Jangan Diremehkan 11 Kondisi Mata Ini Bisa Menjadi Tanda Adanya Penyakit!

Jangan Diremehkan 11 Kondisi Mata Ini Bisa Menjadi Tanda Adanya Penyakit!
popbela.com

Seruni.id – Mata merupakan salah satu panca indera manusia yang memiliki fungsi sangat penting. Dengan kedua mata, kita bisa melihat alam nan indah ciptaan-Nya. Di balik fungsinya, kondisi mata bisa mendeteksi berbagai masalah gangguan kesehatan, loh.

Jangan Diremehkan 11 Kondisi Mata Ini Bisa Menjadi Tanda Adanya Penyakit!
suara.com

Melalui mata, seorang dokter biasanya akan mendeteksi gejala-gejala penyakit lain yang terjadi pada tubuh kita. Berikut ini ada beberapa jenis gangguan pada mata yang bisa menjadi pertanda adanya masalah pada tubuh.

1. Buram Mendadak

Pernah mengalami mata yang tiba-tiba buram? Ini bisa saja menjadi sebuah tanda adanya masalah di aliran darah ke mata atau otak. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, ya. Melainkan harus diperhatikan agar tidak berlanjut pada masalah yang lebih serius. Apabila matamu buram dan cepat kembali normal, ini mungkin merupakan peringatan stroke atau awal dari migrain.

2. Bintik Putih di Bagian Kornea

Kondisi mata yang seperti ini, memang cukup umum di antara para pemakai lensa kontak. Tapi hati-hati, karena bisa jadi ini adalah tanda adanya infeksi kornea atau bahkan cedera mata kecil yang disebabkan oleh lensa kontak. Bagi kalian yang sering memakai lensa kontak kedaluwarsa atau dengan waktu yang cukup lama, maka akan sangat berisiko.

3. Ukuran Pupil yang Berbeda

Pupil mata yang sehat akan bereaksi sama terhadap cahaya. Namun, jika reaksinya tidak sama, segeralah periksakan ke dokter, ya. Sebab, reaksi ini bisa saja menjadi salah satu tanda adanya gejala stroke atau tumor otak yang dapat menyerang saraf optik dan aneurisma otak.

4. Penglihatan Kabur

Kondisi mata seperti penglihatan yang kabur bisa menjadi salah satu tanda awal diabetes. Hal ini disebabkan akibat terlalu banyak gula dalam darah, sehingga membuat pandangan menjadi kabur dan sulit untuk fokus melihat, terutama saat malam hari. Biasanya dokter akan menggunakan laser guna menyelamatkan penglihatanmu.

5. Kelopak Mata Turun

Kondisi mata ini bisa menjadi gejala dari myasthenia gravis. Di mana penyakit tersebut akan menyerang sistem kekebalan tubuh serta melemahkan otot-otot, termasuk otot mata, wajah, hingga tenggorokan. Kondisi ini tentu sangat membuat tidak nyaman, apalagi ini juga bisa membuatmu sulit mengunyah, menelan, bahkan berbicara.

6. Lingkaran Putih di Sekitar Iris Mata

Kondisi mata yang satu ini seringkali terlihat ketika seseorang telah memasuki usia lanjut. Namun, jika hal ini terjadi meski usia masih muda, jangan abaikan tanda yang satu ini, ya. Sebab, lingkaran yang berada di area iris mata bisa menjadi salah satu tanda kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Biasanya berujung pada meningkatnya risiko serangan jantung atau stroke.

7. Mata Merah

Mata merah memang seringkali terjadi, terutama saat terkena debu maupun terkena shampoo ketika keramas. Namun, jika kondisi ini terjadi tanpa sebab, kamu harus waspada. Sebab, bisa saja mata merah menjadi sebuah pertanda adanya pernyakit tertentu. Seperti glaucoma, peningkatan tekanan intracranial (PTIK), atau diabetes. PTIK adalah komplikasi serius yang mengakibatkan herniasi dengan gagal pernapasan dan gagal jantung serta kematian.

8. Mata Kering

Kondisi mata kering menyebabkan penglihatan menjadi kurang nyaman. Dalam keadaan ini, biasanya secara refleks kita akan menggosok mata. Namun, tindakan ini hanya akan merusak kulit halus di sekitaran mata. Hal ini menyebabkan kelopak mata kendur dan menimbulkan kerutan. Selain itu, juga bisa meningkatkan efek udara, membuat mata semakin kering. Penyebab paling umum dari mata gatal adalah alergi musiman. Apabila kekeringan yang berlebihan disertai dengan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya, ini mungkin menunjukkan sindrom Sjogren yaitu gangguan sistem kekebalan tubuh yang langka.

9. Berkedut

Sebenarnya kondisi ini sangat umum dan seringkali terjadi, tidak berbahaya, dan bisa hilang dengan sendirinya. Biasanya hal ini disebabkan karena alkohol, kelelahan, kafein, kurang tidur, atau stress. Dalam beberapa kasus yang sangat jarang terjadi, ini tanda adanya masalah dengan sistem saraf, seperti multiple sclerosis.

10. Bagian Putih Mata Menguning

Kamu pernah mengalami bagian putih mata menguning? Biasanya, kondisi mata yang menguning ini disebabkan karena penurunan fungsi liver dan saluran empedu. Warna kekuningan juga bisa menjadi pertanda gejala utama hepatitis dan kanker pankreas.

11. Mata Menonjol

Bola mata yang menonjol dapat menjadi tanda bahwa kelenjar tiroidmu terlalu aktif bekerja. Kenaikan abnormal ini akan menyebabkan jaringan di sekitar mata membengkak sehingga bola mata akan menonjol.

Baca Juga: 6 Bahan Alami ini Mampu Mengatasi Bulu Mata yang Rontok

Mata dapat menjadi jendela untuk melihat kondisi kesehatanmu. Oleh karena itu saat berkaca, tidak ada salahnya kamu memperhatikan kondisi mata sebagai tindakan preventif suatu penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.