5 Tips Memilih Jeruk Lemon Segar untuk Dikonsumsi

5 Tips Memilih Jeruk Lemon Segar untuk Dikonsumsi

Seruni.id – Siapa yang tak kenal jeruk lemon? Rasanya yang asam sering kali dimanfaatkan sebagai minuman kesehatan. Pasalnya, jeruk lemon mengandung senyawa kimia berupa asam sitrat, vitamin C, B1, dan mineral berupa kalsium, fosfor, zat besi hingga belerang.

5 Tips Memilih Jeruk Lemon Segar untuk Dikonsumsi

Meski buah lemon mudah kita temukan di pasar tradisional atau supermarket, tapi kamu perlu tahu nih tips memilih jeruk lemon segar untuk dikonsumsi. Bagaimana caranya?

1. Perhatikan Kulitnya

Tips memilih jeruk lemon yang segar, perhatikanlah bagian kulitnya. Ciri jeruk lemon yang segar, biasanya memiliki kulit yang mulus dan halus, tidak ada guratan, sayatan, memar ataupun hal lainnya. Lemon dengan permukaan kulit mulus juga dapat menjadi indikasi bahwa lemon tersebut memiliki kualitas yang baik.

2. Lihat Warnanya

Tips berikutnya, pastikan lemon yang kamu pilih sesuai dengan selera khususnya pada tingkat kematangannya. Lemon yang sudah matang, memiliki ciri khas warna yang berbeda. Untuk lemon lokal biasanya memiliki warna kuning muda, sedangkan lemon impor warnanya lebih tua. Meski memiliki kematangan sempurna, tapi lemon impor cenderung lebih harum dan rasanya pun tidak lebih asam dari lemon lokal.

3. Cium Aromanya

Buah yang tumbuh dan berkembang di dataran tropis ini, memiliki ciri khusus ketika masih dalam keadaan segar. Kamu bisa mengeceknya beradasarkan aroma. Jadi, sebelum membelinya, kamu perlu mengetahui aroma kesegarannya. Ciumlah aroma lemon dengan seksama. Biasanya lemon yang bagus, mempunyai aroma khas jeruk nan segar. Hindarilah memilih jeruk yang beraroma asam fermentasi, karena bisa dipastikan bahwa jeruk itu sudah tidak segar.

4. Memerhatikan Seluruh Bagian Buahnya

Buah lemon sering kali dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan minuman segar. Untuk itu, kamu perlu memerhatikan seluruh bagian buahnya, agar tak salah pilih. Cobalah perhatikan, apakah terdapat bintik-bintik coklat atau hitam pada permukaan kulitnya. Jika ada, berarti lemon tersebut sudah hampir busuk. Maka hindari membeli lemon yang berwarna kekuningan kusam dan berbintik.

5. Memiliki Bentuk yang Baik

Tips memilih jeruk lemon berikutnya, kamu harus memerhatikan bentuknya. Pilihlah lemon yang terlihat segar dan memiliki kulit yang juga masih baik, tidak berkerut maupun keriput. Lemon dengan kulit yang berkeriput ataupun berkerut bisa menjadi indikasi bahwa lemon tersebut telah lama dibiarkan sehingga kualitasnya pun menurun. Saat memilihnya pun, kamu juga harus memegang buah dan menentukan beratnya. Semakin berat buah dan tipis kulit lemon, maka memiliki banyak kandungan air di dalamnya.

Baca Juga: 6 Ekspresi Bayi Ketika Pertama Kali Memakan Lemon

Itulah tips memilih jeruk lemon yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kualitas yang terbaik. Setelah kamu berhasil menerapkan kelima cara di atas, langkah selanjutnya jangan lupa bersihkan lemon segar dengan kain lap untuk membuang bakteri-bakteri yang ada. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.