5 Bahaya Mengonsumsi Daging Kambing Terlalu Banyak

  • Bagikan
5 Bahaya Mengonsumsi Daging Kambing Terlalu Banyak
fimela.com

Seruni.id – Terlalu banyak mengonsumsi daging kambing, ternyata tidak baik untuk kesehatan, loh. Ada sejumlah bahaya yang akan muncul, apa saja?

5 Bahaya Mengonsumsi Daging Kambing Terlalu Banyak
kompas.com

Daging kambing memang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai dari sate, tongseng, gulai, dan olahan lainnya. Apalagi, daging menjadi sumber nutrisi yang baik, terutama vitamin B12 dan zat besi, yang bisa menghasilkan sel darah merah. Karena proteinnya yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk mebangun otot, tulang, dan jaringan lainnya.

Meski demikian, daging kambing tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, ya. Sebab, ada beberapa bahaya yang sudah siap mengintai ketika kita mengomsumsinya dalam jumlah yang banyak. Apa saja bahaya tersebut?

 

1. Naiknya Tekanan Darah

Naiknya tekanan darah menjadi salah satu bahaya yang akan mengintai ketika kita mengonsumsi daging kambing dalam jumlah yang banyak. Untuk menghindari kondisi tersebut, para ahli menyarankan agar tidak mengonsumi daging lebih dari 50-70 gram setiap harinya.

 

2. Sembelit

Bukan hanya makanan pedas saja yang bisa bikin perut sembelit. Tapi, makan daging kambing secara berlebihan, juga bisa mengakibatkan hal serupa, loh. Meski daging kambing tinggi protein, tapi membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dicerna dan nutrisinya diserap oleh tubuh. Agar tetap sehat, konsumsilah secukupnya saja dan dibarengi dengan konsumsi sayur dan buah.

 

3. Perkembangan Kanker

Pada 2015 lalu, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah mengklasifikasikan tentang kemungkinan daging merah sebagai penyebab kanker. Penelitian lain juga menyebutkan, jika mengonsumsi daging merah dan daging olahan berhubungan positif dengan kanker kolorektal dan paru-paru. Selain itu, daging merah juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kerongkongan dan hati.

Ahli bedah kardiotoraks bernama Steven Goundry mengatakan, bahwa hubungan antara daging merah dan kanker mungkin terletak pada molekul Neu6Gc. Ketika manusia mengonsumsi daging merah, sistem kekebalan tubuh mereka menyerang molekul Neu5GC sehingga menyebabkan peradangan kronis. Penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis berkaitan erat dengan perkembangan kanker.

 

4. Risiko Gagal Ginjal

Bagi kamu yang kerap mengonsumsi daging secara berlebihan, terutama daging kambing di waktu yang singkat, hati-hati, ya. Sebab, hal tersebut dapat meningkatkan risiko masalah gagal ginjal. Lagi-lagi kondisi ini terjadi lantaran daging sulit sekali dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga membuat organ tubuh bekerja lebih ekstra untuk menyalurkan nutrisinya ke seluruh tubuh.

 

5. Risiko Penyakit Jantung

Selain berisiko menyebabkan gagal ginjal, mengonsumsi daging kambing dalam jumlah banyak juga sangat berbahaya bagi organ jantung. Hal ini berkaitan erat dengan konsumsi daging yang bisa meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Ketika dua hal tersebut bermasalah, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Jadi, itulah sejumlah bahaya akibat terlalu banyak mengonsumsi daging kambing. Meski saat ini kamu memiliki banyak stok daging di rumah, tapi pastikan kamu mengonsumsinya secukupnya saja, ya. Agar lebih tahan lama, simpanlah daging di dalam freezer. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kisah Inspiratif, 7 Bocah Menabung untuk Membeli Hewan Kurban

  • Bagikan