10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Melahirkan

10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Melahirkan
parenting.orami.co

Seruni.id – Ketika masa kehamilan memasuki usia 8 bulan, kaki kerap membengkak dan berubah. Kondisi ini wajar saja terjadi. Sebab selama hamil terjadi kanikan berat badan yang signifikan. Apakah kaki yang membengkak akan hilang usai melahirkan? Kaki bisa kembali normal pasca melahirkan, namun tidak terjadi begitu saja. Kaki bengkak pasca melahirkan masih akan terjadi selama beberapa pekan. Kondisi ini tentu sangat menganggu sekali, kan?

10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Melahirkan
haibunda.com

Tapi, tidak perlu khawatir ya, Moms. Karena ada beragam cara untuk mengatasinya yang cukup dilakukan di rumah. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat, latihan ringan serta merelaksasi kaki. Nah, untuk lebih jelasnya bisa lihat keterangan di bawah ini, ya.

1. Lakukan Peregangan

Untuk mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan, kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan peregangan di sela-sela istirahat atau ketika bersantai. Gimana sih caraya? Yakni dengan berdiri dan berjalan-jalan kecil di sekitaran rumah. Perlu diingat ya, Moms, sebaiknya hindari duduk terlalu lama apalagi menghiabiskan waktu hanya untuk menonton tv. Dengan melakukan sedikit peregangan akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

2. Atur dan Tinggikan Posisi Kaki

Kaki akan terasa begitu kencang ketika sedang duduk maupun tidur. Agar jumlah cairan yang menyebabkan kaki bengkak bisa berkurang, kamu bisa mengatasinya dengan cara meletakkan ganjalan untuk kaki agar posisi telapak kaki berada lebih tinggi daripada bokong.

3. Minum Air Putih Lebih Banyak

Kaki bengkak pasca melahirkan memang disebabkan karena banyaknya cairan yang menumpuk. Namun hal tersebut sebaiknya jangan dijadikan sebagai alasan untuk mengurangi minum air putih, ya. Justru sebaliknya, kamu disarankan untuk memperbanyak minum air putih agar membantu mengurangi pembengkakan pada kaki. Hal ini bisa terjadi karena kekurangan cairan atau dehidrasa, yang memicu terjadinya penumpukan cairan pada tubuh yang akhirnya menimbulkan pembengkakan.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Salah satu cara mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan adalah dnegan melakukan olahraga ringan. Sebelum melakukannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mematikan kesiapan tubuh kamu dalam melakukan olahraga. Nah, olahraga apa saja sih yang bisa membantu pemulihan kaki yang bengkak? Olahraga yang bisa kamu lakukan cukup beragam, mulai dari yoga, berenang, hingga pilates. Usahakan kamu menghentikan olahraga ketika tubuh mulai terasa lelah, ya.

5. Mengompres dengan Es Batu

Es batu tidak hanya bisa menyegarkan dahaga saja, loh. Tapi juga bisa mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan. Ajaib, kan? Sebelum mengompresnya, lebih dulu kamu harus membalut es batu dengan ukuran sedang menggunakan kain atau handuk kecil, kemudian barulah kompres di area kaki yang bengkak.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Asin

Bagi kamu penikmat rasa asin, mungkin akan hambar rasanya jika kamu harus mengurangi garam pun yang lainnya. Tapi, ini menjadi salah satu cara efektif demi mengtasi kaki bengkak pasca melahirkan. Sebab, ketika kamu mengonsumsi makanan asin secara berlebih, cairan dalam tubuh justru akan semakin bertambah, dan pemulihan bengkak pada kaki pun akan menjadi lebih lama.

7. Hindari Makanan Olahan

Sama halnya seperti asupan garam yang terlalu banyak, mengonsumsi makanan olahan sebaiknya juga dihindarkan ya, Moms. Karena makanan olahan memiliki kandungan garam dengan jumlah yang tidak sedikit. Sehingga bukan tidak mungkin pembengkakan pada kaki akan sulit membaik. Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak makanan sumber protein dan serat yang meliputi telur, daging, ayam tanpa lemak, tahu, tempe, sayur, buah-buahan dan lain sebagainya.

8. Memijat Kaki

Ketika pembengkakan sudah mulai pulih, kamu bisa melakukan pemijatan pada kaki agar bengkak benar-benar hilang. Tujuan pemijatan ini adalah untuk meningkatkan sirkulasi dan meredakan penumpukan cairan berlebih di area kaki. Kamu bisa memijatnya sendiri ataupun meminta bantuan orang yang ada di rumah.

9. Kurangi Minuman Berkafein

Kamu salah satu pecinta minuman berkafein? Minuman ini harus kamu hindari ketika kaki sedang dalam keadaan bengkak. Sebab, minuman yang mengandung kafein dapat memicu tubuh kehilangan lebih banyak cairan, sehingga tidak akan memperbaiki kondisi pembengkakan pada kaki.

10. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Kaki yang membengkak pasca melahirkan tentu akan terasa tidak nyaman. Maka dari itu, cobalah perlakukan kaki sebaik mungkin. Bagaimana caranya? Ya, dengan menggunakan alas kaki yang senyaman mungkin. Misalnya dengan menggunakan sepatu yang nyaman dipakai, sehingga tidak akan membatasi ruang gerakmu. Sebaliknya, hindari pula pemakaikan sepatu dengan hak tinggi, ya. Karena selain membuatmu sulit bergerak bebas, sepatu berhak tinggi pun akan membuat kaki tidak nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.