Kisah Inspiratif, 7 Bocah Menabung untuk Membeli Hewan Kurban

  • Bagikan
Kisah Inspiratif, 7 Bocah Menabung untuk Membeli Hewan Kurban
minews.id

Seruni.id – Membeli hewan kurban menjadi cita-cita bagi setiap umat muslim. Namun, tidak sedikit orang yang terkendala karena terbentur biaya dan hal-hal lainnya.

Kisah Inspiratif, 7 Bocah Menabung untuk Membeli Hewan Kurban
suara.com

Tapi pada kenyataannya, kendala tersebut seolah tak menjadi penghalang bagi ketujuh bocah asal Kampung Ardio, Kelurahan Cibogor, Bogor Tengah, Kota Bogor, untuk membeli hewan kurban. Meskipun mereka harus menyisihkan uang jajannya.

Ketujuh bocah tersebut yakni, Abu Bakar (13), Zhilal (11), Sauqi (11), Fauzan (11), Sukatma (12), Zalfa (12) dan Yudi (18).

Sisihkan Uang Jajan Selama 10 Bulan

Dengan niat yang ikhlas dan tulus, mereka melakukan kolektif untuk membeli hewan kurban berupa sapi, yang kita tahu harganya tentu tidak murah. Setiap hari, selama 10 bulan, mereka menyisihkan uang jajannya demi membeli hewan kurban.

Setelah uang itu terkumpul, mereka pun memutuskan untuk mencari sapi sesuai dengan tabungan mereka. Hingga akhirnya, mereka berhasil mendapatkan seekor sapi dari salah satu pedagang di daerah Dramaga, Kabupaten Bogor seharga Rp 19.500.000.

Meski harus menghabiskan uang jajannya, tapi mereka tak keberatan, justru mereka sangat senang karena bisa berbagi ke sesama.

“Dari uang jajan dari sekolah saya sisihkan. Kadang juga dapat uang dari bantuin kakak saya jualan bensin eceran,” ungkap seorang bocah bernama Abu Bakar.

“Yang pasti seneng, bisa kebeli sapi hasil uang ngumpulin sama temen-temen. Iki pengen berbagi sesama,” ungkapnya.

Sebenarnya, kisah ini terjadi pada tahun 2019 lalu. Namun, kemudian kembali viral ketika diunggah oleh akun Twitter, @sayid_machmoed.

“Adik-adik kita ini menabung 10 bulan dari uang jajajnnya untuk membeli sapi seharga Rp20 juta dengan kolektif 7 orang. Jauh-jauh naik angkot dari Pasar Anyar ke Dragama Bogor.” tulis akun tersebut.

Lewat postingannya, nampak adik-adik asal Bogor itu berpose di depan sapi yang mereka pilih. Uang tabungan hasil patungan mereka yang terkumpul total 20 juta rupiah itu dibelikan sapi yang gagah dan sehat.

“Mereka tdk terlihat kaya dihadapan manusia, tetapi mereka sudah terlihat kaya dihadapan Allah,” tulisnya.

Sontak, postingan tersebut pun membuat warganet terenyuh. Mereka salut dengan perjuangan anak-anak itu untuk membeli hewan kurban.

@widiahmeilwan: “Keren banget sih dekk,”

@yo_isoo: “Masya Allah keren adik-adik ini,”

@OrensBlossom: “Ya Allah maluuu.. Sampai hari ini belum kesampaian kurban sapi, kisah adik-adik ini sungguh menginspirasi. Masya Allah,”

@wadidimor: “Malu sekali, dulu seumuran mereka kayaknya yang ada di pikiran aku hanya jajan,”

@gintingwatii: “Masya Allah, berkah ya dek, semoga tumbuh dan berkembang jadi hamba Allah yang patuh ya aamiin,”

Baca Juga: Tips dan Cara Mengolah Daging Kurban Sebelum Dimasak

Apa yang dilakukan oleh ketujuh bocah ini, sungguh sangat inspiratif dan luar biasa. Sebab, di tengah kesenangan mereka untuk bermain dan membeli mainan dengan uang jajannya, mereka justru menyisihkannya untuk membeli hewan kurban. Semoga kita bisa mengikuti jejak mereka, ya.

  • Bagikan