Beragam Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan yang Sering Diabaikan

Beragam Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan yang Sering Diabaikan
winnetnews.com

Seruni.id – Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu daun saga. Atau mungkin saja jika melihat bentuk daunnya, bisa jadi kamu sudah tahu, karena tanaman ini mudah ditemukan. Satu hal yang perlu kalian tahu, meski daunnya kecil, namun manfaat daun saga ini sangat luar biasa untuk kesehatan.

Daun dengan nama latin Abrus Precatorius L ini, memiliki rasa yang manis. Di dalamnya pun memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Sehingga kerap dijadikan ramuan herbal tradisional Indonesia. Bagi kalian yang masih pensaran gimana bentuk daunnya, di bawah ini ada gambar daun saga yang perlu diketahui.

Beragam Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan yang Sering Diabaikan
coldeja.com

Adapun manfaat daun saga untuk kesehatan sebagai berikut:

1. Mengobati Sariawan

Sariawan sangat menganggu sekali, apalagi ketika sedang makan, terkadang rasa perihnya pun tak tertahankan. Nah, daun saga berperan penting dalam mengatasi masalah sariawan. Manfaat daun saga untuk sariawan sudah dikenal sejak lama. Cara menggunakannya yaitu dengan mengeringkan daunnya di bawah sinar matahari. Jika sudah, kunyah daunnya dan usahakan jangan sampai tertelan, ya. Selain itu, kamu juga bisa mmebuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga. Rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air hingga mendidih. Saring dan gunakan air rebusan 2-3 kali sehari.

2. Membantu Mengatasi Flu

Flu adalah salah satu penyakit yang kerap terjadi pada kebanyakan orang. Hal ini biasanya disebabkan karena kekebalan tubuhnya menurun. Flu merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus akun yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Banyak masyarakat yang percaya akan manfaat daun saga untuk mengatasi flu. Yakni dengan cara meminum ekstrak daun saga. Tapi ada baiknya, berhati-hati sebelum minum obat tradisional karena belum ada penelitian valid yang membuktikan khasiat daun saga untuk flu.

3. Mengatasi Diare

Ternyata, daun saga juga bisa dimanfaatkan sebagai obat diare. Rebusan daun dan batang saga dipercaya mampu mengatasi penyakit tersebut dan masalah pencernaan lainnya.

4. Membantu Mengatasi Sakit Perut

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami sakit perut. Penyebab sakit perut yang paling umum adalah karena infeksi yang dipaparkan melalui makanan. Gejala sakit perut adalah perut kram, nyeri, dan terasa pegal. Dalam pengobatan tradisional Afrika timur, mereka mengatasi sakit perut dengan daun saga yang diolah menjadi jus atau dimakan langsung, namun sakit perut biasa umumnya dapat diatasi dengan minum air putih yang cukup untuk melancarkan dan mengeluarkan racun melalui BAB dan beristirahat yang baik.

5. Meredakan Panas Dalam

Sama halnya seperti sariawan, panas dalam bukan tergolong masalah kesehatan berat. Namun, jika sudah mengalami hal ini, pasti akan terasa tidak nyaman, bukan? Untuk meredakan panas dalam, ambil sekitar 10-15 daun saga dan cuci bersih. Rebus daun saga dengan 2 gelas air, dan ambil setengah dari air yang tersisa. Tunggu sampai dingin, saring, kemudian bisa diminum.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun saga mengandung vitamin B yang berfungsi untuk membantu menambah nafsu makan. Jadi, jangan ragu untuk merasakan manfaat daun saga manis ini untuk mengendalikan nafsu makanmu, ya.

7. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah kondisi dimana tenggorokan terasa begitu sakit, gatal, dan sensasi seperti terbakar. Umumnya, sakit tenggorokan disebabkan karena adanya infeksi bakteri Streptococcus yang mengganggu fungsi tenggorokan dan amandel. Biasanya, sakit tenggorokan dapat diobati dengan antibiotik, namun beberapa kalangan mungkin lebih memilih dengan obat tradisional seperti daun saga. Daun saga mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan, namun belum ada uji klinis tentang khasiat ini.

8. Membantu Mengatasi Asma

Dalam pengobatan Ayurvedic, daun saga digunakan untuk membantu mengatasi asma. Pengobatan Ayurvedic adalah salah satu pengobatan holistik tertua di dunia yang menggunakan obat herbal dan metode alternatif dalam mengatasi berbagai penyakit.

9. Mengobati Sakit Mata

Manfaat daun saga yang dipercaya dalam pengobatan tradisional India adalah untuk mengatasi sakit mata. Mereka biasanya akan memanfaatkan ekstrak rebusan daun saga sebagai tetes mata untuk mengatasi berbagai gangguan mata seperti mata merah, mata kering, mata lelah, dan lainnya.

10. Mengatasi Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan karena paparan parasit Plasmodium dari gigitan nyamuk Anopheles. Pengobatan tradisional di Kamboja dan Nigeria menggunakan ekstrak akar dan daun saga yang diolah dengan air panas sebagai perawatan malaria, namun sebaiknya mengikuti perawatan medis dari dokter karena malaria adalah penyakit yang mengancam jiwa dan harus ditangani dengan serius.

Baca Juga: 30 Obat Alami dan Bahan Untuk Mencegah Sariawan

Banyak sekali bukan khasiat daun saga yang belum kita ketahui? Bahkan, beberapa literatur meyimpulkan, bahwa daun saga cukup menjanjikan sebagai obat multiguna karena memiliki aplikasi farmakognostik dan farmakologis yang sangat potensial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.