Ini 7 Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Hati-hati, Ini 7 Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cutton Bud
zetize.radarcirebon.com

Seruni.id – Karena harganya yang terjangkau dan mudah didapat, banyak orang yang memilih membersihkan telinga dengan cotton bud. Banyak yang mengira, menggunakan cotton bud adalah hal yang wajar dan tidak berbahaya. Namun pada kenyataannya, penggunaan cotton bud ini sangat berbahaya, loh.

Hati-hati, Ini 7 Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cutton Bud
yukkepo.com

Bahkan, dapat dipastikan, cara ini sangat tidak dianjurkan. Kalau kamu masih berpikir bahwa hal ini bukan masalah, maka sebaiknya disarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai, ya. Berikut ini beberapa bahaya yang diakibatkan karena membersihkan telinga dengan cotton bud.

1. Hanya Membuat Kotoran Masuk Semakin Dalam

Mungkin kita berpikir bahwa membersihkan telinga dengan cotton bud, dapat mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Namun ternyata anggapan ini sangat keliru. Sebab, denga menggunakan cotton bud hanya akan mendorong kotoran masuk lebih dalam lagi. Hal ini juga justru akan mencegah telinga membersihkan kotoran secara alami, sehingga menyebabkan tertumpuk di dalam telinga. Dari penumpukan ini, nantinya akan menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan, seperti rasa sakit dan pendengaran yang terganggu.

2. Cedera Telinga

Jika memasukkan cotton bud terlalu jauh ke dalam telinga diketahui dapat melukai struktur telinga tengah hingga terjadilah cedera. Salah satu cedera yang kerap dikaitkan dengan penggunaan cotton bud, yaitu robeknya gendang telinga. Sebuah studi pada tahun 2017 yang mengamati luka telinga pada anak-anak terkait dengan cotton bud menemukan bahwa sekitar 73% cedera telinga tersebut terjadi akibat pembersihan telinga menggunakan cotton bud.

3. Kehilangan Kotoran Telinga yang Penting Bagi Tubuh

Meski disebut sebagai kotoran telinga, namun ternyata hasil sekresi tubuh ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya memiliki peran penting bagi tubuh, terutama untuk menyaring bakteri dan kotoran yang masuk ke dalam telinga. Bahkan, kotoran tersebut pun disebut memiliki kandungan antibiotik dan antijamur yang sangat bermanfaat. Jadi, sebetulnya kotoran telinga adalah pelindung alami tubuh dari berbagai benda dan partikel asing yang masuk melalui telinga.

4. Masuknya Benda Asing ke Dalam Telinga

Kapas yang berada di ujung cotton bud, bisa saja terlepas dan tertinggal di dalam telinga. Hal ini tentu saja akan membuat telinga tidak nyaman bahkan nyeri. Dalam beberapa kasus, ini bisa berakibat fatal, yakni terjadinya gangguan pendengaran. Menurut sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Laryngoscope, menyelidiki tentang kasus benda-benda asing di telinga yang bisa menyebabkan individu harus masuk ke ruang gawat darurat. Hasilnya, kapas adalah salah satu benda asing yang paling umum ditemukan pada orang dewasa.

5. Infeksi Telinga

Bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud memang tidak main-main, bahkan jika sudah sangat fatal, dapat menyebabkan telinga infeksi. Semakin sering kotoran telinga dibersihkan, maka saluran telinga pun akan semakin kering dan mudah iritasi. Terelebih, dengan bentuk cotton bud yang cukup kasar, tentu akan semakin mudah membuat saluran tersebut terluka kemudian infeksi. Alhasil, infeksi dapat menimbulkan rasa sakit pada rongga telinga hingga demam berkepanjangan.

6. Merusak Gedang Telinga

Gendang telinga memiliki peran yang sangat penting, yang berfungsi untuk menghantarkan gelombang suara dari udara ke tulang pendengaran. Posisi dengang telinga pun cukup dengan dan bisa dijangkau menggunakan cotton bud, sehingga penggunaan korek kuping ini sangat membahayakan. Risikonya bisa merobek hingga memecahkan membran gendang telinga yang sangat halus dan menyebabkan gangguan pendengaran. Gendang telinga yang rusak juga ditandai dengan adanya cairan bening, rasa sakit, hingga pendarahan yang muncul berulang.

7. Rusaknya Tulang Pendengaran

Bukan hanya dapat menekan gendang telinga, penggunaan cotton bud juga dapat menekan tulang-tulang kecil pendengaran yang terletak di bawahnya. Apabila mekenannya, maka itu dapat mengirimkan gelombang getaran ke telinga bagian dalam. Hal tersebut pun dapat menyebabkan munculnya masalah pendengaran dan keseimbangan.

Itulah bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud, yang harus kamu hindari mulai sekarang. Nah, perlu kamu tahu nih, sebenarnya kotoran telinga secara alami bermigrasi ke bagian luar telinga untuk dibersihkan. Sebab, telinga mampu membersihkan diri, dan tidak perlu menggunakan korek kuping.

Tidak hanya cotton bud saja, sebaiknya hindari juga penggunaan ear candle untuk membersihkan telinga. Cara ini berisiko menyebabkan seseorang cedera pada bagian telinga. Tidak ada salahnya untuk mencoba gunakan obat tetes telinga untuk membersihkan telinga bagian dalam. Obat ini berguna untuk melunakkan kotoran yang telah mengeras agar dapat dengan mudah keluar dari telinga.

Cara Aman Membersihkan Telinga

Namun, jika kamu merasa perlu membersihkannya, berikut ini ada beberapa cara yang lebih aman:

  • Gunakan pipet untuk meneteskan obat telinga dengan hati-hati ke dalam telinga untuk membantu melembutkan kotoran.
  • Lalu, beberapa hari kemudian, masukkan sedikit air hangat ke saluran telinga, miringkan kepala agar air mengalir dari telinga.
  • Gunakan kapas untuk membersihkan sisa kotoran dan bagian luar telinga.

Baca Juga: Sering Pakai Headset? Lakukan Tips Ini Agar Kesehatan Telinga Tetap Terjaga

Jika cara ini tidak juga berhasil, sebaiknya kunjungi dokter THT untuk membersihkannya atau sekadar bertanya mengenai caran yang benar, guna menghindari gangguan pada telinga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.