Cara Belajar Gitar untuk Pemula yang Mudah Dicoba

Cara Belajar Gitar untuk Pemula yang Mudah Dicoba
google.com

Seruni.id – Gitar merupakan alat musik yang cara bermainnya adalah dengan dipetik. Dari petikan tersebut keluarlah alunan yang sangat indah. Alat musik yang satu ini menjadi populer di kalangan anak muda. Namun cara belajar gitar ternyata tak semudah yang kita lihat. Perlu latihan ekstra, dan terpenting kita harus tahu berbagai kunci atau lebih dikenal dengan chord.

Cara Belajar Gitar untuk Pemula yang Mudah Dicoba
review.bukalapak.com

Semua genre musik selalu menggunakan alat musik ini untuk menambah keindahannya, mulai dari musik dangdut, pop, jazz, rock, indi, hingga metal. Selain itu, gitar juga dapat memberi kesan keren bagi yang memainkannya. Tak hanay musisi, namun orang biasa yang dapat memainkan alat ini juga akan tampak lebih keren. Apalagi ketika sedang nongkrong bersama teman, kita dapat menghangatkan suasana dengan bernyanyi yang diiringi dengan suara petikan gitar.

Nah, apakah kamu ingin tahu bagaimana cara belajar gitar yang benar? Jika iya, yuk simak di bawah ini, karena Seruni akan membagikan tips belajar kunci gitar lengkap dengan caranya, untuk melakukannya kamu bisa belajar bersama orang yang sudah profesional ataupun melakukan cara main gitar sendiri, selamat membaca!

Belajar Kunci Dasar Gitar

google.com
Keterangan gambar:
Tangan kanan.

P: Ibu jari disebut pulgar
i: Telunjuk disebut indice
m: jari tengah disebut medio
a: Jari manis disebut anular
ch: Kelingking disebut chico

Tangan kiri

Open string 0
Telunjuk dengan nomor 1
jari tengah dengan nomor 2
Jari manis dengan nomor 3
Kelingking dengan nomor 4

Kenali Macam-macam Chord Gitar

Jika kamu memang ingin tahu bagaimana cara belajar gitar dari nol, sebaiknya kamu harus pahami hafali kunci atau chord yang terdapat pada gitar. Selama kamu bisa menguasai chord gitar tesebut, maka kamu bisa belajar sendiri di rumah. Apalagi kini telah dipermudah dengan kecanggihan internet, kamu bisa belajar melalui banyak media, seperti YouTube. Untuk pelajaran dasarnya, kamu bisa mempelajari terlebih dahulu posisi kunci gitar seperti yang tertera di bawah ini.

• Kunci A
google.com

Sepeti yang terlihat pada gambar, perhatikan posisi jari ketika hendak memetik gitar pada chord A. Jari telunjuk berada di senar ke 4 dan kolom ke 2, kemudian jari tengah berada di senar yang ke 3 dan kolom ke 2. Sedangkan untuk jari manis, berada di senar ke 2 dan kolom ke 2. Untuk senar ke 6, kamu tidak memerlukan genjreng, namun senar ke 1 dan ke 5 harus ikut dibunyikan.

• Kunci AM
google.com

AM atau A Minir ini harus memposisikan jari telunjukmu berada di senar ke2 dan kolom ke 1. Dan untuk jari tengah, letakkan pada kolom ke 4 dan kolom ke 2, sedangkan jari manis berada di senar ke 3 kolom ke 2. Sama halnya dengan kunci A maka senar ke 6 tak perlu dibunyikan. Sebab, yang dibunyikan hanyalah senar ke 1 dan ke 5.

• Kunci B
google.com

Chord B ini terbilang cukup rumit, loh. Sebab, ketika memainkan kunci B ini, maka dibutuhkan kelenturan pada jarai-jemarimu. Dengan posisi jari berikut jari telunjuk menekan senar ke 1 dan ke 5 di kolom ke 2 sehingga jari menjadi lebih lurus. Kemudian jari manis berada di senar ke4 dan kolom ke 3. Nah, posisi jari kelingking sendiri berada di senar ke 3 dan kolom ke 3, untuk jari tengah sebaiknya gunakan untuk tetap menutup senar ke 6 agar tidak berbunyi.

• Kunci BM
google.com

Pada dasarnya posisi jari pada kunci BM atau B Minir ini hampir sama dengan kunci B. Hanya saja terdapat perbedaan pada tata letaknya. Jika kunci B jari tengah digunakan untuk menutup senar ke 6, maka di kunci B minir jari tengah digunakan untuk menekan senar ke 2 dan kolom ke 2 untuk. Sedangkan senar yang ke 6 juga tidak perlu dibunyikan.

• Kunci C
gambar kunci gitar a b c d e f g
gambar kunci gitar a b c d e f g

Berbeda dengan kunci C, kunci yang satu ini ternyata lebih mudah dibandingkan dengan kunci B. Untuk posisi jarinya, letakkan jari telunjuk pada senar ke 2 dan kolom ke 1, jari tengah berada di senar ke 4 dan kolom ke 2, sedangkan jari manis berada di senar ke 5 dan kolom ke 3. Serupa dengan kunci launnya, untuk bagian senar ke 6 tak perlu dibunyikan.

• Kunci D
google.com

Berikutnya adalah kunci yang paling sederhana. Yaitu jari telunjuk berada di senar ke 3 dan kolom ke 2. Lalu jari tengah berada pada senar e 1 dan kolom ke 2, untuk jari manis berada di senar ke 2 dan kolom yang ke 3. Sedangkan senar 5 dan 6 tidak perlu dibunyikan.

• Kunci E
google.com

Posisi chord gitar berikutnya adalah kunci E, yang berada di posisi jari telunjuk ada di senar ke 3 dan kolom ke 1, jari tengah berada di senar ke 5 dan kolom ke 2, sedangkan untuk jari manis berada di senar ke 4 dan kolom ke 2. Untuk memainkan kunci E ini semua senar dapat dimainkan.

• Kunci EM
thegorbalsa.com

Chord gitar E Minor juga mudah, loh. Karena kamu hanya memerlukan 2 jari saja untuk membentuknya. Misalnya jari tengah berada di senar ke 3 dan kolom ke 2, dan jari manis berada di senar ke 4 dan kolom ke 2. Serupa dengan kunci E maka semua senar dapat dibunyikan.

• Kunci F
google.com

Hampir sama dengan kunci C, kunci F memiliki posisi jari telunjuk yang menekan senar 1 dan 2 di kolom 2. Lalu jari tengah menekan senar ke 3 kolom ke 2, dan untuk jari manis berada di senar ke 4 dan kolom ke 3. Seperti yang lainnya, senar yang ke 6 tidak perlu dimainkan.

• Kunci G
google.com

Kunci dasar yang berikutnya pada permainan gitar adalah kunci G, yang di mana jari telunjuk berada di senar ke 5 dan kolom ke 2. Jari tengah berada di senar ke 1 dan kolom ke 3, di kunci G ini semua senar dapat dibunyikan.

• Kunci D7
thegorbalsla.com

Posisi jari pada kunci D7 adalah jari telunjuk berada di senar ke 2 dan kolom ke 1, dan jari tengah menekan senar ke 3 dan kolom ke 2, sedangkan posisi jari manis beada di senar ke 1 dan kolom ke 2.

Sebelum Memulai Bermain Gitar, Pastikan Kamu Sudah Memegangnya dengan Benar

hipwee.com

Setelah kamu mengetahui berbagai macam chord gitar, kamu juga harus paham dan mengetahui bagaimana cara memegang gitar dengan benar. Jika kamu tidak kidal, kamu bisa menggunakan tangan kiri untuk menekan senar-senar pada leher gitar, dan menggunakan tangan kanan untuk memetik atau meggosok senar yang berada di depan lubang suara atau brigde.

• Pastikan kamu sedang dalam posisi nyaman, baik duduk di kursi atau di bangku. Dan gitar pun harus dalam posisi horisontal. Pegang bagian belakang gitar agar gitar menyentuh perut dan dada, pastikan pula posisi gitar bertumpu pada kaki dominan kamu.

• Kemudian letakkan gitar di paha, pastikan gitar berada di pangkuanmu. Kamu dapat menggunakan tangan kiri untuk menahan leher gitar dan menstabilkan suara. Nah, jari jempol bisa kamu gunakan untuk menahan gitar di bagian leher yang melengkung, sedangkan keempat jari berada di bagian fret (bagian datar gitar), karena keempat jari ini yang nantinya akan digunakan untuk menekan kunci gitar.

Cara Memetik Gitar dengan Benar

markamebel.com

Setelah mengetahui cara memegang gitar dengan benar beserta dengan chordnya, kamu bisa memulai untuk naik level. Cara belajar main gitar sendiri untuk para pemula, yang harus kamu hafal adalah penempatan jari pada setiap senar. Pada tahap ini kamu bisa belajar menggunakan 5 jari. Cobalah mulai dengan meletakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4.

Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Dengan cara ini, perlahan-lahan kamu akan bisa dengan mudah menguasai bagaimana memetik senar gitar, yang terpting adalah hafal di mana letak atau posisi jarimu pada senar.

Pada setiap kunci gitar memiliki cara sendiri untuk menghasilkan nada-nada yang berbeda. Ketika kamu memainkan kunci A, maka kamu hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk memainkan kunci A, AM, atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

Stem Gitar

google.com

Menyetem gitar pasti tidak akan dapat kamu hindari jika kamu berurusan dengan gitar. Agar bunyi yang dihasilkan bagus dan cocok dengan nada gitar sebenarnya kamu harus mengetahui bagaimana cara menyetem gitar. Ada beberapa metode yang sapat kamu gunakan untuk menyetem gitar, yaitu menyetem dengan tuning standar, menyetem gitar memakai tuner (aplikasi android juga bisa), menyetem memakai teknik harmonik. Kamu dapat menggunakan beberapa metode tersebut untuk menyetem gitar akustik maupun gitar elektrik.

Selain menggunakan beberapa metode tersebut untuk menyetem gitar, kamu juga dapat menyetem gitar secara manual. Menyetem gitar secara manual sebenarnya dapat dilakukan siapa saja, karena cara ini sangat sederhana. Berikut cara yang dapat kamu gunakan untuk menyetem gitar secara manual.

• Pada fret ke-5, tekanlah senar 6, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan.
• Pada fret ke-5, tekanlah senar 5, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan.
• Pada fret ke-5, tekanlah senar 4, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan.
• Pada fret ke-4, tekanlah senar 3, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan.
• Pada fret ke-5, tekanlah senar 2, tanpa menekan fret manapun, lalu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan.

Rutin Berlatih Memainkan Kunci-kunci Dasar

haurgeulis.com

Agar jari semkain lihai memetik gitar sehingga menghasilkan nada yang indah, kamu harus rutin belajar menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang berada di leher gitar. Pastikan kamu hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja. Setelah itu, mulailah memainkan kunci dasar. Pilih dari yang menurut kamu termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama.

Pastikan kamu tidak asal menggenjrengnya, ya. Usahakan untuk bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Jika kamu sudah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, kamu baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya. Ulangi langkah-langkah tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah bisa semua, jangan langsung buru-buru ingin memainkan lagu. Berlatihlah lagi selama beberapa waktu supaya kamu semakin hafal letak kuncinya dan jarimu semakin lihai dalam memainkannya.

Belajar melodi

slashkygitaris.com

Bagi kamu yang sedang sedang berlatih bermain gitar, tahap ini merupakan bagian yang paling sulit. Sebab, di tahap ini, kamu mulai belajar melodi dan membaca not. Nah, berikut ini tiga langkah yang bisa kamu coba saat belajar melodi:

1. Cari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Tabulasi adalah proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan kamu dalam belajar melodi.

2. Pahami scale. Ini adalah cara untuk mencari melodi dalam lagu. Kalau kamu sudah paham tentang scale, kamu bakal mudah menebak melodi pada lagu. Scale yang paling umum dan mudah dipahami adalah pentatonic scale.

3. Kalau kamu sudah mengenali tabulasi dan scale, tahap terakhir cara bermain gitar untuk pemula adalah belajar berimprovisasi. Cara ini membutuhkan feeling yang bagus, pendengaran, dan insting yang kuat dalam menentukan nada. Kamu bisa melatihkan dengan mendengar sebuah lagu, kemudian menyusun nada yang sesuai dengan alur dalam satu melodi.

Tahap ini memang lebih rumit dari langkah sebelumnya. Proses terpenting dalam belajar melodi adalah feeling, skill, dan improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Sehingga dengan cara itu, kamu bisa menciptakan harmoni yang indah.

Memilih 1 lagu dengan kunci dasar

ceritamedan.com

Ketika kamu sudah mahir memainkan kunci dasar, maka cara belajar gitar untuk pemula selanjutnya adalah memilih satu lagu dengan kunci dasar. Pilih dulu lagu yang mudah dengan kunci-kunci dasar supaya jarimu lebih terbiasa. Dengan memilih satu lagu utuh maka jari-jari akan terlatih untuk bergerak dari satu kunci ke kunci lainnya.

Baca Juga: Lagu Terakhir Kelompok Musik yang Hampir Bubar

Nah, itu tadi cara bermain gitar untuk pemula. Jika sudah berhasil memainkan satu lagu secara utuh, kamu bisa mencoba memainkannya di depan teman-temanmu untuk meminta kritik dan saran sekaligus belajar tampil di depan umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.