Apakah Layanganku Sudah Putus?

  • Bagikan
Apakah Layanganku Sudah Putus?
instagram.com/layanganputus.md

Seruni.id –  Dalam beberapa bulan terakhir ini, serial TV Layangan Putus menyorot perhatian masyarakat, kisah perselingkuhan suami yang diam-diam selingkuh dengan wanita lain membuat hati sang istri terluka.

Apakah Layanganku Sudah Putus?
layangan putus (instagram.com/layanganputus.md)

Kisah nyata yang diambil dari sebuah postingan seorang istri yang suaminya diam-diam menikah lagi dan berbulan madu ke Turki merupakan fenomena yang sedang terjadi di masyarakat.

Era digital dan media sosial saat ini telah menjadi sarana yang efektif untuk melakukan selingkuh. Pengalaman saya sebagai seorang konselor pernikahan, kasus selingkuh adalah kasus yang paling banyak terjadi, namun bukan hanya suami saja, beberapa kasus selingkuh juga dilakukan sang istri, walaupun prosentase selingkuh lebih banyak di lakukan suami.

Namun, di era modern ini selingkuh bukan hanya dilakukan kepada lawan jenis, namun juga kepada pasangan sejenis (homoseksual/biseksual).

 

Ciri-Ciri Layangan Sudah Putus

Banyak pasangan yang tidak menyadari ketika suaminya atau istrinya selingkuh, mereka terlena dengan akitfitas dan rutinitas, namun orang selingkuh tentu saja dia menyembunyikan sesuatu yang tentu saja akan terlihat dari perubahan sikap, berdasarkan pengalaman kisah klien-klien saya, berikut adalah ciri-ciri pasangan yang selingkuh:

 

1. Lebih Sibuk dari Biasanya

Pasangan yang selingkuh lebih banyak menghabiskan waktu di luar, dengan alasan pekerjaan, bahkan ada kasus di mana istri sering mengantarkan suaminya untuk rapat di hotel, dan belakangan akhirnya ketahuan kalau ke hotel untuk bertemu dengan selingkuhannya.

 

2. Gelisah, Cemas, dan Mudah Marah

Rasa gelisah dan cemas akan terlihat dari pasangan yang selingkuh, sering menerima telepon dan berbicara menjauah/bisik-bisik, tidur tidak nyenyak, dan lebih sensitif (mudah marah) dan suka mencari kelemahan pasangannya, sehingga hubungan tanpa emosi dan tidak ada bonding.

 

3. Sangat Ketat dengan Handphone

HP dan media sosial menjadi salah satu sarana yang digunakan dalam selingkuh, biasanya orang selingkuh melarang pasangannya untuk membuka HP nya dengan alasan banyak rahasia pekerjaan, dan orang selingkuh biasanya menyimpan no HP selingkuhannya dengan nama-nama aneh, yang tak dapat diduga pasangannya misal; Tukang, Satpam, Atasan, OB , dan lainnya.

 

4. Hubungan Seksual Menurun

Orang selingkuh juga biasanya agak dingin dalam hubungan seksual, intensitas dan keintiman mulai berkurang, karena ia sudah mendapatkannya di luar, ia sering mengeluh capek dan menghindar.

 

5. Penampilan Berubah

Biasanya orang selingkuh sangat konsen dengan penampilan, harum, wangi dan terlihat perubahan yang drastis.

 

6. Tidak Terbuka Masalah Keuangan

Orang selingkuh terpaksa membagikan penghasilannya kepada selingkuhannya, sehingga ia harus bisa mengeluarkan biaya lebih dan ia tidak mau pasangannya mengetahuinya, sehingga banyak pendapatan yang ia rahasiakan, atau bahkan dia terpaksa bekerja sampingan atau bahkan ‘korupsi’ untuk menghidupi selingkuhannya.

 

7. Menjauh dari Lingkungan Sosial

Orang yang selingkuh biasanya ia akan menjauh dari pertemanan karena menyimpan rahasia, bahkan tidak mengaktifkan media sosialnya untuk sementara, karena ia sedang menikmati hubungan spesial dan penuh rahasia.

 

8. Lebih Detail dan Suka Menyalahkan

Karena orang selingkuh sudah punya pembanding di luar, akhirnya ia suka menyalahkan (dalam hatinya membandingkan dengan selingkuhannya), ia terlihat lebih detail terhadap sesuatu yang tidak ia lihat.

Dari 8 ciri di atas, namun ada juga selingkuh tidak mengikuti ciri-ciri diatas, yaitu selingkuh dengan orang terdekat; asisten rumah tangga/pembantu, ipar, tetangga.

Saya pernah mendapati kasus di mana seorang suami didapati selingkuh dengan asisten rumah tangganya hingga 21 tahun, dan istrinya tidak menyadarinya.

Ada juga selingkuh hingga 16 tahun tidak ketahuan, karena selingkuhan suaminya adalah laki-laki, dan istrinya tidak menyangka.

Ada pepatah yang mengatakan “Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh ke tanah juga” sepandai-pandai orang menyimpan rahasia pasti akan ketahuannya juga.

Wallahu’alam

Oleh : Muhammad Iqbal, Ph.D Psikolog
Instagram: @muhammadiqbalpsy
www.rumahkonseling.online

Baca Juga: 7 Fakta Cappadocia, Tempat Wisata di Turki yang Viral di Drama Series

  • Bagikan
seruni.id