9 Cara Cerdas Mengatasi Suami yang Pemalas

  • Bagikan
9 Cara Cerdas Mengatasi Suami yang Pemalas
simplemost.com

Seruni.id – Bagaimana cara mengatasi suami yang pemalas dan sulit baginya untuk mengubah sikap tersebut? Temukan jawabannya berikut ini, ya.

9 Cara Cerdas Mengatasi Suami yang Pemalas

Dalam banyak kasus, suami pemalas sering kali membuat para istri jengkel. Terlebih, jika sang istri adalah seseorang yang sejak kecil selalu diajarkan menjadi pribadi yang rajin. Tentunya hal ini sangat bertolak belakang, kan? Namun tenang saja, semua pasti ada jalan keluarnya. Agar suami keluar dari sifat malasnya itu, kamu bisa memotivasinya dengan berbagai cara berikut ini.

1. Buat Suami Merasa Dibutuhkan

Suami pasti akan senang sekali jika dirinya diberikan julukan sebagai ‘Pahlawan’, terutama bagi keluarganya. Salah satu cara cerdas mengatasi suami pemalas adalah dengan membuat mereka merasa dibutuhkan. Tunjukkan bahwa ada hal yang tidak bisa kamu lakukan dan hanya ia yang bisa menyelesaikannya. Seperti memasang bola lampu, mengecat dinding, atau sekadar memotong rumput di halaman.

Dengan demikian, mereka akan mulai menganggap dirinya penting dan bahwa hanya dia yang mampu mengerjakannya. Perasaan heroik tersebut, dapat membuat suami melepaskan rasa malasnya. Dengan cara ini, secara tidak langsung kamu telah berbagi peran dan tanggung jawab dengannya.

2. Beri Pujian Atas Kerja Kerasnya

Cara cerdas mengatasi suami pemalas berikutnya, kamu harus memberikan pujian padanya atas apa yang telah ia kerjakan. Meski ia mengerjakannya sambil bermalas-malasan. Namun, kamu tetap harus menghargai hal tersebut, ya. Walaupun sederhana, tapi kata-kata pujian akan sangat berdampak positif dan membuat mereka merasa bangga karena telah membantumu.

Ini akan menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. Mereka akan meniru hal positif tersebut dan bisa lebih rajin ke depannya. Dengan begitu, suami juga akan bekerja lebih keras untuk mengesankan hati anak-anak.

3. Hindari Memberi Ancaman

Ketika lelah melanda, emosi justru memuncak. Kalau kamu berharap suami menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab dalam urusan rumah tangga, maka kamu harus bertindak secara dewasa. Hindari memberi ancaman, berargumen dengan penuh emosi, atau selalu menyalahkannya.

Jika kamu memintanya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah, tapi dengan nada mengancam, hal tersebut tidak akan mengubahnya menjadi lebih baik. Ahlasil, mereka justru akan semakin malas. Meskipun akan dikerjakan, tapi bukan karena ingin membantumu, melainkan karena ancaman tersebut.

4. Komunikasi dengan Baik

Kunci penting dari keharmonisan rumah tangga adalah komunikasi. Marah adalah hal yang wajar ketika kamu mendapati suami yang malas dan tidak mengerti apa yang kamu mau. Namun, kemarahan tersebut jangan sampai dibesar-besarkan, ya.

Komunikasikanlah dengan baik, tetap ramah, dan lembut kepadanya. Sebab, biar bagaimana pun, ia adalah kepala rumah tangga dan imam untukmu. Suami yang diperlakukan dengan segala kelembutan dan keramahan akan sangat bahagia, bangga, dan semakin cinta padamu.

5. Biarkan Suami Bekerja dengan Caranya Sendiri

Cara cerdas mengatasi suami yang pemalas berikutnya, adalah dengan membiarkannya melakukan pekerjaan dengan versinya sendiri. Mungkin kamu akan merasa jengkel ketika ia tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah yang cukup simpel. Misalnya, kamu lebih sering membersihkan lantai dengan sapu, tapi suami justru membersihkannya dengan penyedot debu.

Usahakan jangan langsung marah, apalagi sampai menyeutnya pemalas. Harus kamu ingat, bahwa bisa saja pasangan sedang mencoba mengerjakan dengan caranya sendiri yang lebih kreatif, sehingga ia bisa mengerjakan lebih cepat. Selain itu, jangan pernah memaksa pasangan untuk melakukan semua pekerjaan rumah dengan caramu. Karena mereka butuh belajar dan memahami dengan cara mereka sendiri.

6. Tanya Soal Tugas yang Ingin Dia Kerjakan

Memberikan pilihan tentang tugas apa yang ingin dia kerjakan, akan lebih baik daripada memerintahkannya. Walaupun tugas tersebut lebih mudah dari tugas yang kamu kerjakan, setidaknya beban tugas rumah tangga akan lebih ringan, bukan? Ketika ia sudah memilih tugas yang ingin ia kerjakan, maka mintalah suami untuk berkomitmen menyelesaikannya. Ini merupakan salah satu cara cerdas mengatasi sumai yang pemalas.

7. Selesaikan Pekerjaan Bersama

Salah satu cara cerdas mengatasi suami yang pemalas adalah dengan mengajaknya untuk menyelesaikan pekerjaan bersama. Namun, memintanya harus dengan cara baik, tak perlu memaksa. Jangan lupa menawarkan diri untuk membantunya saat melakukan pekerjaan tersebut. Bekerja sama dengan pasangan justru akan membuat hubungan semakin harmonis dan membuat semua pekerjaan selesai dengan cepat serta tepat.

8. Turunkan Ekspektasi Terhadap Suami

Ketika harapanmu terlalu tinggi, tapi pada akhirnya hanya membuatmu merasa tertekan, cobalah untuk menurunkan ekspektasi terhadap suami. Demi keharmoniasan rumah tangga, maka segerela berkompromi dengannya.

Suami yang pemalas mungkin adalah orang yang menjengkelkan dan sulit untuk kamu hadapi, itulah mengapa kamu harus menemukan celahnya untuk bisa memperbaiki diri. Bagaimana cara membuat dia mengubah kebiasaan tanpa harus terkesan memaksanya. Kompromi dan menurunkan ekspektasi bisa meringankan bebanmu, sekaligus membuat pikiranmu lebih rileks.

9. Memberikan Nasihat

Jika cara cerdas mengatasi suami yang pemalas seperti yang Seruni sebutkan belum juga berhasil, maka solusi lain adalah dengan memberikan nasihat manis untuknya. Nasihat tersebut ditujukkan agar ia menjadi pribadi yang lebih rajin, rapi, dan bersih.

Saat memberikan nasihat, beri pula standar kebersihan yang harus dipatuhi di rumah. Hindari memberi nasihat dengan nada tinggi apalagi kata-kata kasar. Tetap berlaku lembut, ramah dan kasih pengertian yang mudah dipahami suami dengan tenang juga senang.

Baca Juga: Terjadi Konflik dalam Rumah Tangga? Atasi dengan Metode 5-5-5

Demikianlah beberapa cara cerdas mengatasi suami yang pemalas. Semoga kamu berhasil menerapkan cara di atas, ya.

  • Bagikan
seruni.id