Segudang Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh
aladokter.com

Seruni.idSerai merupakan tanaman rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, tanaman ini juga kerap dihidangkan menjadi teh untuk mengahatkan tubuh, aromanya tidak hanya dapat menenangkan pikiran, namun juga bisa mengusir nyamuk.

Segudang Manfaat Serai untuk Kesehatan Tubuh
kumparan.com

Bukan itu saja, serai mengandung beragam vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh, sehingga bisa mencegah berbagai penyakit. Lantas, apa saja manfaat serai yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan?

1. Mengatasi Gigi Berlubang

Daun serai memiliki kandungan senyawa antimikroba yang efektif untuk membunuh bakteri streptococcus mutnas yang menyebabkan kerusakan gigi. Dengan mengonsumsi teh serai, mampu meredakan infeksi mulut serta gigi berlubang.

2. Meredakan Kecemasan

Jika kamu kerap merasa cemas, minya atsiri daun serai bisa menjadi solusinya untuk meredakan rasa cemas yang kamu rasakan. Caranya, manfaatkan kedua bahan tersebut menjadi aromaterapi yang berkahsiat dalam memberikan efek rileks, tenang, serta meredakan kecemasan dan stres akibat beban hidup.

3. Mengeluarkan Racun di Dalam Tubuh

Manfaat serai selanjutnya, dapat mengeluarkan racun serta bahan kimia berbahaya yang ada di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi serai, akan menstimulasi pencernaan, sehingga bisa mencegah gangguan pada usus. Secara tak langsung, kadar lemak berlebih pun akan ikut terbuang.

4. Menurunkan Berat Badan

Teh serai kerap digunakan untuk membantu penurunan berat badan. Namun sebaiknya, jangan jadikan teh serai sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Sebab, dapat menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat serai selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sifat deuretik pada serai mampu membantu membuang kelebihan garam dan air di dalam tubuh melalui urine. Perlu diketahui bahwa kelebihan kadar garam dalam tubuh memang merupakan salah satu penyebab dari hipertensi. Sehingga jika kamu mengonsumsi serai secara rutin maka tekanan darah pun akan menurun seiring dengan menurunnya kadar garam dalam tubuh.

6. Menjaga Kadar Kolesterol

Serai dipercaya mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat serai bisa mencegah kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik. Sebaliknya, serai mampu menaikkan kadar kolesterol baik dan mencegah penyerapan kolesterol jahat dan pencernaan. Walaupun dapat membantu mencegah kadar kolesterol jahat, tetapi cara ini masih harus diuji lagi efektivitasnya pada pasien dengan kolesterol tinggi.

7. Untuk Kesehatan Kulit

Tanpa kita ketahui, serai ternyata dapat memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau eczema. Selain itu, serai juga mampu membuat kulit lebih bercahaya secara alami.

8. Meredakan Gejala Flu

Manfaat serai berikut ini juga sangat baik untuk tubuh, yaitu dapat meredakan gejala flu. Konsumsi teh serai dipercaya mampu menurunkan gejala flu seperti demam dan hidung tersumbat. Namun, serai tidak bisa menyembuhkan atau mengobati flu karena penyebabnya merupakan infeksi virus. Sehingga serai hanya bisa digunakan sebagai obat pendamping saja.

9. Mencegah Diabetes

Dalam pengobatan tradisional, serai kerap dimanfaatkan untuk penyembuhan diabetes dan penyakit jantung. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2007, menguji efek konsumsi serai terhadap tikus.

Tikus-tikus tersebut, diberi asupan 125 hingga 500 ml ekstrak serai per kilogram berat badannya sebanyak satu kali seminggu. Setelah 42 hari, mereka mengalami penurunan kolesterol dan lemak darah. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa mengonsumsi serai dapat mencegah diabetes serta penyakit jantung.

Baca Juga: Menyiapkan Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

10. Mengobati Gangguan Saluran Pernapasan

Dalam ilmu pengobatan India kuno Ayuverdam serai kerap digunakan untuk mengobati demam, pilek, serta batuk. Kandungan vitamin C di dalamnya bermanfaat meredakan hidung tersumbat, asma bronkial, flu, dan gangguan saluran pernapasan lainnya.

11. Mengatasi Rematik dan Kejang

Zat aktif dalam daun serai juga bersifat diuretik dan juga baik untuk membantu mengatasi rematik dan kejang. Untuk menggunaknnya bisa dengan mengoleskan minyak serai pada tubuh yang sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.