Bagaimana Cara Agar Anak Senang Mengerjakan PR? Ini 6 Kuncinya!

lernin.com

Seruni.id – Bukan rahasia lagi jika anak merasa keberatan tiap kali harus mengerjakan PR, ya Bu? Namun, sebagai orang tua, kita tidak boleh kehabisan cara, apalagi kita pernah ada di posisi mereka. Jadi, kita harus memutar otak agar anak senang mengerjakan PR tanpa kita minta, tanpa kita perintahkan. Bagaimana caranya?

Bantu Anak Mengerjakannya

Related image
ravanhami.com

Saat kita mengupayakan semaksimal mungkin untuk membantu anak mengerjakan tugasnya, ini bisa menjadi cara agar anak senang mengerjakan PR. Kenapa? Karena dia merasa punya teman bertukar pikiran yang tepat, saat dia buntu dengan soal yang ada, bukan bantu menjawab, kita justru membantunya mencarikan jalan keluar, yang sebisa mungkin tetap dia yang menemukan jawabannya. Kebayang, kan?

Berikan Fasilitas

Related image
shutterstock.com

Jangan lupa berikan fasilitas seperti alat tulis agar anak senang mengerjakan PR, karena ia merasa ditunjang proses belajarnya. Poin ini tidak bermaksud memanjakan anak dengan fasilitas yang berlebih, ya. Namun, mengajarkan anak memanfaatkan tiap-tiap apa yang dia punya. Jadi, kalau kita sudah menyediakan tempat untuk belajar di rumah yang nyaman, apalagi alasan anak untuk tidak bahagia berada di sana?

Buat Jadwal

Image result for help children to make homework
nannyoptions.ie

Salah satu cara agar agar anak senang mengerjakan PR tanpa disuruh dan diminta, bisa dengan cara membuat jadwal. Kita dan anak perlu membuat kesepakan lebih dulu, kapan waktu yang tepat untuk anak belajar dan membuat PR, dan kapan waktunya bermain. Usahakan agar memlih waktu setelah beristirahat. Misalnya, jika siang dipakai untuk tidur, maka jam 4 sampai 5 sore setelah mandi, saatnya mereka mengerjakan PR.

Baca Juga: 5 Aktivitas di Bulan Ramadhan yang Bisa Melatih Kecerdasan Anak

Dampingi

Related image
jamesriverarmory.com

Jika di awal kita membantunya mengerjakan PR, kali ini kita hanya perlu mendampingi. Cara agar anak senang mengerjakan PR adalah dengan mendampinginya. Kenapa? Karena dia tidak merasa sendirian, dia tidak merasa orang tuanya sibuk dengan dunianya sendiri, dia justru merasa, tiap kali mengerjakan PR, menjadi waktu yang berharga karena ada orang tua di sampingnya. Meskipun kita sibuk dengan pekerjaan di gadget, jangan sampai kita tidak menjawab pertanyaan dan perkataannya, ya.

Perhatikan Asupan Makannya

Image result for asupan makan anak
tempo.co

Bagaimana anak bisa fokus belajar kalau perutnya lapar? Jadi, agar anak senang mengerjakan PR, kenyangkan dulu perutnya. Biarkan dia menyantap makanan yang kita masak. Kalau bisa, dan sedang ada rezeki, kita bisa siapkan makanan kesukaannya. Setelah perut kenyang, dia akan senang dan semangat mengerjakan tugas rumahnya, sekalipun tidak kita minta.

Siapkan Sumber Materi

Related image
playfulnotes.com

Strategi ini bisa kita manfaatkan agar anak senang mengerjakan PR. Karena, saat mereka mendapatkan sumber materi yang berbeda, tentu akan menimbulkan semangat dan rasa penasaran. Selain itu, kita juga bisa menggunakan cara yang lebih menyenangkan, seperti dalam bentuk permainan. Misalnya, saat si kecil belajar konsep-konsep matematika, kita bisa mengajarkannya menggunakan potongan-potongan kecil permen untuk membantu angka-angkanya. Setelah menemukan jawaban? Dia boleh mengunyah permen secukupnya.

Semoga setelah membaca artikel ini, si kecil di rumah akan menjadi anak yang tidak menatap pekerjaan rumah sebagai beban, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.