Tak Bisa Mudik Karena Corona? Ini 7 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan

Tak Bisa Mudik Karena Corona? Ini 7 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan
pastelbooks.id

Seruni.id – Momen lebaran tentu selalu identik dengan tradisi mudik atau pulang kampung. Mengunjungi keluarga besar yang telah lama tak berjumpa, sambil menghabiskan masa libur lebaran dengan berjalan-jalan di kampung halaman. Sayangnya, tahun ini kita tak bisa lagi melakukan tradisi mudik seperti tahun sebelumnya.

Tak Bisa Mudik Karena Corona? Ini 7 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan
thegorbalsla.com

Sebab, seperti yang kita tahu, virus Corona tengah mewabah di Indonesia. Menghindari mudik, menjadi salah satu cara untuk memutus rantai penyebarannya. Hal ini pun sudah menjadi kebijakan pemerintah. Bagi para perantau, mungkin sangat sedih ketika mengetahui hal ini. Lalu, bagaimana cara merayakan hari raya Idul Fitri nanti, tanpa pulang kampung? Tenang saja, tak perlu panik ataupun sedih berlebihan, kamu bisa melakukan sederet aktivitas berikut ini agar lebaranmu semakin seru.

1. Video Call

Tak bisa mudik karena Corona, bukan berarti kamu tidak bisa silaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan layanan video call hingga puluhan orang. Nah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi tersebut sebagai sarana berkomunikasi. Kalau bosan melakukan video call dengan wajah atau background yang itu-itu saja, banyak pula aplikasi yang menyediakan fitur filter dan juga background yang lucu, sehingga kamu tidak akan bosan.

Dengan video call, bahkan kamu bisa menghemat dana, loh. Karena hanya membutuhkan paket data saja. Sedangkan, uang yang semula untuk biaya pulang kampung bisa dialokasikan untuk hal-hal lain yang menurutmu penting. Seperti misalnya mengirimkan uang lebih banyak untuk orangtua, saudara, hingga menabung sebagai dana cadangan.

2. Berkumpul dengan Teman yang Senasib

Silaturahmi itu, tak hanya dengan keluarga saja. Bisa dengan teman lama, atau teman yang memang senasib denganmu. Tapi harus diingat, tidak perlu berkumpul dalam jumlah banyak, ya. Maksimal hanya empat orang. Karena di masa pandemi seperti saat ini, ada larangan untuk tidak membuat kerumunan lebih dari lima orang. Bersama teman-temanmu itu, kamu bisa merencaranakan acara bersama sehingga hari lebaran tetap seru.

3. Berburu Diskon

Untuk mengibur hati yang sedih karena tak bisa mudik, kamu bisa melakukan hal yang kamu suka, misalnya saja berburu diskon. Tapi, mengingat sedang physycal distancing, jadi tetaplah berdiam diri di dalam rumah, dan silahkan berbelanja secara online sesuai dengan budget yang kamu miliki. Ingin membeli baju baru? Boleh kok. Tak ada salahnya kalau kamu ingin menyenangkan diri sendiri dengan cara ini. Dengan menggunakan baju baru, setidaknya kamu bisa sedikit merasa nuansa hari raya yang istimewa meski tidak pergi ke mana-mana.

4. Mengirim Paket Lebaran

Meski tidak bisa hadir dalam silaturahmi bersama keluarga di kampung halaman, kamu masih bisa mengirimkan paket atau hadiah kepada para kerabat. Pilih hadiah yang sesuai dengan kemampuanmu. Jangan lupa tambahkan pesan singkat agar hadiah tersebut semakin berkesan.

5. Memasak Hidangan Lebaran

Tak perlu berkecil hati meski merayakan hari raya Idul Fitri seorang diri, kamu bisa membuat ketupat dan hidangan lebaran lainnya dengan tanganmu sendiri. Beli bahan-bahannya di pasar atau supermarket terdekat. Kalau kamu tinggal di rumah kos, kamu bisa mengajak teman-teman yang tidak mudik untuk berbelanja dan memasak bersama. Kalau kamu belum pernah memasak hidangan ini sebelumnya, kamu bisa mengecek tutorialnya melalui YouTube.

6. Membeli Kue Lebaran

Hal yang satu ini juga termasuk cara untuk jaga solidaritas saat pandemi seperti sekarang. Karena lebaran kali ini tidak semeriah biasanya, sudah pasti penghasilan para penjual kue kering akan menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Maka dari itu, kalau kamu ikut membeli, kamu akan membantu mereka tetap bertahan dengan usahanya. Tak perlu membeli banyak jenis, kamu membeli nastar atau kastengel saja sudah lebih dari cukup. Bukankah dua kue kering ini sangat khas saat hari raya Idul Fitri?

7. Beristirahat

Setelah sebulan penuh berpuasa dan mengisi waktu dengan banyak beribadah, lebaran di tengah pandemi ini sangat cocok untuk kamu gunakan untuk beristirahat. Kalau sebelumnya bulan Ramadhan sampai lebaran terasa sangat cepat karena kita masih sibuk melakukan banyak kegiatan di kantor, lebaran kali ini boleh jadi akan terasa sangat berbeda.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Mudah Jatuh Sakit Saat Mudik Lebaran

Kalau kamu, apa rencana lebaran kamu tahun ini? Walaupun harus di rumah saja, jangan pernah kehabisan ide kreatif untuk merayakan hari kemenangan bersama keluarga, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.