Asparagus, Sayuran Yang Baik

0
sayuran yang baik
Asparagus

Seruni.id – Asparagus banyak digunakan sebagai bahan makanan. Asparagus merupakan tanaman sayuran yang baik loh untuk kita konsumsi.

Asparagus memiliki sekitar 300 varietas asparagus telah tercatat dan 20 diantaranya dapat dimakan. Asparagus telah dibudidayakan lebih dari 2000 tahun lalu dan digunakan sebagai makanan dan obat-obatan oleh bangsa Yunani dan Roma.

Berikut adalah alasan kenapa asparagus dikatakan sebagai sayuran yang baik:

Perbaiki Mood
Asparagus dikatakan sayuran yang baik karena memiliki kandungan asam folat dan vitamin E yang mampu memperbaiki suasana hati dan merangsang gairah seks. Asparagus juga diketahui merupakan sumber utama penghasil Triptofan yang membantu dalam pembentukan serotonin (salah satu pengatur neurotransmiter pada otak).

Cegah Kanker
Kanker merupakan sel dalam tubuh yang bermutasi menjadi ganas dan membelah diri tanpa dapat dikontrol. Dipublikasi dalam jurnal nature, peneliti dari cancer research UK Cambridge Institute melihat spesifiknya kanker payudara pada tikus dapat menyebar dengan lambat ketika sang hewan diberi makan diet rendah asparagine.

Baca juga: 12 Buah dan Sayur yang Bisa Bikin Awet Muda, Mau?

Kandungan Riboflavin atau B2 yang masih termasuk senyawa antioksidan dapat mencegah peradangan yang terjadi pada tubuh manusia, Niasin atau B3 dapat membantu sistem syaraf dan memperlancar sistem pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus, Tiamin berfungsi untuk metabolisme energi sehingga memberikan nutrisi kepada sistem syaraf dan otot untuk bergerak, serta Asparagin yang memiliki sifat enzim berguna untuk menghancurkan sel kanker.

Mengatur Kadar Gula Darah
Selain itu, asparagus mengandung vitamin B6 yang dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh. Sebaliknya untuk penderita gula darah rendah atau menderita diabetes sebaiknya mempertimbangkan untuk mengkonsumsi asparagus yang merupakan tanaman sayuran yang baik untuk penderita diabetes.

Penurun Berat Badan
Asparagus juga merupakan tanaman sayuran yang baik karena asparagus memiliki 288 miligram kalium per cangkir. Kalium sendiri diketahui dapat mengurangi lemak sedangkan zat kimia yang terkandung dalam asparagus dapat membantu proses detoksifikasi yang berguna untuk menghilangkan toksin dari tubuh dengan memecah asam oksalat yang dapat menurunkan kadar lemak.

Asparagus juga mengandung Inulin, yaitu karbohidrat unik yang melewati tubuh hingga mencapai usus besar yang membantu tubuh menyerap nutrisi yang dapat membantu menekan nafsu makan.

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.