5 Trik Jitu Agar Makanan Tak Mubazir Saat Ramadhan

5 Trik Jitu Agar Makanan Tak Mubazir Saat Ramadhan
hellosehat.com

Seruni.id – Selama bulan puasa, banyak orang memilih untuk menyimpan bahan makanan yang akan digunakan sebagai menu sahur dan berbuka. Namun sayangnya, tak jarang makanan tersebut justru berakhir di tempat sampah terbuang sia-sia. Agar makanan tak mubazir saat Ramadhan, berikut Seruni berikan tipsnya.

5 Trik Jitu Agar Makanan Tak Mubazir Saat Ramadhan
persagibandung.org

1. Belanjalah dengan Bijak

Selama ini mungkin kamu berbelanja tanpa ada daftar belanjaan apa saja yang ingin dibeli. Mulai saat ini, agar makanan tak mubazir, lebih bijak dan cermatlah dalam membeli bahan makanan, ya. Buatlah daftar belanjaanmu, dan harus patuh pada daftar yang ada. Tapi sebelum membuatnya, cek terlebih dahulu stok produk makanan di rumah. Hindari melakukan pembelian impulsif.

Sering kali membuat kita membeli bahan-bahan yang tidak terlalu penting, dan menggandakan barang-barang yang sudah dimiliki di rumah. Untuk membuat daftat belanja, buat menu makanan untuk satu atau dua minggu, dan buat daftar belanja untuk mengakomodasi semua makanan dan makanan ringan.

2. Gunakan Bahan Sisa

Ketika ingin membuat makanan untuk berbuka puasa, pastikan untuk memikiran cara menggunakan sisa makanan. Rencanakan setidaknya satu sisa makanan siang atau malam seriap minggu. Hal ini dilakukan bukan hanya agar makanan tak mubazir saja, tapi juga menjaga limbah makanan seminimal mungkin.

3. Tidak Menyimpan Sayur dan Buah Secara Bersamaan

Berdasarkan laporan dari Universitas Cornell mengenai cara penyimpanan buah dan sayuran, sejumlah buah mengeluarkan gas etilen atau hormone yang mendorong pematangan. Oleh karena itu, jangan sampai kamu menyimpan sayur dan buah secara bersamaan, ya. Karena hanya membuat sayuran menjadi lebih cepat membusuk. Sebaiknya, taruhlah sayuran di rak khusus, dan buah-buahan di laci atau mangkuk buah. Dengan begitu, makanan akan tetap awet menghindari mubazir.

4. Simpan di Tempat Kedap Udara

Makanan seperi seral, pasta, dan kerupuk akan cepat basi ketika dibiarkan terbuka begitu saja. Dan akhirnya, makanan tersebut justru akan terbuang sia-sia. Nah, untuk memperpanjang usianya, simpanlah makanan tersebut di tempat kering, masukkan ke dalam toples atau tabung yang kedap udara. Menyimpan jenis bahan makanan ini dalam wadah kedap udara akan membantu mempertahankan kesegarannya lebih lama.

5. Atur Cara Menaruh Makanan

Tips agar makanan tak mubazir, alangkah baiknya kamu bisa menggunakan sistem FIFO atau First In First Out, jadi item yang masuk terlebih dahulu harus digunakan sebelum bahan yang dibeli beberapa hari kemudian. Letakkan barang-barang baru di belakang, dan simpan barang-barang yang sudah dibeli dari jauh-jauh hari di bagian depan rak. Selain itu, gunakan label pada wadah makanan untuk membantu mengaturnya.

Baca Juga: Trik Aman Menyimpan Makanan di Kulkas Saat Listrik Padam

Jadi, sudah tahu kan gimana caranya agar makanan tak terbuang begitu saja? Kunci utamanya adalah bijak dan cermat. Pastikan menyetok makanan secukupnya dan tak berlebihan. Jangan sampai kita membuang-buang makanan, terutama di bulan Ramadhan seperti sekarang. Nabi Muhammad mengajarkan kita untuk hidup secukupnya, tidak berlebih-lebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.