Beragam Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan

Beragam Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan
merdeka.com

Seruni.id – Bunga matahari biasanya ditanam di pekarangan, untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih indah dan asri. Selain itu, biji dari bunganya, bisa dimanfaatkan sebagai camilan ringan yang lezat. Tapi, bukan hanya itu saja. Bunga yang identik dengan warna kuning cerah ini, juga dapat menghasilkan minyak yang mengandung banyak nutrisi.

Beragam Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan
idntimes.com

Konon, minyak bunga matahari memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, loh. Meski masih jarang digunakan di Indonesia, namun tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba minyak dari bunga ini. Adapun manfaat yang bisa diperoleh, sebagai berikut.

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Imun

Sitem imun tubuh harus kita jaga dengan baik, agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Lalu, apakah ada hubungannya antara minyak dari bunga matahari dan sistem imun tubuh? Ada, minyak biji bunga matahari menjadi sumber asam lemak tak jenuh ganda, yang dapat melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Karena asam lemak memiliki efek yang cukup signifikan pada sistem kekebalan tubuh, serta dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan serangan infeksi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Sama halnya seperti menjaga sistem imun tubuh, kesehatan jantung juga harus selalu dijaga. Salah satunya dengan memanfaatkan minyak biji bunga matahari. Sebab, kandungan vitamin E di dalamnya dapat mencegah radikal bebas berbahaya untuk mengoksidasi kolesterol tubuh. Seperti yang kita tahu, bahwa kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan hipertensi, aterosklerosis, serangan jantung atau stroke. Di sampng itu, kandungan asam oleat dalam minyak bunga matahari juga dapat memberi efek yang baik pada lipid darah dan aktivitas koagulan.

3. Menyembuhkan Luka

Dilansir dari sehatq.com, sebuah studi pada hewan menemukan bahwa penggunaan minyak dari bunga matahari secara topikal dapat membentu menyembuhkan luka lebih cepat. Kandungan asam oleat yang terdapat di dalamnya menjadi sumber untuk perawatan luka. Namun, jangan untuk penggunaannya, jangan dioleskan langsung pada luka yang terbuka, ya.

4. Mengatasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang terlalu banyak di dalam darah dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras atau menyempit. Jika aliran darah menuju jantung terhambat, maka dapat terjadi penyakit jantung. Tentunya kamu tak ingin kan merasakan hal ini? Tenang saja, ini bisa kamu atasi hanya dengan memanfaatkan minyak dari bunga matahari. Seperti yang telah disebutkan oleh beberapa studi, bahwa mengonsumsi minyak biji bunga matahari dalam pola makan sehari-hari dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol total serta LDL atau low density lipoprotein atau (lebih dikenal dengan kolesterol jahat).

5. Meningkatkan Energi

Kandungan asam lemak yang terdapar pada biji bunga matahari dipercaya dapat meningkatkan energi tubuh. Namun, bukan hanya itu saja, minyak ini juga dapat membantumu kenyang lebih lama, sehingga mengonsumsi makanan secara berlebihan dapat dihindari.

6. Dapat Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam minyak biji bunga matahari dapat membantu melawan radikal bebas, sehingga berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, selenium yang ada pada minyak dari bunga matahari juga dapat memperbaiki kerusakan sel.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Minyak biji bunga matahari mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak tersebut dapat meningkatkan daya cerna sehingga menciptakan pencernaan yang sehat dan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan.

8. Mengatasi Kutu Air

Kutu air merupakan infeksi jamur yang biasanya terdapat di antara sela-sela jari kaki. Jika terdapat kutu air, rasanya gatalnya sangat mengganggu sekali. Tak semua obat bisa mengatasi hal ini. Tapi, dengan mengoleskan minyak dari bunga matahari pada area yang terkena kutu air, penyembuhannya akan lebih cepat.

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahri untuk Kecantikan

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Selain manfaat bunga matahari yang dapat digunakan untuk kesehatan, ternyata bermanfaat untuk kecantikan, salah satunya menjaga kelembapan kulit. Sifat emolien yang ada pada minyak ini, mampu menjaga agar kulit tetap lembap. Selain itu, kandungan vitamin E yang ada pada minyak biji bunga matahari, mampu menjaga kulit dari dehidrasi.

2. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Munculnya tanda penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, hingga kendur, soelah menjadi mimpi buruk baru setiap orang, terutama para wanita. Untuk mengatasinya, ternyata cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan minyak dari bunga matahari yang mememiliki sifat antioksidan. Serta vitamin E tinggi yang dikenal mampu meningkatkan produksi kelogen sehingga membuatmu bisa mendapatkan kulit yang halus, lembut, dan tentunya tampak awet muda.

3. Melembutkan Rambut

Bukan hanya bermanfaat untuk kulit saja, minyak dari bunga matahari dapat juga dimanfaatkan menjadi kondisioner atau pelembap rambut yang mampu mengatasi rambut kering, rusak, dan frizzy. Jadi, jika ingin mendapatkan rambut yang berkilau dan lembut, jangan ragu untuk memanfaatkan minyak bunga matahari, ya.

4. Mengatasi Jerawat

Di dalam minyak bunga biji matahari, tidak hanya terkandung vitamin E saja, namun terdapat pula vitamin A, C, dan D. Ketiganya dipercaya mampu mengatasi jerawat yang membandel. Selain itu, kandungan vitamin dan asam lemak yang ada pada minyak bunga matahri berperan sebagai antioksidan utnuk meregenerasi sel-sel kulit yang baru. Sehingga, dapat membantu kulit terbebas dari bakteri yang bisa menimbulkan jerawat.

5. Mencegah Infeksi dan Membantu Dalam Peremajaan Kulit

Telah terbukti, bahwa kandungan asam lemak esensial, seperti omega-3 di dalam minyak biji bunga matahari, sangat efetif untuk menghilangkan infeksi pada kulit. Di antaranya seperti luka bakar atau demarititis. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh minyak ini pun, mengandung asam linoleat yang bekerja sama dengan asam lemak omegaa-6 untuk membantu meregenerasi sel-sel kulit. Dengan begitu, minyak tersebut tak hanya mampu mencegah infeksi bakteri saja, namun juga dalam hal meremajakan kulit.

Setelah melihat beragam manfaat yang bisa didapat dari minyak biji bunga matahari, apakah kamu sudah tertarik untuk mencobanya? Tapi, ada baiknya tidak menggunakan secara berlebihan, ya. Sebab, efek samping minyak bunga matahari jika dipakai tidak dengan aturan, akan menyebabkan ketidakseimbangan asam lemak dalam tubuh, yang dampaknya cukup berbahaya untuk tubuh.

Baca Juga: Ragam Manfaat Bunga Matahari Dan Cara Merawatnya

Sebelum memanfaatkan minyak dari bunga matahari, pastikan kondisi keamananmu baik-baik saja. Sebab, dikhawatirkan minyak bunga matahari dapat memicu reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal, batuk, pusing, hingga muntah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.