Aplikasi FaceApp Bahaya dan Haram?

Antaranews.com

Seruni.id – Belakangan ini, di media sosial sedang ramai warganet mengunggah potret dirinya yang berwajah tua ditambah dengan tagar #AgeChallenge dan #FaceAppChallenge. Aplikasi ini kian populer dan menjadi viral di seluruh dunia, tak hanya orang biasa, publik figur pun ikut menggunakannya.

POPBELA.com

Wajar jika banyak orang mengakses FaceApp karena rasa penasaran pada penampilan wajah mereka di masa tua. Setidaknya, ini bisa menjadi sekedar hiburan dan bersenang-senang. Start up yang dimiliki perusahaan Rusia Wireless Lab, yang diluncurkan pada 2017 ini, aplikasi tersebut mengakses foto, informasi lokasi, penggunaan data serta history browsing.

Memang, aplikasi ini mengklaim tidak akan menjual data ke pihak ketiga, tapi ada informasi tertentu yang dibagikan pada mitra pengiklan, tentunya untuk monestisasi. Salah satu masalah yang disorot adalah, FaceApp meminta aksses ke smua foto pengguna.

Aspek lain yang dianggap mencemaskan adalah soal di mana data disimpan. Menurut kebijakan privasi FaceApp, informasi pengguna bisa disimpan dan diproses di Amerika Serikat atau negara lain di mana FaceApp berbisnis. Di sisi lain, karena perusahaannya berbasis di Rusia, wajah pengguna kemungkinan akan dilihat dan diproses di sana. Dan sejauh ini, tidak jelas sejauh apa para pegawai FaceApp bisa mengakses foto-foto yang sudah didaftarkan.

Di samping itu, seorang lulusan universitas Islam paling populer di Mesir, Al Azhar di Kairo, mengatakan FaceApp adalah haram (dilarang) karena menggubah ciptaan Tuhan. Essam al Roubi, mengatakan pada media lokal Cairo24, “Aplikasi ini adalah jenis kegemaran yang mengarah pada konsekuensi yang tidak diinginkan.”

Lebih lanjut lagi, al Roubi menjelaskan bahwa apa yang terlihat di FaceApp, yakni prediksi wajah orang ketika ia tua belum tentu akan seperti itu wujudnya. “Apakah gambar-gambar ini benar-benar menunjukkan apa yang akan terjadi pada orang? Tidak. Hanya Tuhan yang tahu itu.”

Al Roubi merujuk pada Al Quran. Salah satu ayat yang ia klaim mendukung teorinya adalah ayat 119 dari Surat An Nisaa yang berbunyi, “… dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya.”

Ayat lain adalah ayat 70 Surat al-Israa, yang berbunyi, “Dan kami telah sungguh-sungguh memuliakan anak-anak Adam dan membawa mereka ke darat dan laut dan menyediakan bagi mereka hal-hal baik dan memilih mereka lebih dari apa yang telah kami ciptakan.”

Jika kamu termasuk yang penasaran dengan aplikasi ini, pastikan kamu bijak dalam menggunakannya dan membaca ketentuan yang ada sebelum mengakses FaceApp ataupun aplikasi lainnya. Karena keamaan lebih penting dari sekedar bersenang-senang. Jangan sampai karena hal tersebut berdampak pada dirimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.