Aneka Resep Bubur Manis untuk Berbuka Puasa, Dijamin Bikin Nagih!

masakapahariini.com

Seruni.id – Selama bulan Ramadhan, setiap orang tentu punya hidangan favoritnya masing-masing. Nah, untuk kamu pecinta makanan manis, bisa kamu coba nih beberapa aneka bubur manis yang nikmat dan juga hangat untuk berbuka nanti. Dijamin rasanya itu, bikin nagih terus. Selain nikmat, bubur manis juga dapat menggantikan energi tubuhmu yang hilang. Penasaran gimana resepnya? Langsung disimak aja deh di bawah ini.

1. Bubur Sumsum

Hasil gambar untuk Bubur Sumsum
liputan6.com

Membuat bubur manis yang satu ini, susah-susah gampang, loh. Gampangnya, karena kita hanya tinggal mencampur semua bahan dan mengaduknya. Susahnya adalah kadang bubur yang dihasilkan tidak halus dan lembut, bahkan cenderung keras. Tipsnya adalah penggunaan santan kental dan segar, agar bubur yang dihasilkan terasa lembut di lidah.

Bahan-bahan:

• 100 gram tepung beras
• 850 ml santan
• 6 lembar daun pandan
• 1/4 gula merah

Cara membuat:

• Siapkan santan sebanyak 650 ml, kemudian dibagi menjadi dua gelas.
• Rebus satu gelas santan dengan lima lembar daun pandan dengan api kecil. Kemudian, aduk-aduk agar santan tidak pecah.
• Lalu, ambil satu gelas santan, tuang secara perlahan pada tepung beras. Aduk terus, jangan sampai menggumpal. Dan jangan lupa tambahkan 1 sendok teh garam.
• Masukka adonan ke dalam santan yang sedang direbus. Aduk sampai semua tercampur rata. Jangan sampai ada gumpalan.
• Jika sudah tercampur, matikan api.
• Cincang gula merah, lalu masak dengan api kecil. Masukkan selembar daun pandan, tambahkan air secukupnya. Aduk perlahan hingga gulanya larut.
• Rebus sisa santan sebagai kuah.
• Sajikan bubur sumsum dengan cara: Ambil adonan lalu tuangkan gula merah dan kuah santan di atasnya.
• Bubur sumsum siap dihidangkan.

2. Bubur Ketan Hitam

Hasil gambar untuk Bubur Ketan Hitam
fimela.com

Bubur yang berbahan dasar ketan hitam ini, sangat cocok disantap saat berbuka puasa nanti. Untuk dapat mengolahnya, beras ketan hitam ini harus direndam dalam air kurang lebih 24 jam agar beras tersebut menjadi lunak. Bubur ini memiliki rasa manis dan dalam penyajian diberikan santan yang memiliki cita rasa gurih.

Bahan-bahan:

• 100 gram ketan hitam (rendam semalaman)
• 3 lembar daun pandan
• 100 gram gula jawa (diserut)
• 3 sendok makan gula pasir
• 1 sendok teh garam
• 1 liter santan kental

Cara membuat:

• Siapkan ketan hitam yang sudah direndam, kemudian cuci bersih.
• Rebus ketan hitam dengan air mendidih, beri irisan gula merah dan gula pasir.
• Pansakan santan, masukkan daun pandan, dan masak hingga mendidih.
• Terakhir, sajikan bubur ketan hitam dengan siraman kuah santan.

3. Bubur Sumsum Ubi Ungu

Gambar terkait
resepgulaku.com

Bubur sumsum menjadi salah satu sajian takjil yang lebih nikmat jika dionsumsi selagi masih hangat. Membuatnya pun sangat simpel, kamu bisa membuatnya sesaat sebelum berbuka puasa. Sesuai dengan namanya, bubur ini terbuat dari ubi ungu, sehingga warna yang dihasilkan terlihat sangat cantik.

Bahan-bahan:

• 150 gram tepung beras (diayak terlebih dahulu)
• 150 gram tepung ubi ungu
• vanili bubuk secukupnya
• 1 gelas air mineral
• 500 ml santan kental
• 500 ml santan cair
• 1/2 sendok teh garam halus
• 5 sendok makan gula pasir halus
• 3 lembar daun pandan

Saus gula merah:

• 300 gram gula merah
• 3 sendok teh gula pasir halus
• 3 lembar daun pandan
• 1/2 sendok makan garam halus
• Air mineral secukupnnya

Cara membuat:

• Siapkan tepung beras dan tepung ubi ungu dalam wadah kemudian campurkan 1 gelas air kedalam adonan, buat adonan agak cair sedikit bila kurang tambahkan santan cair sedikit untuk menambah kecairanya.
• Panaskan santan dengan menggunakan api kecil kemudian masukan daun pandan dan sedikit garam, aduk hingga rata.
• Tuangkan adonan tepung yang sudah dibuat tadi sampai mendidih, aduk terus hingga rata dengan menggunakan api sedang, tunggu samapai matang dan kental.
• Untuk pembuatan sausnya, rebus gula jawa merah dicampurgula pasir dan garam, aduk hingga matang, kemudian saring dan sisihkan.
• Siapkan bubur yang sudah jadi didalam mangkuk atau gelas, taburkan toping keju, kemudian lumuri dengan saaus gula merah.
• Bubur sumsum ubi ungupun siap dihidangkan.

4. Bubur Ganepo

Gambar terkait
womantalk.com

Bingung mengolah singkong untuk berbuka puasa? Nah, daripada bosan dengan sajian yang itu-itu saja, lebih baik jadikan singkong tersebut menjadi bubur ganepo dengan resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

• 300 gram singkok
• 500 ml santan cair
• 100 gram gula merah (sisir halus)
• 2 sendok teh gula pasir
• 1 sendok teh garam

Bahan kuah santan:

• 300 ml santan kental
• 1/2 sendok teh garam
• 1 sendok teh gula pasir
• 1 lembar daun pandan

Cara membuat:

• Cusi singkong sampai bersih, parut sampai halus.
• Sediakan panci, masak semua bahan bubur. Aduk perlahan selama proses memasak hingga bubur mengental, matikan kompor.
• Campur semua bahan kuah santan, masak hingga mendidih, matikan api.
• Untuk penyajiannya, masukkan bubut singkok ke dalam mangkuk, tuang dengan kuah santan, sajikan selagi hangat.

5. Bubur Pacar Cina

Hasil gambar untuk Bubur Pacar Cina
womantalk.com

Bubur pacar cina bisa dinikmati dengan atau tanpa es. Dua-duanya sama enaknya saat dihidangkan untuk berbuka. Cara membuatnya juga mudah banget kok. Tidak perlu waktu lama untuk menghasilkan bubur pacar cina ini.

Bahan-bahan:

• 100 gram pacar cina
• 250 ml air mineral (untuk merebus)
• 250 ml santan (100 ml santan instan plus 150 ml air)
• 100 gram gula pasir
• 2 lembar daun pandan
• 1 sendok teh garam

Cara membuat:

• Didihkan air, lalu rebus pacar cina sampai berubah warna dan mengambang, lalu tiriskan dan sisihkan.
• Masak santan, gula, garam, dan daun pandan, aduk hingga mendidih. Kemudian, masukkan pacar cina. Aduk rata, dan angkat.
• Bubur pacar cina siap dihidangkan saat berbuka puasa. Jika ingin lebih segar, bisa ditambahkan dengan es batu.

6. Bubur Sagu Mutiara

Gambar terkait
womantalk.com

Bubur Sagu Mutiara adalah bubursederhana yang bisa di hidangkan sebagai dessert hangat dan sangat cocok sebagai hidangan untuk buka pausa. Cara membuatnya pun mudah.

Bahan-bahan:

• 250 gram sagu mutiara
• 500 ml air
• 150 gram gula pasir
• 2 lembar daun pandan
• 1 liter air (untuk merendam)

Bahan saus santan:

• 250 ml santan
• 1/2 sendok teh garam
• 1 lembar daun pandan

Cara membuat:

• Rendam sagu mutiara dalam air 1 liter selama 1 jam, tiriskan.
• Masak 500 ml air, daun pandang, dan gula pasir hingga mendidih. Tuang sagu mutiara, masak terus sambil diaduk hingga kental dan mendidih, angkat.
• Masak semua bahan saus sambil diaduk agar santan tidak pecah. Mendidih, angkat.
• Sajikan bubur mutiara dengan saus santan.

7. Bubur Jagung

Gambar terkait
sajiansedap.grid.id

Jagung memang serba bisa dibbuat apapun. Mulai dari minuman hingga sup, rasanya tetap nikmat. Bubur jagung terbuat dari pipilan jagung yang diblender atau dihancurkan kasar, lalu dimasak dengan santan. Rasanya gurih dan manis sangat cocok untuk berbuka puasa.

Bahan-bahan:

• 2 buah jagung manis (pipil dan 1/2 bagiannya dihaluskan)
• 200 ml air
• 200 ml santan
• 50 gram keju parut
• 1/4 sendok teh gram
• 3 sendok makan susu kental manis
• 3 sendok makan tepung maizena
• 1 lembar daun pandan

Cara membuat:

• Rebus jagung yang telah dipipil dan dihaluskan dengan air hingga empuk.
• Masukkan santan dan daun pandan sambil diaduk.
• Masukkan maizena yang telah dicampurkan air, keju parut, garam, susu kental manis, dan diaduk hingga air berkurang dan menjadi bubur.
• Tuang ke dalam mangkuk saji, taburi keju parut, dan sajikan.

8. Bubur Kacang Hijau

Hasil gambar untuk Bubur Kacang Hijau
happyfresh.id

Bubur kacang hijau atau burjo memang bisa ditemui di luar bulan puasa, tetapi tetap banyak orang yang menjual bubur ini sebagai takjil. Seperti namanya, bubur manis yang satu ini berbahan dasar kacang hijau yang direndam selama beberapa jam, hingga teksturnya melunak seperti bubur. Rasanya manis dan akan semakin mantap jika ditambahkan kuah santan.

Bahan-bahan:

• 250 gram kacang hijau (cuci bersih dan rendam selama 1 jam)
• 2 liter air mineral
• 100 gram gula merah (iris halus)
• 150 ml santan kental
• 4 sendok makan gula pasir
• 2 cm jahe (memarkan)
• 2 lembar daun pandan

Cara membuat:

• Rebus kacang hijau yang telah direndam dengan 1 liter air hingga matang dan empuk. Sisihkan.
• Rebus gula merah dan gula psir dengan 500 ml air. Tunggu hingga larut.
• Setelah gula pasir larut dan mendidih, tuang ke dalam air rebusan kacang hijau dengan menggunakan saringan.
• Rebus kembali kacang hijau, masukkan daun pandan dan santan. Aduk sampai rata.
• Masukkan jahe dan juga garam. Aduk hingga santan berbusa.
• Bubur kacang hijau siap disantap selagi hangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.