8 Efek Buruk Terlalu Sering Mandi Malam untuk Kesehatan

8 Efek Buruk Terlalu Sering Mandi Malam untuk Kesehatan
Liputan6.com

Seruni.id – Mandi malam memang terasa menyegarkan, apalagi ketika hendak tidur. Meski kebiasaan ini bukanlah hal baik bagi kesehatan tubuh, namun tetap saja banyak yang melakukannya.

8 Efek Buruk Terlalu Sering Mandi Malam untuk Kesehatan
kumparan.com

Ada beberapa situasi yang menyebabkan seseorang hobi mandi pada malam hari. Seperti memang baru selesai beraktivitas pada jam tersebut atau alasan lainnya. Hal ini taka pa dilakukan jika situasi memang menuntut demikian. Namun, hal ini tentu berbeda jika kamu sengaja melakukannya. Sebab, kamu akan berisiko terserang beberapa penyakit berikut ini.

1. Memicu Demam

Di malam hari, tubuh mengalami peningkatan pada malam hari dan menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Jika kamu mandi di malam hari, maka air yang dingin akan meresap masuk dan bercampur dengan suhu panas tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kekebalan tubuh menurun dan tubuh akan lebih rentan mengalami demam.

2. Menyebabkan Penuaan Dini

Banyak kebiasaan yang dapat menyebabkan penuaan dini, salah satu yang sering tidak disadari adalah kebiasaan mandi pada malam hari. Beberapa orang mengatakan, bahwa tubuh tidak akan kuat jika menerima rangsangan air dingin ketika mandi di malam hari. Hal ini akan menghasilkan peningkatakan metabolism. Untuk itu, tubuh memerlukan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi guna menstabilkannya.

3. Menyebabkan Asam Urat

Efek buruk yang selanjutnya, dapat menyebabkan penyakit asam urat. Kondisi ini bisa menyebabkan gejala nyeri yang sangat luar biasa, pembengkakan, hingga rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Penting sekali untuk diketahui, bahwa mandi di malam hari akan membuat tubuh memproduksi zat purin dalam jumlah yang cukup besar. Sehingga kadar asam urat di dalam tubuh akan meningkat. Alhasil, kondisi ini menyebabkan ginjal tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

4. Menambah Risiko Masuk Angin

Ketika kamu mandi di malam hari, namun dalam kondisi suhu tubuh yang masih tinggi, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mengalami masuk angin. Jika memang ingin mandi di malam hari, gunakanlah air hangat atau tidak usah mandi sama sekali, cukup membasuh wajahmu saja.

5. Menyebabkan Rematik

Efek berikutnya sepertinya masih berkaitan dengan meningkatnya potensi asam urat. Terlalu sering mandi di malam hari, bisa menyebabkan tubuh mengalami rematik. Ini merupakan salah satu penyakit autoimun, atau penyakit yang terjadi pada peradangan sendi. Sehinga, seseorang yang mengalami penyakit ini, akan merasakan sakit-sakit pada persendian. Meski penyebabnya belum jelas, namun menurut para ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif.

6. Menyebabkan Paru-paru Basah

Mandi di malam hari juga bisa memicu timbulnya penyakit paru-paru basah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena ketika mandi di malam hari, bisa menyebabkan tubuh terinfeksi oleh virus dan bakteri. Adapun gejala-gejala yang muncul jika seseorang terkena penyakit paru-paru basah, ia akan mengalami batuk berdahak, kesulitan bernapas, atau sampai tubuh menggigil. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kurangilah kebiasaan mandi malam hari karena bisa memancing penyakit berbahaya seperti paru-paru basah ini muncul.

7. Menganggu Metabolisme Tubuh

Di malam hari, suhu tubuh akan melemah dan perlu untuk beristirahat. Mandi air dingin pada malam hari dapat menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.

8. Menyebabkan Pilek

Malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat, mandi di malam hari juga dapat menyebabkan tubuh kita masuk angin dan terasa panas. Apalagi, kalau suhu tubuhmu saat mandi masih tinggi dan terasa panas.

Baca Juga: 9 Manfaat Mandi Susu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itulah beberapa efek yang membahayakan tubuh jika terlalu sering mandi di malam. Mengerikan, ya? Untuk terhindari dari hal-hal di atas, mulai sekarang perlahan-lahan dihentikan yuk kebiasaan tersebut, agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.