Agar Usus Bersih, Konsumsi 6 Makanan Sehat Ini

lifestyle.kompas.com

Seruni.id – Usus yang sehat adalah dasar dari tubuh yang sehat. Penyakit yang disebabkan oleh kotoran tubuh kita banyak terdapat dari usus besar. Sayangnya, banyak dari kita yang merasa kurang memperhatikan kesehatan pencernaan ini. Faktanya, sekitar 70 persen sel-sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh, berada di dinding usus kita. Namun, pencernaan yang lamban akibat pola makan yang dan kualitas makanan yang buruk dapat merusak pencernaan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui makanan sehat apa saja yang harus kita konsumsi agar usus bersih. Berikut ulasannnya:

Sayuran Hijau

google.com

Tekstur sayur mayur yang berserat dapat membersihkan usus kita dari racun dan kotoran yang menempel di dinding. Di dalam sayuran juga terkandung mineral dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melindungi diri dari racun. Namun sebenarnya, sayuran yang baik yaitu sayuran yang dimasak dengan cara direbus atau dijadikan lalapan. Jikapun ingin ditumis ataupun digoreng, sebaiknya gorenglah menggunakan minyak zaitun agar menambah nutrisi dari keduanya.

Buah-buahan

arah.com

Agar usus bersih, tidak cukup hanya mengonsumsi sayuran saja. Kita pun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan. Sebab, buah kaya akan manfaat bagi tubuh dari ujung kaki sampai kepala. Terdapat beberapa buah-bauahn yang dapat membersihkan usus, diantaranya seperti lemon yang kaya akan viamin C dengan antioksidan tinggi pastinya akan membuat tubuh segera mengeluarkan kotorannya. Dan juga buah alpukat yang kaya akan omega 3 dengan manfaat mencegah perkembangan racun di dinding usus.

Air Putih

hellosehat.com

Usus yang dehidrasi secara terus-menerus, dapat menyebabkan sembelit. Kondisi ini akan menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Inilah sebabnya mengapa kita sangat dianjurkan minum air putih 8 gelas per hari. Jika kamu suka dan tidak memiliki masalah pada lambung, tambahkan tetesan lemon dan jeruk nipis sebagai penambah rasa.

Varian Teh

doktersehat.com

Selain air putih, agar usus bersih, kita juga dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai varian teh. Teh bisa membuang racun dari dalam rubuh kita, loh. Khususnya jika kita mengonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan dan mampu meningkatkan fungsi usus dengan membantu membersihkan usus. Ada pula yoghurt dan kefir, salah satu produk difermentasi yang mengandung oligosacchrides untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Chia Seed

hellosehat.com

Chia seed merupakan biji-bijian organik yang sedang populer untuk santapan bagi mereka yang melakukan program diet. Soal rasa, chia seed memiliki rasa yang cenderung hambar, untuk menyantapnya pun, kita perlu merendamkannya di dalam susu atau air selama beberapa menit, ataupun bisa dengan mencampurkannya dengan makanan lain seperti yoghurt atau oatmel.

Lada Ceyenne

hitput.com

Jika kamu adalah penggemar makanan pedas, tetapi tetap ingin pencernaan sehat, lada ceyenne adalah solusinya. Bahan makanan yangs atu ini merupakan senyawa pedas yang dapat membantu melancarkan pencernaan di tubuh. Selain itu, lada ceyenne juga bermanfaat untuk mencegah serangan jantung, loh.

Mengonsumsi makanan sehat dan minuman seperti yang disarankan di atas, dapat membersihkan usus. Dengan demikian, kesehatan pun akan turut terjaga. Jika kamu mengalami gejala gangguan pencernaan, sesegera mungkin untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.