10 Cara Agar Lebih Bahagia di Pagi Hari

  • Bagikan
10 Cara Agar Lebih Bahagia di Pagi Hari
guesehat.com

Seruni.id – Memulai hari dengan perasaan yang bahagia, tentu akan membuat kita menjadi lebih maksimal untuk menjalani hari. Apalagi, jika kamu menerapkan beberapa cara agar lebih bahagia di pagi hari yang akan Seruni bagikan ini, pastinya hari-harimu akan terasa lebih ringan, loh.

10 Cara Agar Lebih Bahagia di Pagi Hari
today.line.me

Tidak ada satu orang pun yang bisa menjadi bahagia 100 persen setiap harinya, terlebih mood seseorang tak melulu stabil, terkadang naik dan turun. Belum lagi pandemi Covid-19 ini membuat kita sulit untuk berpikir positif. Meski demikian, kita tetap bisa mengusahakan kebahagiaan saat memulai hari di tengah waktu sulit ini, yakni dengan menerapkan beberapa cara agar lebih bahagia di pagi hari berikut ini.

1. Tetapkan Pikiran untuk Bahagia

Menjadi bahagia bukanlah tentang apa yang kita miliki atau apa yang terjadi, melainkan tentang bagaimana kita beraksi dan bereaksi. Kebahagiaan adalah pilihan, untuk bisa bahagia setiap hari, maka tanamkan pikiran positif dan yakinkan bahwa dirimu memang bahagia, terlepas apa pun yang terjadi. Menurut sebuah penelitian, bahwa separuh dari kebahagiaan kita terikat dengan apa yang kita pikirkan dan lakukan. Jadi, lebih baik, bertekadlah untuk berbahagia, berpikirlah untuk bahagia, dan kebahagiaan pun akan datang.

2. Melakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Melakukan sesuatu untuk orang lain, adalah salah satu cara agar lebih bahagia di pagi hari dan juga dapat meningkatkan semangat, loh. Bahkan, menurut penelitian dalam International Journal of Hapiness and Development, memberikan waktu luangmu bagi orang lain, jauh lebih baik daripada sekadar memberikan uang.

Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang diminta melakukan suatu hal baik. Ada kelompok yang melakukan kebaikan bagi orang lain, ada pula kelompok yang melakukan kebaikan untuk lingkungan seperti membuang sampah, sedangkan kelompok terakhir memanjakan diri sendiri seperti pergi makan siang di luar.

Dari beberapa kelompok tersebut, ternyata orang yang melakukan kebaikan pada lingkungan dan orang lain mereka adalah orang yang bahagia. Dapat kita simpulkan, bahwa melakukan hal baik untuk orang lain akan membuat diri merasa lebih bahagia. Selain itu, melakukan hal tersebut akan membuat pandangan hidup jauh lebih baik.

3. Meluangkan Waktu untuk Orang yang Dicintai

Cara agar lebih bahagia di pagi hari berikutnya yakni dengan meluangkan waktu untuk orang yang dicintai. Entah itu keluarga, adik, kakak, sahabat, atau pasanganmu. Menurut sejumlah penelitian, menghabiskan waktu dengan orang terkasih membuat perbedaan besar pada perasaan bahagia secara umum. Meskipun hanya sekadar mengobrol santai saja. Penelitian telah membuktikan bahwa manusia adalah makhluk sosial dan berkembang dengan hidup bersama orang lain. Waktu sosial sangat berharga untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang, bahkan untuk si introvert.

4. Tersenyum

Banyak hal-hal sederhana yang dapat meningkatkan kebahgiaan, salah satunya adalah tersenyum. Penelitian telah mengaitkan tindakan sederhana seperti tersenyum, agar perasaan lebih bahagia dan mengurangi rasa cemas. Senyum sendiri merupakan ekspresi yang dapat menciptakan suasana hati yang lebih baik melalui ekspresi wajah dan gerak tubuh.

5. Lihat ke Belakang dan Maju

Pernah menyesali sesuatu? Lantas, apa yang kamu dapatkan? Perlu kamu ingat, segala sesuatu yang sudah terjadi, biarlah berlalu. Sebab, menyesali sesuatu hanya membuat diri tidak bahagia. Namun, penelitian yang dirilis di Health Psychology menemukan bahwa kenangan baik, terutama kenangan masa kecil, sangat berkaitan dengan hidup yang lebih sehat.

Salah satu cara agar lebih bahagia di pagi hari adalah dengan menuliskan segala momen yang membahagiakan yang pernah kamu lalui. Setelah itu, teruslah berjalan maju. Intinya, menemukan kebahagiaan di masa lalu dapat membantu kita melihat masa deoan dengan lebih baik.

6. Selalu Menanamkan Rasa Syukur

Bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Bersyukur juga menjadi salah satu cara untuk menghargai apa yang dimiliki, daripada selalu berpikir bahwa dirinya akan merasa puas ketika semua kbutuhan fisik dan materi terpenuhi. Pada intinya, rasa syukur dapat menyingkirkan kesedihan, rasa terpuruk, dan konsidi negatif lainnya. Jadi, jangan lupa menerapkan cara agar lebih bahagia di pagi hari yang satu ini, ya.

7. Menikmati Momen yang Ada

Menikmati pengalaman positif dapat membuat kita menghargai segala yang terjadi di sekeliling kita. Namun sayangnya, sering kali kita disibukkan dengan berbagai tugas. Untuk menikmati momen yang ada, maka kita perlu berhenti sejenak. Memberi perhatian penuh dapat membuat kita menyadari suatu momen dan hal baik yang dibawanya. Memang, untuk mempraktikannya cukup sulit di tengah pandemi ini, tetapi cobalah untuk melihat ini sebagai kesempatan untuk menantang diri sendiri.

8. Mempelajari Hal Baru

Melatih sesuatu yang kamu sukai bisa membuatmu lebih bahagia. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan mood-mu. Setiap hari, sisihkanlah waktu untuk memikirkan sesuatu yang kamu sukai. Ini bisa menjadi hobi atau mungkin beberapa pelatihan profesional yang bisa kamu tambahkan ke resume-mu.

9. Bergerak

Cara agar lebih bahagia di pagi hari adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan saja, tapi juga berguna untuk meningkatkan suasana hati. Sebab, dengan berolahraga akan merilis endorphin yang mengaktifkan ‘sistem penghargaan’ tubuh, alias memerintah tubuh untuk ‘tidak melakukan suatu hal buruk lagi’ dengan membuat seseorang merasa lebih baik, mengurangi stres, dan meningkatkan mood. Untuk meningkatkan rasa bahagia tersebut, sebaiknya lakukanlah olahraga di luar rumah secara rutin di pagi hari.

10. Mencari Kabar Baik

Berita positif dan negatif datang silih berganti. Entah melalui pesan singkat atau melalui siaran televisi di pagi hari. Kita tidak bisa mengontrol mereka untuk tidak memberitakan hal negatif, tapi cobalah untuk mengontrol diri sendiri dan memfilter berita apa yang ingin kamu ketahui. Untuk hidup lebih tenang dan bahagia, lebih baik kurangilah berita positif dan carilah kabar baik. Bahkan, sebuah penelitian mengatakan, bahwa menonton berita positif selama tiga menit jauh lebih baik daripada menonton berita negatif di pagi hari, dan dapat meningkatkan kebahagiaan saat memulai hari sebanyak 27 persen.

Baca Juga: 7 Aroma yang Dapat Meningkatkan Mood Menjadi Lebih Bahagia

Itulah beberapa cara agar lebih bahagia di pagi hari. Namun, hal yang perlu diketahui tentang kebahagiaan adalah bahwa itu bukanlah dari keadaan saat ini. Jika kamu terus berpikir bahwa kamu perlu mengubah keadaan sebelum kamu bisa bahagia, maka kamu tidak akan mencapainya. Jika kamu menerima emosi kegembiraan di sini dan saat ini, kebahagiaan akan meningkat.

  • Bagikan