8 Cara Mengatasi Insomnia Setelah Melahirkan

8 Cara Mengatasi Insomnia Setelah Melahirkan
parenting.orami.co.id

Seruni.id – Setelah melahirkan anak pertama, seorang ibu perlu melakukan adaptasi agar dapat menjalani perubahan dalam hidup dengan baik. Pasca melahirkan, kamu masih harus melalui banyak perjuangan, antara lain sibuk mengurusi bayi, proses menyusui dan menjalani masa nifas. Insomnia setelah melahirkan pastinya akan terjadi dalam masa adaptasi ini.

8 Cara Mengatasi Insomnia Setelah Melahirkan
nakita.grid.id

Padahal, kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental seseorang. Jika kamu ingin mengatasi insomnia setelah melahirkan, tak perlu kahwatir, karena Seruni telah merangkum beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan. Seperti apa? Simak baik-baik di bawah ini, ya.

1. Mandi dengan Air Hangat

Bagi kamu yang sulit tidur setelah melahirkan, bisa diatasi dengan mandi menggunakan air hangat. Sebab, air hangat dapat memberikan sejumlah dampak positif dan akan membuat kamu lebih tenang, rileks, serta membuat kadar hormon stabil. Sebaiknya, lakukanlah hal ini ketika hendak tidur, setelah itu kamu bisa mengoleskan minyak esensial beraroma yang menenangkan pada sekujur tubuh. Jangan lupa memilih pakaian tidur berbahan katun yang nyaman agar kamu bisa beristirahat.

2. Melakukan Pijat Sebelum Tidur

Meski kegiatan ini terkesan sederhana, namun melakukan pemijatan sebelum tidur bisa memberikan efek yang sangat baik untuk tubuh, terlebih bagi kamu yang memiliki masalah sulit tidur pasca melahirkan. Kamu bisa meminta pasanganmu untuk memberikan pijatan lembut di bagian-bagian tertentu yang terasa pegal. Perlu diketahui bahwa pijatan ringan di beberapa titik sangat baik dilakukan karena dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Bukan hanya itu, pijatan ringan pun akan membantu tubuh mengeluarkan hormon endrofin sehingga dapat mengurangi tingkat stres. Pijatan mampu menjaga kondisi fisik dan psikis untuk mengatasi susah tidur setelah melahirkan.

3. Hindari Penggunaan Perangkat Elektronik

Agar insomnia setelah melahirkan tidak berlanjut dan semakin parah, sebaiknya ketika hendak tidur jauhkanlah segala macam perangkat elektronik dari jangkauan. Terutama smartphone. Sebab, blue screen yang dipancarkan oleh layar dapat menganggu persiapan tubuh saat sudah waktunya tidur. Demi mengatasi susah tidur setelah melahirkan, ada baiknya untuk mengurangi paparan perangkat elektronik. Cobalah untuk mematikan TV, laptop, handphone, atau komputer setidaknya satu jam sebelum tidur. Meski terkesan sepele, namun dengan mengurangi paparan dari perangkat elektronik akan membuat tubuh jauh lebih rileks dan tidur pun akan lebih nyenyak.

4. Relaksasi

Siapa bilang bahwa wanita sehabis melahirkan tidak boleh berolahraga? Meski masa pemulihan setiap orang berbeda-beda, namun kamu bisa memilih jenis olahraga ringan dan membuatmu nyaman. Lakukan gerakan meditasi dan yoga menjelang tidur. Tidak perlu melakukan pose yang rumit. Cukup duduk dengan posisi bersila, hela napas dan buang berlahan sampai kamu merasa rileks.

5. Perhatikan Kondisi Lampu

Seperti halnya perangkat elektronik, kondisi lampu pun perlu diperhatikan sesaat menjelang tidur malam. Usahakan untuk tidak menyalakan lampu ketika kamu bangun untuk menyusui. Apalagi, jika pencahayaan lampu cukup terang. Pasalnya, lampu yang terlalu terang secara implicit akan membuat tubuh memberikan sinyal dalam membedakan siang dan malam hari.

Bagi kamu yang terbiasa tidur dengan lampu menyala, cobalah untuk beristirahat dengan lampu sedikit temaram. Cahay lampu yang redup akan menyejukan kamar dan membantumu mudah mengatur siklus tidur dan bangun setiap harinya. Saat akan mempersiapkan perlengkapan menyusui, bahwalah lampu kecil sehingga kamu tidak tergoda untuk membuka smartphone dan justru melakukan aktivitas lainnya.

6. Mengonsumsi Teh Herbal

Selain dengan cara di atas, mengatasi insomnia setelah melahirkan bisa dilakukan dengan memanfaatkan teh herbal. Di antaranya dengan mengonsumsi teh chamomile. Teh jenis ini dipercaya mampu memberikan perasaan tenang dan membuat kualitas tidur membaik. Sebuah penelitian menunjukan, ibu hamil yang mengonsumsi teh chamomile selama dua pekan pasca melahirkan, memiliki kualitas tidur yang baik.

7. Tidur Saat Anak Tidur

Tidur ketika si kecil tidur merupakan salah satu solusi yang kerap dilakukan oleh orangtua zaman dulu. Tapi, cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi insomnia setelah melahirkan. Jadi, usahakan untuk segera memejamkan mata ketika buah hati sudah kenyang dan tidur. Jangan lantasa tergoda dengan aktivitas lainnya yang justru akan menganggu jam tidurmu.

8. Diskusikan dengan Suami

Cara yang berikut ini tak kalah penting dengan cara yang telah disebutkan di atas. Yakni adalah mendiskusikan segala sesuatunya pada pasangan, tak terkecuali masalah waktu istirahat. Jelaskan pada pasanganmu seperti apa kondisi yang kamu alami, berterus terang padanya jika memang kamu lelah dan butuh istirahat. Contoh, kamu dapat memerah ASI ke dalam botol untuk kemudian suami bergantian memberikannya pada jam si kecil menyusui. Hal ini akan membuatmu perlahan mengere keharuan bergadang.

Baca Juga: 20 Cara Cepat Tidur untuk Kamu Pengidap Insomnia

Itulah delapan cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi susah tidur pasca melahirkan. Jika gangguan tidur tidak kunjung reda, cobalah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat. Semoga informasi di atas bisa membantu. Tetap semangat selama menjaga dan membesarkan si kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.