Cara Cek Rekening Penipu, Mudah dan Aman

  • Bagikan
Cara Cek Rekening Penipu, Mudah dan Aman
tipspintar.com

Seruni.id – Ingin tahu bagaimana cara cek rekening penipu? Seruni akan membantumu untuk mengetahui caranya berikut ini:

Cara Cek Rekening Penipu, Mudah dan Aman
suara.com

Maraknya kasus penipuan membuat kita harus ekstra waspada. Apalagi, saat ini banyak sekali penipuan yang terjadi melalui media sosial, di mana mereka seolah menjual barang. Namun, ketika pembeli sudah mengirimkan sejumlah uang, barangnya justru tidak mereka kirimkan. Tidak hanya membuat jengkel, hal ini juga bisa menimbulkan kerugian, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Maka dari itu, sebelum berbelanja secara online, kamu harus memastikan keaslian rekening tersebut, ya. Agar hal yang tidak diinginkan tidak menimpa dirimu. Nah, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa cara cek rekening penipu dengan mudah, aman, dan bisa dilakukan secara online juga, loh. Yuk disimak baik-baik.

 

1. CekRekening.id

Sudah pernah menggunakan situs CekRekening.id untuk mengetahui rekening penipuan? Tahu gak sih, ternyata situs ini snegaja dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melayani laporan masyarakat terkait tindak peniupuan secara daring.

Selain itu, CekRekening.id juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai wadah perlindungan dan pengaduan yang disediakan secara gratis. Oh ya, cara cek rekening penipu dengan menggunakan situs ini, tidaklah sulit, loh. Bahkan, kamu bisa mengunjunginya melalui smartphone maupun pc.

  • Buka halaman website https://cekrekening.id/
  • Jika sudah, nantinya akan ada form nama bank dan nomor rekening yang hendak dilaporkan.
  • Kemudian, data yang telah kamu masukkan adakan diverifikasi terlebih dahulu oleh tim cekrening.
  • Setelah beberapa saat, nantinya akan muncul data verifikasi rekening tersebut. Untuk mengetahui apakah rekening tersebut pernah melakukan tindak penipuan atau tidak, ditandai dengan adanya riwayat pelaporan.
  • Setelah proses pelaporan, maka akan muncul informasi mengenai nama pemilik rekening, nama bank, serta rekaman transaksi.

Cekrekening tidak hanya melayani laporan terkait penipuan saja, mereka juga memberi ruang untuk pengaduan mengenai invesstasi palsu dan kejahatan lain yang terjadi di skitarmu.

Sebagai catatan, situs ini akan membantumu melacak nomor rekening yang dilaporkan. Namun, laporan data dari cekRekening.id, tergantung pada laporan sebelumnya. Apabila nomor yang kamu adukan sudah tercatat data laporannya, kemungkinan nomor rekening tersebut tidak terdata sebagai rekening penipu.

 

2. Lapor.go.id

Lapor.go.id, alias Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat, merupakan salah satu situs yang akan membantumu untuk cek rekening penipu. Ini merupakan situs yang disediakan oleh Kepolisian Republik Indonesia, yang dapat kamu gunakan untuk melaporkan kasus kriminal. Selain melaporkan kasus penipuan secara daring, kamu juga dapat melaporkan kasus kriminal lainnya di situs ini. Adapun cara cek rekening penipu, cukup mudah, yaitu:

  • Buka situs resmi lapor.go.id.
  • Setelah itu, pilih pengaduan, jika kamu mengalami penipuan atau pilih permintaan informasi untuk melacak nomor rekening.
  • Isi data yang dibutuhkan, serta bukti yang kamu miliki, agar pengaduanmu lebih cepat diproses.

 

3. @indonesiablacklist

Cara cek rekening penipu lainnya, yaitu dengan mengunjungi akun Instagram @indonesiablacklist. Akun tersebut merupakan wadah untuk mengumpulkan data kasus penipuan yang terjadi di berbagai toko online, salah satunya Instagram. Jika kamu ingin tahu keaslian rekening toko online, maka kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  • Kunjungi akun Instagram @indonesiablacklilst atau IBL.
  • Cek akun rekening yang ingin kamu ketahui, apakah terdapat dalam daftar yang ditulis akun IBL atau tidak.
  • Jika kamu tidak menemukan user name dari akun tersebut, kemungkinan besar akun tersebut bukan penipuan.

 

4. Kredibel.co.id

Kamu juga bisa mengunjungi situs kredibel.co.id untuk cek rekening penipu. Sama halnya seperti cekrekening.id, situs ini juga dapat merekam jejak nomor rekening dan nama pemilik rekening yang kamu laporkan.

Jika sebelumnya rekning tersebut sudah tercatat, maka akan muncul keterangan jika nomor rekening tersebut adalah penipu. Dari segi prosedur, cara kerja dan penggunaan situs ini, sama seperti cekrekening.id. Adapun langkah yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Kunjungi situs resmi kredibel.co.id.
  • Masukkan nomor rekening atau nomor telepo di kolom pencarian yang akan kamu laporkan.
  • Data yang kamu masukkan, nantinya akan dilacak oleh pihak kredibel dan memberikan informasi, apakah nomor tersebut penipu atau bukan.

Baca Juga:

Itulah empat situs yang bisa kamu manfaatkan untuk cek rekening penipu. Keempat situs tersebut, akan membantu kamu untuk mendapatkan histori dari rekening tersebut.

Di mana, data rekening penipu ini merupakan data yang dikumpulkan dari beberapa laporan yang masuk melalui situs tersebut. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya. Kamu juga harus berhati-hati sebelum melakukan transaksi lebih lanjut.

  • Bagikan