11 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

cara menghilangkan kantung mata

Seruni.id – Semua orang pastinya ingin selalu terlihat fresh, kan? Namun apa daya, tumpukan pekerjaan setiap hari selalu menanti dan terkadang membuat kita kelelahan hingga kurang tidur. Ini menjadi penyebab muncul kantung mata. Meskipun banyak produk yang memiliki fungsi menghilangkan kantung mata. Tapi, produk tersebut bisa jadi tidak cocok, apalagi kalau kamu memiliki kulit sensitif.

cara menghilangkan kantung mata

Terkait hal tersebut, berikut Seruni berikan beberapa cara alami menghilangkan kantung mata. Pastinya tanpa efek samping yang berbahaya. Langsung saja simak caranya berikut ini.

1. Hindari Cahaya Matahari Berlebih

Cahaya matahari memang baik untuk kesehatan kulit. Namun, jika berlebihan justru akan menyebabkan kulit mengendur dan berdampak pada kantung mata. Untuk itu, gunakanlah kacamata saat keluar luar, demi melindungi dari sinar matahari secara langsung. Hal ini bertujuan untuk menghindari pembesaran pada kantung mata.

2. Gunakan Es Batu

Batu es dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kecantikan. Salah satunya yakni mengatasi kantung mata. Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu cukup mudah, yakni dengan membungkus es batu menggunakan handuk atau kain bersih. Kemudian kompres pada area mata sekitar 10 menit dengan jeda beberapa kali.

3. Manfaaatkan Sendok

Kamu bisa menggunakan sendok dingin untuk mengatasi kantung mata. Meski terdengar aneh, namun cara ini cukup efektif. Kamu hanya membutuhkan sendok besi yang telah didinginkan sebelumnya, kemudian letakkan di atas kantung mata guna mengurangi benjolan yang dihasilkan pada kantung mata. Hal tersebut disebabkan oleh suhu yang dingin, sehingga dapat mengencangkan aliran darah.

4. Kompres dengan Kantung Teh Celup

Jangan buang kantung teh sisa, ya. Walaupun kamu menganggap kantung bekas teh sudah tidak terpakai, tapi nyatanya masih bisa dimanfaatkan kembali, loh. Salah satunya untuk menghilangkan kantung mata yang menganggu. Hal ini karena tannin pada kantung teh celup dapat mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata. Sebelum menggunakannya, simpan kantung teh celup semalaman di dalam kulkas untuk digunakan di pagi harinya. Barulah letakkan di atas mata dalam keadaan tertutup, kurang lebih selama 10-15 menit.

5. Minyak Zaitun

Oilve oil alias minyak zaitun banyak digunakan untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Namun, tidak hanya itu, minyak ini juga mampu membantu untuk menghilangkan kantung mata. Ini karena kandungan antioksidan di dalamnya. Minyak zaitun mampu membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya gunakan ke area kantung mata dan pijat secara perlahan. Pastikan kamu menggunakannya setiap hari sebelum tidur, ya.

6. Irisan Mentimun

Simpan irisan mentimun di dalam kurlas selama semalaman sebelum digunakan keesokan harinya. Saat menggunakannya, letakkan irisan mentimun pada kedua matamu dalam keadaan tertutup, kemudian biarkan selama 10-15 menit sambil berbaring. Lakukan cara ini dengan rutin, apalagi bagi kamu yang sering begadang.

7. Tomat

Selain mentimun, tomat juga memiliki khasiat yang serupa. Tomat tidak hanya dapat menghilangkan kantung mata saja, tapi juga akan memberikan kulit mata terasa lebih kenyal dan halus. Kamu dapat menggunakan tomat yang sudah diolah menjadi jus dan menaruhnya di bawah mata. Tunggu sekitar 10 menit hingga mengering lalu cuci dengan air bersih. Cara ini bisa kamu lakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

8. Susu

Memanfaatkan susu yang telah didinginkan merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba. Selain menghilangkan kantung mata, menggunakan susu dingin akan membuat matamu lebih segar. Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Yaitu dengan mencelupkan selembar kapas ke susu dingin, tempelkan ke area kantung mata, diamkan sejenak, kemudian cuci wajah hingga bersih.

9. Rajin Olahraga

Senyawa negatif yang menumpuk di dalam tubuh, dapat menjadi penyebab lingkaran mata menghitam. Tapi tenang saja, senyawa tersebut dapat dikeluarkan melalui keringat dengan cara berolahraga di pagi hari, sebelum melakukan aktivitas rutin.

10. Madu

Manfaat lain dari madu yang jarang diketahui orang adalah dapat menghilangkan kantung mata. Mengoleskan madu pada kantung mata akan membuatnya cerah kembali. Caranya yaitu, oleskan madu pada kantung mata, diamkan selama 12 menit, setelahnya baru dibilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan madu setiap hari sebelum tidur.

11. Menghentikan Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang kurang baik dapat menjadi penyebab munculnya kantung mata. Untuk itu, sebaiknya ubahlah gaya hidupmu menjadi lebih sehat lagi. Yakni dengan cara tidak meminum minuman beralkohol atau merokok. Karena, merokok bisa menguras seluruh vitamin C yang tersimpan di dalam tubuh, dimana vitamin C sendiri berfungsi untuk menciptakan kolagen yang sehat pada kulit.

Baca Juga: Jangan Diremehkan 11 Kondisi Mata Ini Bisa Menjadi Tanda Adanya Penyakit!

Setelah Seruni berikan caranya, kamu tak perlu khawatir lagi dengan kantung matamu, ya. Cara di atas tidak hanya berlaku untuk menghilangkan kantung mata saja, tetapi juga bisa membuat binar matamu lebih fresh. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.