Antara Sulam dan Pensil Alis, Mana yang Lebih Baik?

Antara Sulam dan Pensil Alis, Mana yang Lebih Baik
hellosehat.com

Seruni.id – Banyak wanita yang kini berlomba-lomba untuk mempercantik diri, mulai dari penampilan hingga riasan wajah. Apalagi, kini sedang ramai para wanita yang melakukan sulam alis. Katanya sih agar mereka tidak perlu repot-repot menggunakan pensil alis ketika berdandan, belum lagi penggunaannya cukup memakan waktu, karena antara satu alis dan alis lainnya harus tampak simetris.

Antara Sulam dan Pensil Alis, Mana yang Lebih Baik
priceprice.com

Melihat trend sulam alis ini, sebenarnya lebih baik yang mana sih antara sulam dan pensil alis? Daripada penasan, temukan jawabannya berikut ini, yuk!

Kelebihan dan Kekurangan Pensil Alis

1. Pensil Alis Lebih Natural

Ketika menggunakan pensil alis, sebisa mungkin kamu harus menggunakannya senatural mungkin. Apalagi kalau alismu memang sudah tebal. Sehingga kamu perlu mengontrol antara tangan dan pensil alis. Jika melihat alismu terlalu tebal dan lebar, kamu pun bisa menghapusnya dengan micellar water atau menutupnya dengan concelear. Namun, kalau kamu lebih senang bentuk alis yang tebal, tapi tetap terlihat natural, kamu juga bisa memadukannya dengan berbagai jenis pensil alis dan mengaplikasikannya sesuai dengan yang kamu inginkan.

2. Harga Pensil Alis Lebih Murah

Keuntungan menggunakan pensil alis bisa kamu lihat dari segi harga. Di mana pensil alis yang dijual di pasaran harganya masih sangat terjangkau, pastinya sangat ramah di kantong. Selain itu, penggunaannya pun sangat mudah dikontrol sebagaimana halnya kamu menggambar di kertas dengan pensil. Meski demikian, dibutuhkan pula ketelitian dan kesabaran dalam menggambar alis, agar hasilnya maksimal. Kamu juga bisa dengan mudah menghapus, menebalkan, membentuk, atau mewarnai alismu sesuka hati, loh.

3. Salah Membentuk? Tinggal Hapus dan Bentuk Lagi

Seperti yang sudah Seruni jelaskan pada poin sebelumnya, ketika kamu salah membentuk alis, kamu hanya perlu menghapus dan menggambarnya kembali. Namun, cara ini memang merepotkan sih, apalagi kalau kamu sedang terburu-buru, pastinya memakan waktu yang cukup banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Sulam Alis

1. Waktu Dandan Lebih Singkat

Sulam adalah salah satu cara untuk membentuk alis agar lebih tebal dan tampak sempurna. Biasanya, metode ini dilakukan oleh mereka yang memiliki alis tipis. Namun, tak menutup kemungkin bagi pemilik alis tebal untuk melakukannya juga. Sulam alis juga cocok sekali bagi kamu yang suka terburu-buru, hanya sekali melakukan sulam, alismu akan on point selalu. Jadi, kamu hanya perlu memakai bedak, lipstik, dan makeup lainnya yang dirasa perlu. Dengan begitu, kamu akan menghemat banyak waktu.

2. Butuh Budget yang Lumayan Banyak

Memang kamu hanya perlu melakukan sulam sekali saja untuk mendapatkan alis yang on point. Namun, kamu harus rela keluar banyak uang demi mendapatkan bentuk alis yang kamu inginkan. Biaya sulam alis sebenarnya sangat bervariasi, tergentung dari proses dan tempatnya. Biasanya sih, budgetnya mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Tapi, jika ingin melakukan sulam, sesuaikanlah dengan budget yang kamu miliki, ya.

3. Hasil Lebih Persisi, Tapi Sulit Dikontrol

Sulam alis atau yang disebut juga dengan microblading adalah suatu teknik dalam tata rias yang menggunakan sekumpulan jarum kecil untuk membentuk alis secara permanen, sesuai dengan gaya yang kamu inginkan. Biasanya, hasil dari sulam ini lebih bertahan lama daripada kamu menggunakan pensil alis, sulam akan bertahan hingga waktu 3 tahun.

Namun sayangnya, ketika kamu sudah melakukan sulam, kamu tidak bisa mengontrol ketebalannya dengan tanganmu sendiri. Sedangkan, kalau kamu merasa hasilnya kurang maksimal, ketebalannya masih kurang atau sudah menipis, kamu bisa menggunakan pensil alis.

4. Memiliki Risiko yang Mengerikan

Menyulam atau menggunakan pensil sama-sama memiliki risiko. Misalnya saja, jika kamu tidak cocok menggunakan suatu produk, maka kulitmu pun akan mengalami iritasi, gatal, dan kemerahan. Sementara, efek samping ketika melakukan sulam alis jika tidak menggunakan prosedur yang tepat adalah terjadinya kerusakan kulit epidermis dan saraf kulit, serta pendarahan, akibat goresan dan sayatan tipis dari jarum kecil di atas kulitmu.

Baca Juga: Benarkah Islam Melarang Wanita Melakukan Sulam Alis?

Jadi, itulah sisi positif dan negatif antara melakukan sulam dan menggunakan pensil alis. Kesimpulannya, sulam alis cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet dan punya budget banyak. Sedangkan kalau ingin berhemat, lebih baik gunakan pensil alis, meski masih berantakan, tapi lama-kelamaan kamu akan lihai, kok. Keduanya memang sama-sama ada kelebihan dan kekurangannya, tinggal kamu pilih saja sesuai dengan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.