8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam

8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
teen.co.id

Seruni.id – Siku dan lutut yang menghitam sangat menganggu penampilan, terutama kepercayaan diri. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan sangat mudah baik secara alami maupun menggunakan produk untuk memutihkan lutut dan siku. Tapi sebelum mengatasinya, alangkah lebih baik mencari tahu terlebih dahulu penyebab lutut hitam. Apa saja penyebabnya? Berikut ulasannya:

Penyebab Kulit Siku dan Lutut Gelap

Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya, mengapa terdapat tanda hitam dibawah lutut maupun di area siku. Ternyata hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, adapun penyebabnya sebagai berikut:

Ketebalan Kulit

Tahukah kamu, bahwa area lutut dan siku lebih tebal dibandingkan area sekitarnya. Sebagaimana yang dilansir dari laman Healthline, semakin tebal lapisan kulit, maka akan semakin tebal pula melanin atau lebih dikenal dengan pigmen kulit. Inilah yang menyebabkan kulit siku dan lutut tampak lebih hitam dibanding area lainnya.

Kulit Kering

Kedua area ini biasanya memiliki klenjar minyak dengan kandungan mnyak yang lebih sedikit daripada area lainnya. Hal inilah yang menyebabkan siku serta lutut mudah kering.

Terdapat Lipatan

Lutut dan siku merupakan bagian tubuh yang paling banyak lipatannya. Kedua bagian ini jarang sekali terjadi pengelupasan, maka jangan heran jika sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk di bagian tersebut.

Sering Mengalami Gesekan

Ketika melakukan aktivitas sehari-hari, tanpa sadar, kulit dan siku sering mengalami gesekan. Hal ini bisa menyebabkan kulit di dua area tersebut menjadi kering dan menjadi gelap.

Cara Mencerahkan Siku dan Lutut

Menghitamnya kulit pada area siku dan lutut memang membuat penampilan jadi kurang menarik. Tapi, kamu tidak perlu khawatir berlebih, karena kamu bisa mencerahkannya kembali dengan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Gula
8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
halodoc.com

Gula ternyata bukan hanya sekadar pemanis makanan maupun minuman saja. Sebab, gula juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan bagian lutut dan siku yang menghitam. Caranya dengan mencampurkan gula dan minyak zaitun pada sebuah wadah, lalu oleskan ke bagian yang dirasa memiliki warna gelap. Tekstur kasar pada gula ini mampu dijadikan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati, terutama pada kedua area tersebut.

2. Kunyit
8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
jawapos.com

Biasanya kunyit dijadikan sebagai salah satu bumbu pada masakan. Tapi, kali ini kamu bisa memanfaatkannya sebagai pencerah kulit bagian lutut dan siku. Cukup memarut kunyit secukupnya, lalu gosok merata pada kulit. Jika terlalu repot harus memarut sendiri, kamu bisa menggunakan kunyit bubuk yang dicampur dengan air mawar atau air hangat sampai menjadi pasta, barulah digosokan pada kulit. Fungsi dari kunyit ini, nantinya akan mengelupas sel-sel kulit mati dan menghilangkan warna belang pada kulit.

3. Yogurt
8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
recipes.timesofindia.com

Olahan dari susu fermentasi ini, bisa membantu mencerahkan kulit, membersihkan, serta melembabkan kulit secara alami. Untuk mengaplikasikannya, yogurt bisa kamu campurkan dengan air lrmon atau kunyit sebagai peeling lulur.

4. Almond
8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
indozone,id

Siapa yang tak tahu minyak almond? Minyak yang berasal dari kacang almond ini bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulitmu, loh. Sebab, minyak almond kaya akan nutrisi, bukan hanya membersihkan kulit saja, namun juga membuat kulit lebih sehat. Bagaimana cara menggunakannya? Yakni dengan menghancurkan kacang almond, kemudian campurkan dengan yogurt secukupnya, lalu dilanjut ke proses pengaplikasian ke kulit.

5. Kedelai
8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
sehatq.com

Kedelai juga dapat membantu mengurangi penampilan kulit gelap pada area siku dan lutut, loh. Bahan makanan satu ini dapat mengurangi timbulnya bercak hitam pada kulit. Tak hanya itu, kedelai juga memiliki sifat anti-penuaan, antioksidan, dan fotoprotektif yang baik untuk menunjang kesehatan sekaligus kecantikan kulit.

6. Ekstrak Buah Jeruk
8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
lifestyle.okezone.com

Berikutnya adalah ekstrak buah jeruk. Buah dengan rasa asam manis ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari sekaligus membantu mencerahkan kulit. Menurut sebuah studi yang dirilis dalam SOFW Journal membuktikan bahwa ektrak dari buah jeruk dapat meningakatkan warna kulit dan mencerahkannya dengan efek samping minimal.

7. Kentang
8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
klikdokter.com

Bahan makanan yang kaya akan enzin ini, secara alami dapat mencerahkan warna kulitmu, terutama pada bagian siku dan lutut. Menggunakan kentang secara rutin akan membuat kulitmu lembut dan membantu menghilangkan area gelap, baik di lutut maupun di siku. Caranya, parut kentang, peras jusnya, dan oleskan ke kulitmu. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Kamu juga bisa menggosok lututmudengan potongan kentang yang sudah diiris sekitar 10-15 menit kemudian bersihkan.

8. Soda Kue
8 Cara Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam
aladokter.com

Ternyata scrub tidak hanya bisa dibuat dengan gula dan minyak zaitun saja. Namun, juga bisa menggunakan soda kue. Caranya adalah dengan mencampurkan soda kue dengan air secukupnya, jangan terlalu encer, biarkan sedikit mengental. Oleskan pada kulit tangan, siku, maupun kulit kaki. Scrub dari soda kue ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati di kulit tangan maupun kulit wajah.

Baca Juga: Penyebab Ketiak Menghitam dan Cara Menghilangkannya

Itulah beberapa bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk mencerahkan area siku dan lutut. Namun, jika ternyata kulitmu cenderung sensitif dan mudah iritasi, sebaiknya kamu tanyakan dulu pada dokter ahli kulit untuk menghindari dampak negatif ini. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.