Bahaya Menyimpan Nasi Terlalu Lama di Suhu Ruangan

Bahaya Menyimpan Nasi Terlalu Lama di Suhu Ruangan
food.detik.com

Seruni.id – Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Dengan warna putih dan memiliki bentuk yang kecil, serta tekstur yang sangat lembut merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh.

Bahaya Menyimpan Nasi Terlalu Lama di Suhu Ruangan
google.com

Berbicara mengenai nasi, penting sekali untuk memperhatikan aspek kemanaannya. Mulai dari memasak sampai menyimpannya. Biasanya nasi akan dibiarkan di dalam magic jar pun magic com dalam suhu ruangan agar masih terasa hangat, untuk dikonsumsi esok harinya.

Namun tahukah kamu, memanaskan nasi kembali ternyata tidak menyehatkan justru dapat menyebabkan keracunan makanan. Dilansir dari dream.co.id, nasi yang tersisa dan dibiarkan dalam suhu ruangan selama empat jama tau lebih akan menyebabkan keracunan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ternyata proses pemanasan nasi kembali bukan yang menjadi pemicu utama nasi menjadi beracun. Namun, cara menyimpanan nasi tersebut sebelum dipanaskan. Kebanyakan orang, sebelum memanaskan nasi, mereka kerap menyimpannya sembarangan dan dibiarkan dalam keadaan terbuka dalam suhu ruangan.

Itulah yang menyebabkan bakteri bacilus cereus berkembang biak sehingga menghasilkan racun pada nasi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk lebih memperhatikan cara menyimpan nasi ya, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Baca Juga: Tips Agar Nasi di Rice Cooker Tak Mudah Basi dan Kering

Jadi, jika masih ada nasi yang tersisa, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup sebelum di taruh. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri yang tumbuh di dalam nasi sisa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.