secara mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Namun, allicin akan lebih efektif jika dikunyah secara mentah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.