Tak Semuanya Aman, Ini 6 Bahan Alami yang Dapat Merusak Kulit!

Tak Semuanya Aman, Ini 6 Bahan Alami yang Dapat Merusak Kulit!
zetizen-radarcirebon.com

Seruni.id – Tak sedikit wanita yang memilih untuk menggunakan bahan alami untuk perawatan tubuh dan wajahnya, daripada harus mengeluarkan uang demi membeli skincare. Apalagi bahan-bahan alami sangat mudah ditemukan. Meski demikian, kita perlu berhati-hati nih. Pasalnya ada sejumlah bahan alami yang dapat merusak kulit, loh. Jika kamu salah pilih, bukan cantik yang didapat, tapi justru akan menimbulkan masalah kulit lainnya.

Sebab, beberapa bahan alami tersebut, sebenarnya tidak disarankan untuk digunakan langsung pada kulit. Sebelum kamu tergoda untuk menggunakannya, ada baiknya mencari tahu lebih dulu mengenai bahan alami yang dapat merusak kulit tersebut. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut:

1. Cuka Apel

Tak Semuanya Aman, Ini 6 Bahan Alami yang Dapat Merusak Kulit!
sehatq.com

Cuka apel menjadi salah satu bahan alami yang dapat merusak kulit. Mengapa demikian? Banyak orang yang beranggapan, bahwa menggunakan toner alami yang berasal dari cuka apel dapat menjadi penyeimbang pH kulit. Padahal, kenyataannya tidak demikian, ya. Bahkan, dokter kulit pun tidak setuju dengan hal ini.

Mengutip dari Allure, dokter kulit dari California, Ava Shamban menjelaskan bahwa cuka apel berpotensi mebimbulkan iritasi dan sensitifitas yang berlebihan kepada matahari. Di mana cuka apel dapat menyebabkan luka bakar kimiawi dan depigmentas pada kulit. Apabila cuka apel tidak diproses terlebih dahulu sebelum menggunakannya, maka akan menyebabkan peradangan.

Cuka sari apel mentah akan menghasilkan abu alkali dalam tubuh dan mengandung asam asetat dalam jumlah yang tinggi. Kadar asam yang sangat tinggi ini, dapat menyebabkan kerusakan kulit secara permanen pada jaringan di sekitarnya. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik dari cuka apel, maka manfaatkanlah untuk dikonsumsi, karena dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan menyehatkan usus.

2. Lemon

Tak Semuanya Aman, Ini 6 Bahan Alami yang Dapat Merusak Kulit!
emidihealth.com

Buah lemon memang terkenal kaya akan manfaat. Namun, banyak wanita yang salah dalam memanfaatkannya. Mereka beranggapan, bahwa perasan air lemon dapat dijadikan sebagai toner wajah, masker, atau srcub wajah. Biasanya, lemon digunakan dengan cara menggosokkannya langsung ke kulit wajah.

Sayangnya, anggapan tersebut tidak dapat dibenarkan, ya. Sebab, lemon menjadi salah satu bahan alami yang dapat merusak kulit dan menimbulkan iritasi karena pH-nya yang sangat rendah, yaitu 2. Adapun pH alami kulit wajah kita adalah 4,7-5.

3. Putih Telur

Tak Semuanya Aman, Ini 6 Bahan Alami yang Dapat Merusak Kulit!
emidihealth.com

Banyak orang yang berpendapat, bahwa putih telur bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan keelastisitasnnya, hal ini memang benar adanya. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa menggunakan telur mentah sebagai perawatan wajah, ya. Putih telur yang masih mentah mengandung salmonella yang dapat memicu keracunan makanan, tapi pasa kasus tertentu putih telur juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Karena putih telur menjadi salah satu bahan alami yang dapat merusak kulit, oleh karena itu, sebaiknya kamu hanya menggunakan produk perawatan dengan kandungan telur yang sudah diproses sedemikian rupa, sehingga lebih aman untuk digunakan.

4. Kayu Manis

Tak Semuanya Aman, Ini 6 Bahan Alami yang Dapat Merusak Kulit!
republika.co.id

Kayu manis sering kali dimanfaatkan sebagai rempah tambahan dalam mengolah masakan. Namun, tak sedikit orang memanfaatkannya sebagai salah satu perawatan untuk wajah, yakni untuk masker wajah. Perlu kamu ketahui, bahwa kayu manis tidak disarankan untuk digunakan pada wajah, karena dapat memicu iritasi terutama jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Kayu manis memiliki risiko yang sama dengan perasan jeruk lemon dan baking soda karena sama-sama dapat menggubah pH kulit.

5. Baking Soda

Tak Semuanya Aman, Ini 6 Bahan Alami yang Dapat Merusak Kulit!
kompas.com

Apakah kamu pernah memanfaatkan baking soda untuk perawatan wajah? Banyak orang yang memanfaatkan baking soda sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat. Baking soda memang mampu bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik. Namun sebenarnya, bahan alami ini tidak baik untuk kamu gunakan pada wajah, loh. Sebab, hanya akan menimbulkan iritasi pada wajah karena pH-nya yang sangat tinggi, yakni 9.

6. Gula

Tak Semuanya Aman, Ini 6 Bahan Alami yang Dapat Merusak Kulit!
antaranews.com

Bahan alami yang dapat merusak kulit berikutnya adalah gula. Meski gula atau bubuk kopi sangat bermanfaat untuk lulur tubuh, tapi butirannya yang terlalu kasar tidaklah baik untuk wajah, ya. Karena butiran gula memiliki tepi yang bergerigi dan dapat menggores, bahkan merusak kulit meski tak terlihat.

Berbeda dengan kulit tubuh yang lebih tebal dan terlindungi oleh pakaian, kulit di wajah lebih tipis dan terus menerus terpapar kuman, bakteri, radikal bebas, polusi, dan lain sebagainya. Jadi, hindari penggunaan gula untuk wajah, ya.

Baca Juga: 6 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Jadi, itulah beberapa bahan alami yang dapat merusak kulit, yang selama ini dipercaya dapat mengatasi masalah pada wajah. Jika kamu ingin melakukan perawatan wajah dengan bahan alami, Seruni sarankan untuk research atau browsing terlebih dahulu, ya. Agar kamu tahu mana bahan yang aman untuk kulit dan mana yang tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.