9 Keutamaan Istighfar yang Sangat Luar Biasa

9 Keutamaan Istighfar yang Sangat Luar Biasa
jatman.or.id

Seruni.id – Setiap manusia, tak luput dari salah dan dosa. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam, ketika kita melakukan dosa, dianjurkan untuk bertaubat serta beristighfar. Nah, kalimat istighfar atau astaghfirullah, yang memiliki arti “Aku memohon ampun kepada Allah” ini, merupakan salah satu kalimat yang sangat istimewa. Selain itu, juga memiliki keutamaan serta manfaat bagi yang terus melafalkannya karena Allah Ta’ala. Apa saja keutamaannya?

9 Keutamaan Istighfar yang Sangat Luar Biasa
google.com

1. Dosanya Diampuni

Barangsiapa yang mengamalkan kalimat istimewa ini kerena Allah, dosanya akan diampuni. Sebagaimana yang telah Rasulullah sabdakan,

“Allah telah berkata, “Wahai hamba-hambaku, setiap dari kalian pasti berdosa kecuali aku jaga. Maka beristighfarlah kepadaku, niscaya kalian aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa aku punya kemampuan untuk mengampuni dosa-dosanya, maka aku akan mengampuninya dan aku tidak peduli seberapa banyak dosanya.” (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi).

Jadi, sekelam apapun masa lalumu, hanya akan menjadi masa lalu yang tak akan bisa diputar kembali. Yang terpenting adalah masa depanmu. Segeralah bertaubat kepada Allah SWT. Karena sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

2. Dicintai oleh Allah SWT

Siapa sih yang tidak ingin dicintai oleh Rabb Semesta Alam? Betapa bahagianya jika kita dicintai oleh-Nya, melebihi rasa bahagia kita dicintai oleh pasangan. Jika kita ingin dicintai oleh Allah SWT, maka beristighfarlah. Karena Allah mencintai orang-orang yang bertaubat serta mensucikan diri.

Rasulullah pernah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah SWT. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak mempunyai dosa.” (HR. Ibnu Majah)

Selain sabda di atas, juga telah difirmankan oleh Allah SWT di dalam kitab suci Al-Qur’an, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqoroh: 222).

3. Dijauhkan dari Rasa Malas

Rasa malas bisa menghampiri siapa saja. Malas tentu saja bisa menghalangi kegiatan seseorang. Contohnya dalam hal beribadah kepada Allah SWT. Namun, ketika kita mengucapkan istighfar, rasa malas tersebut dapat hilang seketika. Dalam Hadist Riwayat Muslim nomor 2702, Nabi Muhammad SAW bersabda yang sartinya,

“Ketika hatiku malas, aku beristighfar kepada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.”

4. Dimudahkan Segala Urusannya

Keutamaan istighfar juga dijanjikan Allah SWT, dapat memberikan jalan keluar dari segala masalah hidup yang terjadi. Kalimat istighfar pun bisa menambah rezeki seseorang. Dalam Hadist Riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya,

“Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.”

5. Allah Akan Menambahkan Kesejahteraan Hidup Bagi yang Beristighfar

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, seseungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan deras, dan membanyakan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).

Jadi, ketika kamu belum juga dipercayakan untuk memiliki keturunan, maka disarankan untuk memperbanyak istighfar kepada Allah SWT. Yakin dan percayalah, Allah SWT itu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

6. Menjadi Orang yang Beruntung

Aisyah pernah berkata, “Beruntunglah, orang-orang yang menemukan istighfar yang banyak pada setiap lembar catatan harian amal mereka.” (HR. Bukhari).

Allah berfirman dalam Al-Qur’an, “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah SWT, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31).

7. Dihapus Kejelekannya dan Diangkat Derajatnya

Allah berfirman, “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Nisa’ [4]: 110).

8. Mendapatkan Balasan Surga

Allah berfirman, “Dan orang-orang yang apabila mengerjakan suatu perbuatan keji atau menganiaya dirinya sendiri, mereka ingat akan Allah SWT, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosanya selain Allah SWT ? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya adalah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang didalamnya mengalir sungai-sungai. Sedang mereka kekal didalamnya, dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran : 135 – 136).

Baca Juga: Tips dan Doa Agar Menjadi Pribadi yang Ikhlas

9. Memberi Kelegaan Hati

Ketika kita melakukan suatu kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak, pastilah kesalahan yang dilakukan bisa tersimpan di hati dan menjadi beban pikiran tersendiri. Ketika pada akhirnya orang itu mengucapkan kalimat istighfar, maka secara tidak langsung orang tersebut berusaha untuk menghilangkan beban pikiran yang mengganggu tersebut, dan akhirnya pikiran dan hati akan terasa lebih lega.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.