6 Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

  • Bagikan
6 Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Tahan Lama
medcom.com

Seruni.id – Sayuran terkadang cepat sekali membusuk jika tidak disimpan dengan baik dan benar. Kalau sudah seperti ini, tentunya sayuran sudah tidak layak lagi digunakan. Cara menyimpan sayuran dengan benar, akan membuatnya tepat segar dan aman untuk dikonsumsi.

6 Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Tahan Lama
food.detik.com

Jadi, bagaimana teknik atau cara menyimpan sayuran di kulkas agar tahan lama? Yuk simak infonya berikut ini:

1. Atur Suhu Kulkas dan Kelembapan dengan Tepat

Kalau selama ini sayuran yang kamu simpan di dalam kulkas lebih cepat membusuk, coba deh perhatikan suhunya, apakah sudah sesuai atau belum. Sebab, sering kali sayuran membusuk dikarenan suhu yang tidak sesuai. Jadi, sebelum menyimpannya, pastikan kamu sudah mengatur suhu dengan tepat. Idealnya, suhu kulkas untuk menyimpan sayuran dan bahan makanan basah lainnya yakni di 1-4 derajat celcius.

Apabila di atas itu, bisa dipastikan bahan makanan mudah ditumbuhi bakteri. Selain suhu, kelembapan dalam kulkas juga penting untuk diperhatikan. Agar kelembapannya tetap terjaga, usahakan jangan terlalu sering membukanya dan pastikan bantalan karet di pintu kulkas bersih dari kotoran yang mengganjal. Sehingga, kulkas bisa terutup rapat dan tetap lembap.

2. Pilih Sayuran yang Berkualitas

Selain suhu dan kelembapan, ternyata sayuran yang akan disimpan pun harus dipehatikan. Seruni sarankan, sebaiknya pilihlah sayuran yang berkualitas. Hal ini dimaksudkan, kamu bisa saja mencoba segala upaya untuk mencegah sayuran layu ketika disimpan, tetapi jika produk sayuran yang kamu simpan memang tidak berkualitas, tetap saja sayur akan layu dan membusuk.

3. Sortir Sayuran yang Akan Disimpan

Cara menyimpan sayuran agar tetap segar berikutnya adalah dengan menyortirnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar sayuran yang kamu beli tidak tercampur dengan sayuran yang layu. Karena meskipun kamu membelinya di supermarket, pasti ada sajabagian yang sudah menguning dan kecokelatan. Sebaiknya buanglah bagian tersebut agar kerusakan tidak menjalar ke area lain serta potong bagian akar sayuran.

4. Hindari Mencuci Sayuran Sebelum Disimpan

Kebanyakan dari kita, mungkin akan mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Padahal, cara ini tidaklah tepat, ya. Sebab, sayuran yang dicuci justru lebih lembap, sehingga lebih mudah membusuk. Sebaiknya tidak perlu mencuci sayuran jika hendak dimasukkan ke dalam kulkas, tak perlu khawatir akan bakterinya. Karena bakteri akan membeku ketika di dalam kulkas. Dan saat menyimpannya, gunakanlah wadah tertutup. Sehingga sayuran lebih tahan lama.

5. Perhatikan Cara Packing

Beberapa jenis sayuran, seperti bayam dan kangkung memiliki kelembapan yang tinggi, sehingga lebih mudah membusuk. Begitupun dengan sayuran hijau lainnya, seperti brokoli, kacang panjang, dan buncis. Sebab, sayuran hijau biasanya akan mengeluarkan uap apabila disimpan di dalam plastik terlalu lama.

Cara menyimpan sayuran agar awet adalah dengan membungkusnya menggunakan kertas sebelum dimasukkan ke dalam plastik atau wadah tertutup lainnya. Hal tersebut akan membuat sayuran tetap segar dan lebih awet, karena kertas berfungsi untuk mengurangi kelembapan sayur ketika disimpan dalam waktu lama.

6. Perhatikan Lama Penyimpanan

Tidak hanya cara menyimpan sayuran saja, waktu penyimpanan pun harus kamu perhatikan. Seberapa alama kamu menyimpannya. Karena beberapa sayuran hanya bertahan antara 3-5 hari, semakin lama di kulkas akan memengaruhi kualitas bahkan berakhir busuk. Jika kamu membiarkannya begitu saja, akan mempengaruhi sayuran lain yang masih dapat disimpan lama di kulkas. Caranya mudah, pada wadah penyimpanan catat berapa waktu maksimal sayur harus disimpan, agar setiap membuka kulkas, mudah teringat untuk mengecek kembali kondisi sayur.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Sayuran Hijau Agar Terbebas dari Ulat

Nah, itulah beberapa cara menyimpan sayuran agar lebih tahan lama. Tetap perhatikan kualitas sayur yang akan kamu simpan, ya. Pastiakn sayur dalam keadaan baik. Selamat mencoba!

  • Bagikan