6 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

6 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami
sehatq.com

Seruni.id – Seiring bertambahnya usia, sebagian dari kita banyak yang mencari cara mengencangkan kulit wajah, demi menjaga penampilan. Mulai dari perawatan di salon kecantikan, hingga melakukan cara tradisional. Meski kini sudah banyak produk perawatan dengan bantuan obat maupun tindakan medis.

6 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami
cnnindonesia.co.id

Namun, tidak ada salahnya kan untuk tetap mencari tahu bagaimana cara mengencangkan kulit wajah secara alami? Berikut ini Seruni akan mengulas beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Masker Natural

Untuk mendapatkan kulit yang kencang, jangan ragu untuk memanfaatkan masker dengan bahan-bahan yang natural. Bisa menggunakan timur dan putih telur, kol dan madu, tepung beras dan pepaya, atau bisa dengan perpaduan madu dan blueberry. Kamu hanya tinggal memilih varian apa yang kamu suka demi mendapatkan kulit kencang maksimal.

2. Pijat Wajah Secara Teratur

Cara berikutnya bisa dengan melakukan pijat wajah secara rutin. Dengan cara ini, sirkulasi darah pada wajah akan meningkat. Lakukanlah gerakan memutar atau gerakan ke atas untuk membantu mencegah munculnya keriput dan garis halus. Tindakan ini akan bermanfaat secara maksimal apabila dilakukan secara teratur, terutama pada malam hari sebelum tidur. Kamu juga bisa mencoba pijat akupresur pada wajah untuk meredakan ketegangan dan merelaksasi otot wajah. Meski cara ini belum terbukti secara ilmiah dapat mengencangkan kulit, pijatan pada wajah setidaknya akan memberikan rasa nyaman.

3. Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Demi mendapatkan kulit yang kencang, tidak hanya dilakukan dari luar saja, loh. Namun, harus dari dalam juga. Seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang juga memegang peran penting pada kesehatan kulitmu. Untuk menjaga kekencangan dan kesehatan kulit wajah dan seluruh tubuh, disarankan mengonsumsi asupan yang tinggi antioksidan, seperti vitamin D, E, beta karoten (vitamin A), polifenol, flavonoid, protein, dan asam lemak esensial, seperti omega-3 dan omega-6. Adapun sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulitmu di antaranya seperti ikan, teh hijau, kacang, buah, kunyit, sayur, susu, telur, serta yogurt. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup.

4. Mekakukan Totok Wajah

Totok wajah juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk kencangakan kulit wajah. Dengan melakukan totok wajah, maka tekanan pada titik tertentu mampu membantu menstimulasi kolagen serta otot wajah sehingga lebih terangkat dan kencang.

5. Olahraga yang Rutin

Olahraga secara rutin terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan kesegaran tubuh. Olahraga tidak hanya dikhususkan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan saja. Tapi, olahraga juga menjadi solusi aman dan sehat bangi mereka yang mengidap penyakit tertentu. Nah, olahraga juga dapat menghilangkan kerut pada wajah, loh. Sebab, tubuh kita memerlukan dorongan peredaran darah yang lancar agar tetap terlihat awet muda. Kamu bisa melakukan olahraga yang ringan, seperti bersepeda, cardio, aerobik, senam wajah, dan yoga dapat sangat membantu!

6. Hindari Tidur Larut Malam

Penuhi kebutuhan tidur yang baik dengan menghindari tidur terlalu malam agar sel kulit dapat beregenerasi dengan baik. Ketika kita tidur di malam hari, maka kulit akan lelah dan stress sehingga akan mempercepat proses penuaan dan tampilan kulit yang kendur akan semakin nyata.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Perawatan Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil

Selain cara-cara di atas, untuk mendapatkan wajah kencang, sebisa mungkin hindari rokok yang dapat mengganggu perkembangan sel kulit dan produksi kolagen. Kemudian, hindari pula paparan cahaya matahari secara langsung dan berlebihan, karena radiasi UV yang dihasilkan dapat mengurangi minyak dan kelembapan alami kulit wajah. Gunakan tabir surya saat berada tempat terbuka pada siang hari dan bersihkan seluruh make up sebelum tidur.

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami memang mudah dilakukan. Namun, meski demikian, kamu tetap disarankan untuk berhati-hati ketika menggunakan bahan alami, terlebih jika kamu memiliki alergi. Begitu juga halnya ketika menerapkan diet atau olahraga tertentu. Jika memerlukan pengencangan kulit wajah melalui tindakan medis, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau dokter bedah plastik untuk mendapatkan informasi tindakan yang sesuai dan aman bagi kondisimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.