Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaannya

  • Bagikan
Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaannya
hijup.com

Seruni.id – Bangun tidur adalah salah satu nikmat dari Allah SWT yang patut kita syukuri. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk membaca doa bangun tidur. Seperti apa doanya?

Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaannya
detik.com

Segala aktitivas hendaknya diawali dengan berdoa. Sebab, dengan berdoa, setiap kegiatan kita akan selalu dilindungi oleh Allah SWT dan atas izin-Nya pula, segala yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar. Begitupun ketika kita akan beranjak tidur pun ketika kita bangun, dianjurkan untuk selalu membaca doa.

Membaca doa mau tidur ataupun doa bangun tidur, adalah bentuk tanda syukur kita kepada Allah SWT, karena diberikan kesempatan untuk bernapas dan beraktivitas kembali di pagi hari. Meski terlihat mudah untuk dibaca, tapi sebagian orang masih belum familier dengan doa bangun tidur. Namun, sebelum membahas doa bangun tidur, Seruni juga ingin membagikan doa sebelum tidur, ya. Lantas, apa bacaan doa tersebut? Yuk simak bersama!

 

Doa Sebelum Tidur dalam Bahasa Arab dan Latin

Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaannya
fimela.com

Kenapa sih kita harus membaca doa sebelum tidur? Membaca doa sebelum tidur itu sangat penting sekali. Ini menjadi salah satu hal yang dianjurkan di dalam Islam. Sebab, dengan membaca doa, kita berharap agar dapat tertidur dengan lelap tanpa adanya dari gangguan dan godaan setan yang terkutuk. Selain itu, agar kita juga terhindari dari mimpi buruk. Seperti apa bacaannya?

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Bismikaallahuma ahyaa wa bismika amuutu”

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati.”

Dengan membaca doa sebelum tidur, kita akan terjaga hingga waktu fajar tiba atau sampai kita terbangun kembali.

 

Video Doa Sebelum Tidur Versi Kartun

Membaca doa sebelum tidur penting banget loh diajarkan pada anak sejak dini. Agar mereka lebih tertarik untuk belajar, tak ada salahnya untuk mengajarkan bacaan doa sebelum tidur versi kartun berikut ini:

Sunnah Sebelum Tidur

Selain membaca doa, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, kita disunnahkan untuk melakukan berbagai hal berikut ini. Dengan tujuan, agar ketika tidur Allah SWT selalu melindungi kita. Adapun yang bisa kita lakukan adalah:

  • Mengambil wudhu,
  • Membaca ayat kursi,
  • Membaca dua kalimat syahadat,
  • Merapikan dan membersihkan tempat tidur,
  • Mengusapkan telapak tangan ke seluruh bagian tubuh,
  • Berbaring menghadap kanan.

Bacaan Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah dalam Bahasa Arab dan Latin

Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin, dan Keutamaannya
detik.com

Ada beberapa bacaan doa bangun tidur yang bisa kita amalkan setiap hari. Ini termasuk ucapan dzikir di dalamnya. Berikut doa bangun tidur di pagi hari:

Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur”

Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya-lah kami dibangkitkan.” (HR. Bukhari no. 6325)

Doa bangun tidur di atas bersifat sunnah untuk dibaca setelah bangun tidur di pagi hari. Bacaan doa bangun tidur tersebut merupakan tanda syukur dan pembuka amalan untuk menunjukkan bhawa sebagai seorang Muslim, kita senantiasa mengingat Allah SWT, sebagaimana kita mengingat-Nya ketika hendak tidur.

Menutup mata di malam hari dengan berdzikir, begitu juga saat bangun di pagi hari. Dijelaskan oleh Imam Nawawi, bahwa maksud dari ‘Kami dibangkitkan’, adalah manusia bisa dihidupkan kembali di hari kiamat kelak. Artinya, Rasulullah SAW mengatakan, bahwa seseorang bisa bangun di pagi hari atau dibangkitkan pada hari kiamat setelah ‘dimatikan’.

 

Video Doa Bangun Tidur Versi Kartun

Selain mengajarkan anak doa sebelum tidur, kita juga perlu mengajarkannya membaca doa bangun tidur. Kamu bisa mengajarkannya melalui video berikut ini:

 

Dzikir di Pagi Hari

Imam Nawawi juga menjelaskan, di dalam Syarh Shahih Muslim hikmah doa sebelum tidur, yakni ‘Bismika allahumma amuutu wa ahyaa’ menandung arti sebagai penutup amalan. Sedangkan di pagi hari, kita perlu mengawalinya dengan membaca doa bangun tidur dan ditambah dengan membaca dzikir pagi. Doa bangun tidur berupa dzikir pagi yang bisa kamu baca seperti:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

“Alhamdullillahilladzi afaaniy fii jasadiy, wa rodda alayya ruhiy, wa adzina lii bi dzikrih”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehetan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku, serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.” (HR. Tirmidzi no. 3401. Hasan menurut Syaikh Al Albani).

Dzikir merupakan bentuk syukur ketika ruh kita masih dikembalikan oleh Allah SWT. Masih diberikan kesempatan untuk menghirup udara segar di pagi hari dan menikmati hidup seperti biasa. Badaruddin Al ‘Aini dalam ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al Bukhari menjelaskan,

“Hendaklah seseorang yang telah bangun di pagi hari berusaha mensyukuri nikmat tersebut dengan melaksanakan salat subuh.”

 

Bacaan Syukur

Ada bacaan doa bangun tidur lainnya yang bisa kita amalkan ketika bangun di pagi hari. Ini adalah bentuk syukur kita kepada Sang Pencipta. Adapun doa bangun tidur yang bisa kita amalkan adalah sebagai berikut:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ، سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْـبَرُ ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ رَبِّ اغْفِرْ لِي

“Laailaha illalahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahulhamdu wa huwa ‘ala kulli syaiin qadir. Subhaanallah walhamdulillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar, wala haula walaa quwwata illa billaahi. Rabbighfirlii.”

Artinya: “Rasulullah SAW berkata: ‘Siapa pun yang bangun di malam hari dan ketahui bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah, berdiri sendiri tanpa sekutu dan memiliki segalanya dan Maha Paling Kuasa, betapa sempurnanya Allah SWT, dan segala puji bagi Allah, dan tidak ada wujud lain yang berhak disembah kecuali Allah.

Allah Maha Besar dan tidak ada kekuatan lain yang bisa menandingi-Nya. Segala Puji Bagi Tuhan yang Maha Kuasa, yang Maha Esa.’ Aku berdoa kepada-Mu: ‘Ya Tuhanku ampunilah aku.’ Kemudian diri-Nya berkata: ‘Berwudhu dan salat maka doanya akan diterima’.”

 

Sunnah Ketika Bangun Tidur

Selain membaca doa bangun tidur, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk melakukan beberapa sunnah bangun tidur. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk syukur karena Allah SWT telah menjaga dan mengembalikan ruh kita.

1. Mengusap Wajah

Mengusap wajah menjadi salah satu sunnah ketika bangun tidur. Ini juga merupakan salah satu kebiasan Rasulullah SAW. Sebagaimana yang dikisahkan oleh Ibnu Abbas,

“Kemudian, ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah SAW bangun, beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya.” (HR. Ahmad, Bukhari, Nasai, dan lainnya).

2. Membaca Doa

Saat bangun tidur, kita dianjurkan untuk membaca doa. Hal ini juga dilakukan oleh Rasulullah SAW. Adapun doanya sebagaimana yang telah Seruni jabarkan di atas.

3. Membaca 10 Ayat Terakhir Surat Ali Imran

Ibnu Abbas berkata, “Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuknya yang di wajahnya dengan tangannya. Kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran.” (HR. Bukhari).

4. Mencuci Tangan

Ketika terbangun dari tidur di pagi hari, cucilah tangan sebanyak tiga kali. Sebab, kita tidak tahu tangan ini dari mana. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW,

“Apabila kalian bangun tidur, maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah sebelum dia mencucinya tiga kali, karena dia tidak mengetahui di mana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Membersihkan Hidung

Membersihkan hidung dapat kita lakukan dengan cara menghirup air melalui hidung, lalu mengeluarkannya. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu Rasulullah SAW bersabda,

“Apabila kalian bangun tidur, maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali, karena setan bermalam di rongga hidung.” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Menggososk Gigi atau Bersiwak

Setelah bangun tidur, selain mencuci tangan dan membersihkan hidung, kita juga dianjurkan untuk menggosok gigi atau bersiwak. Anjuran ini sebagaimana yang disebutkan di dalam hadis berikut,

“Nabi SAW apabila bangun, maka beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Berwudhu

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’Anhu Rasulullah SAW bersabda,

“Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan: “Malammu masih panjang, teruslah tidur”. Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berdzikir kepada Allah, tebukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwujud terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia sholat maka terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Keutamaan Membaca Doa Bangun Tidur

Sekarang, kamu sudah tahu kan kumpulan doa bangun tidur yang dapat diamalkan? Rasanya kurang lengkap jika kamu tidak mengetahui keutamaannya. Maka dari itu, Seruni juga telah merangkum beberapa keutamaan membaca doa bangun tidur sebagai berikut:

1. Sebagai Bentuk Rasa Syukur

Ketika kita terlelap, tak ada satu pun orang yang bisa menjamin bahwa kita akan terbangun kembali. Ini menjadi rahasia Sang Pencipta. Dalam Islam, bisa dikatakan, bahwa tidur merupakan bentuk kematian kecil. Sebab, saat tertidur, nyawa kita diserahkan kepada Allah SWT.

Namun, saat kita terbangun lagi, tandanya Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hidup dan memperbaiki diri. Ini menjadi nikmat yang patut kita syukuri. Maka dari itu, penting sekali untuk membaca doa bangun tidur. Berdoa saat bangun tidur, juga dapat menumbuhkan hal positif di pagi hari. Serta menjadi pembuka amalan sebelum mulai beraktivitas.

2. Bentuk Berserah Diri

Tawakal meruapakan salah satu bentuk kita berserah diri kepada Allah SWT. Begitupun ketika kita membaca doa bangun tidur, yang juga termasuk bentuk berserah diri pada takdir yang sudah menjadi ketetapan-Nya. Kita juga perlu menyadari, bahwa hidup dan mati adalah kehendak Allah SWT.

Sehingga, kita senantiasa berserah diri kepada-Nya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT di dalam Q.S An-Nahl ayat 81, yang artinya,

“Demikianlah Allah SWT menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri kepada-Nya.”

3. Sebagai Pengingat Akan Kematian

Tak ada yang lebih dekat dari kita selain kematian. Sebab, atas kehendak-Nya, kematian bisa datang kapan saja. Oleh karena itu, membaca doa bangun tidur adalah salah satu cara kita agar selalu ingat akan kematian. Cepat atau lambat, kematian pasti akan datang. Seperti firman Allah SWT yang berbunyi,

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَنَبْلُوْكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۗوَاِلَيْنَا تُرْجَعُوْنَ

“Kullu nafsin dzaiqatul maut wa nabluukum bisyarri wal kahiri finatan wa ilainaa turja’uun”

Artinya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.”

Baca Juga: 7 Manfaat Bangun Tidur Sebelum Subuh Menurut Islam

Demikianlah kumpulan doa sebelum dan saat bangun tidur yang bisa kamu amalkan setiap hari. Jangan lupa ajarkan doa-doa di atas kepada anak-anak sedini mungkin, ya. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id