8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa

  • Bagikan
8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
womantalk.com

Seruni.idLupa adalah yang wajar terjadi, namun jika hal ini terus-menerus terjadi, tentu akan membuat segala aktivitas yang sudah direncanakan menjadi berantakan. Tapi, tak perlu khawatir, buat kamu yang pelupa, ternyata sifat tersebut masih bisa diatasi, kok. Nah, pada artikel kali ini, Seruni akan memberikan tipsnya. Jadi, pastikan kamu menyimaknya dengan baik, ya!

1. Visualisaikan Ingatanmu dengan Sebuah Benda

8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
today.line.me

Jika kamu pernah merasa kesulitan untuk mengingat benda, nama orang, atau bahkan sebuah materi yang kamu baca, cobalah visualisasikan ingatanmu. Pasalnya, 65% orang bisa belajar lebih mudah dapat cepat dengan visualisasi. Contohnya, jika memiliki janji makan siang dengan teman pada pukul 13.00, coba ingat dua hal lainnya. Yakni angka yang konon sial (13) dan ayam goreng. Cara ini dinilai efektif, karena adanya ‘angka sial’ dan ‘ayam goreng’, akan menjadi jembatan untuk mengingat dan memudahkan otak bekerja.

2. Mainkan Game yang Dapat Melatih Otak

8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
tirto.id

Dengan bermain game ternyata dapat melatih kecerdasan otak dan mengatasi pelupa, loh. Jadi, tak ada salahnya memainkan game yang membuat otakmu berpikir, seperti bermain teka-teki silang atau tebak kata. Maka, hal tersebut akan terus membuat daya ingatmu semakin berkembang dan tentunya tidak mudah lupa.

3. Gunakan Metode “Cicero”

8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
kumparan.com

Metode Cicero ini merupakan salah satu cara untuk mengingat berbagai item yang berbeda, caranya dengan mengelompokkan mereka ke beberapa kategori. Kasarnya, kamu akan mengingat secara kategori, bukan item. Ketika kamu lupa salah satu item, kamu bisa memanggil ingatanmu kembali dengan mengingat item-item yang lain di kategori yang sama.

Agar otak terlatih dengan metode ini, bayangkan saja kamu sedang berada di dalam rumah. Lalu, bayangkan kamu berada di sebuah kamar. Lihatlah benda-benda yang ada di dalamnya dan hapalkan urutannya. Nah, secara tak sadar kamu sudah mengelompokkan benda-benda itu ke satu kategori, yaitu “Perabotan dan Barang yang ada di Kamar X”.

Lalu coba bayangkan benda-benda apa yang ada di dapur. Secara tak sadar, kamu akan mengelompokkan pisau, piring, dan alat-alat masak lainnya ke kategori “Perabotan yang ada di dapur”. Ketika kamu lupa dimana kamu menaruh mug kesayanganmu, kamu tinggal mengingat kembali urutan item-item di kategori “Perabotan Dapur”. Ah, ternyata dalam ingatanmu item mug ada setelah item sabun cuci piring. Jadi, mug kesayanganmu itu pasti ada di dekat bak cuci piring.

4. Mengingat Berdasarkan Kata Kunci

8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
idntimes.com

Kamu juga bisa mengingat sebuah materi berdasarkan kata kuncinya, loh. Bukankah ada sejumlah buku pelajaran yang di bawahnya terdapat kata kunci setiap materi? Itu semua tentu saja berfungsi agar kamu dapat mengingat dengan mudah.

5. Pentingnya Tidur Siang

8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
liputan6.com

Jangan mengabaikan tidur siang, meskipun hanya 30 menit. Sebab, tidur siang akan membantumu untuk mengingat sesuatu dan menghindari dari sifat pelupa. Jadi, luangkanlah waktu sedikit setiap hari untuk tidur siang, agar otakmu kembali segar.

6. Bermeditasi

8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
senamyoga.com

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan meditasi, setidaknya lakukanlah hal ini selama 10 menit setiap harinya. Menurut penelitian dari University of California menyebutkan, bahwa dengan meditasi dapat menambah kapasitas ingatan dan membuang hal-hal yang kurang penting yang ada dalam ingatan. Pada 2012 lalu, penelitian MIT pun menyebutkan bahwa neural circuit dapat membantu ingatan menjadi lebih tahan lama. Bahkan, neural circuit dipercaya dapat bekerja maksimal ketika otak sedang konsentrasi pada apa yang dilihat oleh mata saat pikiran sedang fokus.

7. Mengonsumsi Makanan yang Menandung Omega 3

8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
klikdokter.com

Selain cara di atas, makanan yang kaya akan omega 3, juga bisa membantu dalam mengingat sesuatu hal, terutama dalam hal pelajaran. Jadi, pertbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan, agar kamu bisa mengingat dengan mudah.

8. Benar-benar Fokus Ketika Diajak Berbicara

8 Tips Sederhana Buat Kamu yang Pelupa
sehatq.com

Sebenarnya cara yang paling sederhana dan sulit adalah memerhatikan dengan sepenuhnya ketika mendapatkan tugas, ataupun berbicara dengan orang lain. Terkadang, adanya gangguan, membuat pikiran menjadi tidak fokus dan daya ingat melemah, akibatnya kita akan mudah sekali lupa.

Menurut Zaldy S. Tan, direktur Memory Disorders Clinic di Beth Israel Deaconess Medical Center, lupa itu tanda bahwa kita sedang sibuk. Ketika kita tidak memperhatikan dengan baik, maka ingatan itu tidak akan benar-benar kuat, dan kita akan kesulitan jika harus mengingatnya lagi.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Agar Tidak Mudah Lupa

Itulah tips penting untuk kamu yang pelupa. Mulai sekarang, kamu bisa melatih ingatanmu dengan mencoba mengingat hal-hal yang sudah Seruni sampaikan. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu, ya!

  • Bagikan